Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 2 Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 BAB 2 "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster" Kurikulum Merdeka - Iklan, slogan, dan poster, kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui media ini, orang-orang menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat. Dalam Bab II ini, peserta didik akan belajar mengonsep sebuah iklan, slogan, dan poster, serta menggunakannya untuk menyampaikan sebuah informasi.




Materi BAB 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka


A. Mengenal Iklan

Iklan merupakan media untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan berupa informasi tentang sebuah produk atau tindakan. Iklan dibuat agar masyarakat mengenal produk atau tindakan tersebut.

Pesan-pesan dalam sebuah iklan sangat beragam. Ada yang berisi ajakan untuk membeli sebuah produk atau jasa, ada juga yang berisi ajakan untuk bertindak. Ada juga jenis iklan yang disebut iklan pemberitahuan.

Isinya bermacam-macam, misalnya informasi kehilangan barang, berita kelahiran, atau pindah alamat. Tempat pemasangan iklan pun sangat variatif. Kalian dapat menemukan iklan-iklan itu terpasang di media cetak, seperti koran dan majalah; media elektronik seperti televisi dan radio; dan media internet seperti web berita.

Kalian dapat melihat bahwa iklan tersebut mengandung gambar dan tulisan. Dua hal itu disebut unsur iklan. Iklan-iklan di media cetak hanya mengandung tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya. Sementara itu, iklan-iklan yang menggunakan media elektronik, seperti televisi dan web, memiliki dua unsur tambahan, yaitu suara dan gerak.

Iklan-iklan yang kalian lihat sesungguhnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Adapun iklan nonkomersial bertujuan untuk memberitahukan sesuatu atau mengajak masyarakat melakukan sebuah tindakan.

Iklan Komersial Dalam kehidupan sehari-hari, kalian banyak menemukan iklan komersial. Iklan ini ditampilkan di banyak tempat, seperti majalah, televisi, radio, web, kendaraan, dan gedung-gedung perkantoran.

Iklan komersial biasanya memuat beberapa informasi berikut:
1. Produk yang hendak dikenalkan
2. Penjelasan tentang produk
3. Keunggulan produk
4. Cara mendapatkan produk

Terkadang sebuah iklan juga memuat harga dan testimoni. Testimoni adalah pernyataan pujian dari pelanggan terhadap produk yang diiklankan.


B. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Komersial

Menurut KBBI, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Iklan terbagi dua, yaitu iklan komersial dan nonkomersial.

Iklan yang efektif adalah iklan yang berhasil menarik perhatian konsumen. Seperti apa iklan yang efektif itu?
1. Tampilan iklan, baik gambar maupun teks, harus sesuai dengan keadaan konsumen yang dituju.
2. Tampilan iklan, baik gambar maupun teks, harus sesuai dengan produk yang diiklankan.


C. Menyimpulkan Pesan dalam Iklan Nonkomersial

Iklan nonkomersial adalah iklan yang tidak berhubungan dengan niaga atau perdagangan, contohnya iklan layanan masyarakat, sosial, dan budaya. Iklan layanan masyarakat menurut Liliweri (2013) merupakan iklan yang bersifat nonprofit atau tidak mencari keuntungan.

Iklan pemberitahuan adalah iklan yang lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu berupa perstiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan jenis ini umumnya dipasang oleh perorangan, keluarga, dan perusahaan (Kosasih, 2014: 270).

Beberapa contohnya adalah iklan pengumuman rapat perusahaan, pengumuman kelahiran, pengumuman kematian, dan pengumuman kehilangan.


D. Menulis Slogan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, slogan memiliki dua arti, yaitu :
1. perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, seperti Solo Berseri (bersih, sehat, indah, dan rapi), dan
2. pemberitahuan yang disampaikan melalui kalimat pendek dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Jadi, slogan ini memiliki pengertian yang cukup luas cakupannya.


E. Membuat Poster

Sebuah iklan kadang ditampilkan dalam bentuk poster. Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan). Kalian dapat menemukan contoh poster yang ditempel di terminal, stasiun, dan tempat-tempat umum lainnya. Ukuran poster bervariasi. Ada yang kecil dan ada yang besar. Informasi yang disampaikan poster pun beragam.


F. Membuat Iklan

Langkah-langkah pembuatan iklan:
1. Kenali keunggulan produk yang akan diiklankan
2. Tentukan konsumen produk kalian
3. Tentukan konsumen produk kalian
4. Tentukan pesan yang hendak kalian tampilkan pada iklan


G. Menulis Kalimat Persuasif dan Imperatif dalam Gambar Iklan

Sebuah iklan biasanya menggunakan kalimat imperatif dan persuasif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat imperatif adalah kalimat yang menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan, sedangkan kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat membujuk secara halus (supaya orang yang dibujuk menjadi yakin).


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 8 Mapel Bahasa Indonesia Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 2 Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Bahasa Indonesia BAB 2 Kelas 8 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel