Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Seni Rupa 1 Kelas 4 Unit 1 "Menggambar Rumah Tangga" Kurikulum MerdekaMenggambar rumah tetangga merupakan wahana untuk mengenal bangsa kita yang majemuk baik status/pekerjaan, jenis kelamin (gender) serta etnis dan agama. Kita perlu memperkenalkan realitas tersebut kepada siswa agar mereka dapat mengenal, memahami dan bersikap baik di tengah lingkungan sekitar yang beragam. Dalam menggambar rumah tetangga, para siswa diajak mengenal dan memahami kehidupan para tetangga, pemandangan rumah sambil diperkenalkan prinsip seni rupa dasar yaitu sketsa, perspektif dan mewarnai. 




Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 1


a. Memperkenalkan Lingkungan Sekitar yang Beragam


Kita tinggal di sebuah lingkungan, namun terkadang kita kurang mengenal dan memahaminya dengan baik, kendati pemandangan alamnya sering kita saksikan dan orang-orangnya sering kita jumpai dan bahkan berbincang dengan akrab. Salah satu penyebabnya adalah karena kita belum memikirkan dan mengamatinya secara seksama, baik lingkungan fisik maupun sosialnya. Di antaranya adalah dengan memperhatikan bentuk-bentuk rumah, jenis pekerjaan, etnis dan agama para tetagga kita.

Jika hal tersebut dilakukan, kita akan menjadi sadar betapa kayanya dunia kecil di sekitar kita. Melalui seni rupa, praktik pengamatan tersebut dapat menjadi pengalaman yang menarik karena siswa akan terlibat secara langsung dengan objek yang digambar/lukis.


b. Prinsip-Prinsip Seni Rupa yang Diperkenalkan


Dalam menggambar rumah tetangga, metode yang digunakan adalah dengan cara meniru (mimetis) secara sederhana objek yang telah dipilih. Adapun prinsip seni rupa yang diperkenakan adalah sketsa objek, perspektif (tampilan objek berdasarkan sudut dan jarak padang) dari depan dan warna (disesuaikan objek yang dilukis). namun, siswa diperbolehkan memberi bentuk, warna dan perspektif yag berbeda dengan alasan tertentu (misalnya ukurannya tampak kecil karena terlihat dari jauh, warnanya lebih cerah karena terlihat di pagi hari).


c. Lingkungan Alam dan Sosial Sebagai Kesatuan


Dua pokok di atas (a dan b) disampaikan sebagai kesatuan dalam pembelajaran agar melalui seni siswa mengenal lingkungan dan melalui lingkungan siswa mengenal seni. Guru dapat memulai dengan menceritakan lingkungan sosial dan alam sekitar untuk memancing pikiran dan imajinasi siswa. Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk menceritakan kehidupan para tetangga, bentuk rumah mereka dan rumah yang akan dipilih sebagai objek untuk digambar/lukis.


d. Tahapan dan Alat Menggambar


Sebaik-baiknya karya seni adalah karya yang berangkat dari pemahaman yang baik terhadap objek yang gambar/dibuat. Dari pemahaman yang baik diharapkan dapat berkembang menjadi manfaat berupa pengetahuan sosial dan arsitektural sederhana, sikap (santun dan peduli dengan tetangga) dan cita-rasa (keindahan).

Proses untuk mendapatkannya perlu dilakukan secara bertahap sebagai berikut:
1. Mengenal lingkungan alam (rumah) dan sosial sekitar (para tetangga)
2. Menentukan perspektif (sudut dan jarak pandang rumah yang digambar/lukis)
3. Membuat sketsa
4. Mewarnai

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut
1. Pensil atau pena
2. Kertas
3. Pewarna (spidol, krayon atau cat air)


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 4 Muatan Seni Rupa Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel