Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 3 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 Unit 3 "Pengenalan Bahan dan Aneka Teknik Berkarya" Kurikulum Merdeka - Pada Unit 3 ini siswa akan mempelajari konsep berkarya dua dimensi yang meliputi: definisi, fungsi, unsur dan ragam karya dua dimensi. Untuk menguasai materi ini, siswa dan guru dapat memilih pendekatan permisif yakni memberi kebebasan penuh pada siswa dalam mengeksplorasi potensi bahan dan teknik dalam berkarya dua dimensi sesuai konteks budaya tempat sekolah atau siswa berada. Untuk mengukur kompetensi dilakukan melalui laporan analisis karya yang telah dibuat dan dikumpulkan.




Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 10 Unit 3


a. Definisi, Fungsi, Unsur dan Ragam Karya Dua Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki dua ukuran atau dua sisi. Karya seni ini hanya memiliki panjang dan lebar saja, tanpa dimensi ketiga yaitu ruang.

Fungsi karya dua dimensi yaitu sebagai elemen estetik pada permukaan datar. Sebagai bentuk rupa yang mudah dibuat dari segi media dan teknis karena hanya perlu mengisi bidang panjang dan lebar saja.

Seni rupa dua dimensi berasal dari berbagai unsur pembentuk kesatuan yang diolah sedemikian rupa oleh perupa atau desainer. Unsur tersebut adalah:
1. Garis
2. Bidang
3. Ruang
4. Tekstur
5. Gelap-Terang
6. Warna
7. Ragam Teknik Berkarya Dua Dimensi

Beberapa macam teknik dalam membuat karya dua dimensi diantaranya:
1. Teknik gambar
2. Teknik cetak/grafis
3. Teknik lukis
4. Teknik kolase
5. Teknik fotografi
6. Teknik media campuran (mixed media)
7. Teknik ragam hias

Teknik Opaque atau teknik plakat merupakan teknik yang menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang obyeknya.

Teknik Aquarel atau teknik transparan merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.


b. Bahan dan Alat Dalam Karya Dua Dimensi


Bahan terdiri dari dua kriteria yaitu bahan utama atau disebut medium, dan ke dua yaitu bahan penunjang yakni bahan yang mendukung medium utamanya. Sebagai contoh, dalam karya seni lukis, kanvas dan cat merupakan bahan utama pada lukisan, kemudian kayu dan paku sebagai bahan penunjang. Kayu digunakan sebagai bingkai yang mengikat bentang kanvas atau biasa disebut dengan spanram (stretch board).

Bahan untuk berkarya dua dimensi dikategorikan menjadi bahan alami dan bahan sintetis:
1. Bahan baku alami merupakan material yang bahan dasarnya berasal dari alam dan diolah tanpa proses kimiawi, contohnya adalah pewarna alami.
2. Bahan sintetis adalah bahan alam yang telah diolah melalui proses industri atau pabrikasi tertentu sehingga menjadi bahan baru yang memiliki sifat dan karakter khusus, contohnya adalah cat.

Bahan untuk berkarya dua dimensi juga dikategorikan berdasarkan sifat materialnya bahan lunak, bahan cair dan bahan padat. Peralatan yang digunakan dalam karya dua dimensi dikenal dengan beberapa kategori yaitu alat untuk menggambar, membentuk, mewarnai, mencetak (melipatgandakan), memotong, mengukur, dan sebagainya.


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 10 Mapel Seni Rupa Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 3 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Seni Rupa Kelas 10 Unit 3 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel