Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 1 Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 BAB 1 "Menulis Teks Laporan Hasil Observasi" Kurikulum Merdeka - Pada bab ini, peserta didik akan mempelajari teks laporan hasil observasi (LHO). Teks LHO adalah teks yang dibuat berdasarkan hasil pengamatan atau teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan.

Dalam bab ini, peserta didik akan belajar mengamati hal-hal yang dekat dengannya, seperti mengamati alat transportasi yang biasa dipakai ke sekolah atau mengamati situasi yang ada di sekitarnya. Dengan belajar mengamati sesuatu yang dekat dengan kehidupan peserta didik, diharapkan mereka bisa memahami teks LHO dengan lebih baik.




Materi BAB 1 Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka


A. Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki sifat objektif, yaitu memaparkan suatu keadaan tanpa dipengaruhi pendapat penulis. Ciri-ciri kalimat objektif adalah tidak dipengaruhi pendapat pribadi penulisnya, sedangkan kalimat subjektif dipengaruhi pendapat pribadi penulis dan menggunakan bahasa yang emotif atau memancing emosi.

Kalimat objektif mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. berisi fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya,
2. tidak dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi,
3. menyampaikan informasi yang sebenarnya sesuai dengan fakta atau kenyataan yang ada tanpa ditambah dan dikurangi, dan
4. tidak menggunakan kata-kata yang subjektif dan emotif atau kata yang menyebabkan orang emosi, marah, sedih, dan ragu-ragu, seperti kata sangat, sekali, luar biasa, kira-kira, mungkin, dan barangkali.


B. Mengenal Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks memiliki topik dan gagasan utama, begitu juga dengan teks laporan hasil observasi (LHO). Teks laporan hasil observasi mengangkat sebuah topik dengan tujuan menjelaskan topik tersebut secara terperinci dan apa adanya kepada pembaca.

Topik Merupakan ide atau pokok pembicaraan dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi karangan (Bersifat umum). Gagasan Utama Merupakan ide utama atau inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf. Gagasan utama juga disebut ide pokok. (Bersifat khusus).


C. Menemukan Data dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks laporan hasil observasi mengandung data. Data merupakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Di dalam laporan hasil observasi, data berisi fakta yang sesuai dengan topik yang diangkat. Semua data dalam teks laporan hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan langsung.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, data merupakan kumpulan informasi atau keterangan yang benar dan nyata. Data dibedakan menjadi dua, yaitu data berbentuk angka dan tidak berbentuk angka.

1. Data berbentuk angka
Contohnya:
"Bus yang dimiliki perusahaanTransKota berjumlah 45 buah."

2. Data tidak berbentuk angka
Contohnya:
"Pemilik perusahaan Transkota bernama Irwan Jaya."

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau yang benar-benar terjadi. Kalian dapat lebih memahami perbedaan antara data dan fakta melalui contoh-contoh kalimat berikut.

Contoh kalimat mengandung data:
a. Bus yang dimiliki TransKota berjumlah 45 buah.
b. Dengan uang 15 juta rupiah, orang dapat memiliki sepeda motor baru.

Contoh kalimat yang mengandung fakta:
a. Warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) boleh mengendarai sepeda motor.
b. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin.


D. Mengenal Struktur Teks Laporan Observasi

Sebuah teks laporan hasil observasi memiliki struktur. Struktur berarti susunan. Anderson (2003) membagi struktur teks laporan hasil atas tiga, yaitu 1) definisi umum yang terletak pada paragraf pertama, 2) deskripsi bagian yaitu penjelasan mengenai objek yang dibahas pada bagian deskripsi umum, dan 3) simpulan.

Untuk lebih mudah dikenali, teks laporan hasil observasi tersusun atas tiga bagian berikut.
1. Pembuka (definisi umum). Bagian ini berada di awal teks dan berisi pengenalan mengenai objek yang diamati.
2. Isi (deskripsi bagian). Bagian ini membahas objek yang diamati. Bagian ini mengandung fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
3. Penutup (simpulan). Bagian yang berisi kesimpulan tentang objek yang diamati.


E. Mengidentifikasi Paragraf Deskripsi dan Eksposisi dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Paragraf deskripsi bertujuan menggambarkan suatu hal secara detail, sedangkan paragraf eksposisi bertujuan menguraikan atau menyampaikan sebuah informasi. Paragraf deskripsi Menggambarkan suatu keadaan secara detail sehingga pembaca dapat melihat, membayangkan, dan merasakan apa yang sedang dideskripsikan. Paragraf eksposisi Menjelaskan sebuah informasi tentang suatu hal.

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal dengan terperinci dan detail, seperti dapat dilihat, didengar, dicium, diraba, dan dirasakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi berarti uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan sebuah karangan. Jadi, paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan informasi, maksud, dan tujuan tertentu agar pembaca memperoleh tambahan pengetahuan.


F. Mengevaluasi Tanda Baca dan Penulisan Kata Berbahasa Asing dan Daerah

Saat membaca sebuah tulisan, kalian akan menemukan beberapa tanda baca. Tanda baca atau pungtuasi menurut KBBI adalah tanda grafis yang digunakan secara konvensional untuk memisahkan pelbagai bagian dari satuan bahasa tertulis. Dengan tanda baca kalian dapat menata kata dan kalimat sehingga maksudnya mudah dipahami.

Tanda baca ada banyak, tetapi kali ini kita hanya akan membahas empat jenis tanda baca, yaitu tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik dua (:), dan tanda titik koma (;).

Tanda titik mempunyai beberapa fungsi dan salah satunya dipakai untuk mengakhiri kalimat. Tanda koma mempunyai beberapa fungsi dan salah satunya dipakai untuk pemerincian tiga unsur atau lebih yang digunakan dalam satu kalimat. Tanda titik dua juga mempunyai beberapa fungsi dan salah satunya dipakai di akhir pernyataan yang diikuti dengan pemerincian.


G. Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Langkah menulis teks laporan hasil observasi :
1. Temukan topik dan tujuan!
2. Lakukan observasi atau pengamatan!
3. Catat data penting dari objek atau benda atau situasi yang diamati!


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 8 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 1 Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 1 Kelas 8 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel