Rangkuman Seni Tari Kelas 11 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Seni Tari Kelas 11 Unit 1 "Karakteristik Tari Tradisi dan Tari Kreasi Baru" Kurikulum Merdeka - Materi yang dipelajari pada unit 1 dimulai dengan membahas mengenai konsep dan jenis tari pada tari tradisi dan tari kreasi baru. Kemudian pada pertemuan kedua, membahas mengenai makna, simbol dan nilai estetis tari tradisi dan tari kreasi baru. Pada pertemuan ketiga membahas mengenai persamaan dan perbedaan tari tradisi dan tari kreasi baru dari aspek makna, simbol dan nilai estetis.




Ringkasan Materi Seni Tari Kelas 11 Unit 1


A. Jenis Tari Tradisi dan Tari Kreasi Baru


Secara umum jenis tari terbagi dalam dua kategori yaitu tari tradisional dan tari non tradisional. Tari daerah memiliki ciri kedaerahan yang unik dan kental yang membedakannya dengan daerah lainya. Seperti pendapat Alwi (2003:103) yang menyebutkan bahwa kesenian tradisional adalah kesenian yang diciptakan oleh masyarakat banyak yang mengandung unsur keindahan yang hasilnya menjadi milik bersama.

Definisi tari tradisional di atas diperkuat oleh pendapat Sekarningsih dan Rohayani (2006:5) yang mengungkapkan bahwa seni tari adalah tarian yang telah mengalami perjalanan dan memiliki nilai-nilai masa lampau yang dipertahankan secara turun-temurun serta memiliki hubungan ritual atau adat istiadat.

Hidayat (2005:14) juga berpendapat bahwa tari tradisi ialah tarian yang dibawakan dengan tata cara yang berlaku di suatu lingkungan etnik atau adat tertentu yang bersifat turun temurun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tari tradisional adalah tarian yang telah berkembang dari masa ke masa yang telah melewati waktu yang cukup lama di suatu daerah, adat, atau etnik tertentu sehingga memiliki nilai-nilai estetika klasik yang dilestarikan dari generasi ke generasi.

Tari tradisional terbagi menjadi tiga yaitu tari Primitif, tari Tradisional Kerakyatan dan tari Tradisional Klasik. Tari Primitif adalah tari yang memiliki ciri bentuk gerak, iringan, rias dan busana yang bersahaja. Contoh tari primitif adalah tari berburu ikan dari Papua Barat.

Tari tradisional kerakyatan adalah tarian yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat biasa. Salah satu contoh tari kerakyatan yang tumbuh subur di Provinsi Jawa Timur adalah Tari Jaran Kepang. Tari klasik adalah tarian yang hidup dan berkembang di kalangan bangsawan yang tinggal di istana. Salah satu contoh tari klasik adalah tari Bedoyo Ketawang dari Surakarta.


B. Komposisi Tari Tradisi


Jenis tari kreasi baru dapat digolongkan menjadi dua yaitu:

1. Tari Kreasi Baru Berpola Tradisi
Tari kreasi berpola tradisi adalah tari kreasi yang garapannya dilandasi oleh kaidah-kaidah tari tradisi baik dalam koreografi, musik/karawitan, tata busana dan rias, maupun tata teknik pentasnya, tanpa menghilangkan esensi tradisinya. Salah satu contoh tari kreasi baru yaitu tari Nandak Gojek dari Betawi.

2. Tari Kreasi Baru Tidak Berpola Tradisi (Non Tradisi)
Tari kreasi baru tidak berpola tradisi (non tradisi) adalah tari kreasi baru yang garapannya melepaskan diri dari pola-pola tradisi baik dalam hal koreografi, musik, rias dan busana maupun tata teknik pentasnya. Salah satu tari kreasi baru non tradisi yaitu tari modern yang sering juga disebut tari kontemporer.

Perbedaan karakteristik gerak tari yang paling mencolok adalah pada motif gerak tangan, kaki, kepala dan gerak anggota tubuh lainnya. Gerak tari tradisional Indonesia memiliki keunikan di setiap daerah, berikut ini adalah keunikan gerak tari dari beberapa daerah di Indonesia.
a. Tari Bali memiliki keunikan pada bola mata yang bergerak ke kanan ke kiri secara cepat. Selain bola mata, gerak siku tangan penari juga selalu diangkat tinggi sehingga pada bagian ketiak terlihat.

b. Tari Gendhing Sriwijaya memiliki keunikan yang terletak pada gerakan jari tangan. Kekuatan gerak tari Gendhing Sriwijaya terletak pada lentiknya gerakan jari jemari penari.

c. Tari Pagelu yang berasal dari Sulawesi Selatan, memiliki ciri khas pada gerak kaki yang bertahan pada lantai.

Gerak dasar tari tradisional dapat dibedakan menjadi gerak murni dan gerak maknawi.
1. Gerak Murni
Gerak murni adalah gerak dasar tari yang tidak memperhitungkan makna atau tujuan tetapi hanya mengutamakan unsur keindahan saja. Gerak murni lebih banyak ditemukan pada tari tradisional kerakyatan, tari kreasi dan kontemporer. Contoh gerak murni dapat berupa menggoyangkan badan, melenggang, mengayunkan tangan. Beberapa tarian kerakyatan yang menggunakan gerak murni antara lain: Tari Jaran Kepang, Tari Ndolalak, Tari Topeng Ireng, dan Tari Angguk.

2. Gerak Maknawi
Gerak maknawi adalah gerakan dasar tari yang memiliki arti serta tujuan tertentu. Gerak maknawi diperagakan dengan memiliki maksud-maksud tertentu. Gerak maknawi lebih banyak dijumpai pada tari klasik yang bentuk geraknya bersifat agung dan penuh arti. Contoh gerak maknawi adalah gerak Ulap-ulap


C. Rancangan Pertunjukan Tari


1. Tari Rakyat. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
a. Pola gerak berulang-ulang, sederhana dan bersifat imitatif.
b. Tata rias dan busana yang sederhana.
c. Berkembang dikalangan masyarakat setempat.
d. Iringan musik yang sederhana atau menggunakan alat musik yang ada di lingkungan sekitar.
e. Dapat dipentaskan dilapangan atau pentas terbuka.

2. Tari Klasik. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
a. Gerakan tari memiliki aturan yang baku.
b. Memiliki nilai estetika yang tinggi.
c. Tumbuh dan berkembang dikalangan bangsawan.
d. Menggunakan kostum dan tata rias yang mewah dan sesuai dengan aturan yang baku.
e. Dipentaskan ditempat tertentu.
f. Iringan musik menggunakan gamelan.
g. Penarinya berasal dari kalangan bangsawan.

3. Tari Kreasi Baru. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
a. Pola gerak sudah lepas dari aturan yang baku tetapi masih bersifat tradisi.
b. Kostum dan tata rias sesuai dengan konsep tarian.
c. Iringan musik sesuai dengan konsep tarian.
d. Dikembangkan oleh seorang koreografer.
e. Memiliki konsep garapan tari.


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 11 Mapel Seni Tari Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Seni Tari Kelas 11 Unit 1 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Seni Tari Kelas 11 Unit 1 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel