Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 2 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Seni Rupa 1 Kelas 4 Unit 2 "Daur Ulang: Kerajinan dari Plastik Bekas" Kurikulum Merdeka - Pada pembelajaran unit 2 ini siswa akan memahami masalah lingkungan terutama masalah limbah plastik di sekitar lingkungan sekolah atau luar sekolah. Dalam proses pembelajaran, guru dapat memilih model pembelajaran berbasis proyek secara berkelompok atau model lain yang dipandang cocok untuk mengeksplorasi limbah plastik dan pemenfaatannya sebagai bahan untuk pembeuatan seni kriya. Untuk mengukur kompetensi dilakukan melalui penilaian tes tertulis dan uji kinerja membuat karya daur ulang limbah plastik menjadi seni kriya.




Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 2


a. Plastik dan Masalah Lingkungan


Sampah plastik terus bertambah setiap hari hingga lingkungan kita dipenuhi oleh sampah jenis ini. Salah satu masalah dari sampah plastik adalah ia tidak bisa dilenyapkan atau dipunahkan sehingga jumlahnya terus bertambah seiring dengan benda-benda dari plastik yang terus diproduksi. Jalan keluar yang mungkin dilakukan adalah mendaur ulang sampah plastik atau mengolahkan menjadi benda yang berguna seperti vas bunga, wadah alat-alat tulis, akuariumatau hiasan.


b. Contoh-Contoh Bahan Limbah Plastik


Keberadaan bahan limbah plastik yang dapat digunakan untuk membuat karya seni kriya yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Beberapa contoh bahan limbah plastik, di antaranya: sedotan minuman, plastik bekas botol air kemasan dan lain sebagainya.


c. Merancang Seni Kriya Bahan Plastik


Topik pelajaran seni rupa kali ini adalah usaha memperkenalkan masalah lingkungan ini serta jalan keluarnya secara sederhana, yaitu mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna dan berharga.

Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, para siswa di bawah bimbingan guru merancang sebuah karya kriya melalui pemanfaatan plastik. Sebagai contoh, guru dan siswa bisa membuat rancangan bunga plastik dati sedotan minuman dengan Langkah-langkah:
1) Mengumpulkan bahan sedotan plastik
2) Membersihkan bahan sedotan plastik agar aman
3) Menggambar model bunga plastik
4) Memotong bahan sedotan plastik sesuai rancangan gambar
5) Menyusun potongan bahan plastik sesuai rancangan
6) Mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diiinginkan
7) Finishing karya


d. Membuat Benda Seni Kriya dari Bahan Plastik


Pada tahapan ini para siswa secara mandiri membuat seni kriya berupa bunga plastik yang berfungsi sebagai hiasan di ruangan. Teknik yang digunakan dengan cara memotong, mengikat, menempel dan mengkomposisikannya sehingga membentuk bunga dan rumpun bunga. Alat dan bahan yang digunakan, di antaranya:
1. Sampah plastik dan kertas
2. Gunting
3. Cutter
4. Lem kayu
5. Lem kertas


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 4 Muatan Seni Rupa Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 2 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 2 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel