Unduh KKTP Mapel PJOK Kelas 7

Contoh Format KKTP PJOK Kelas 7 Kurikulum MerdekaKriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran.

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran bisa digunakan pendidik untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik di kelas. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat membantu pendidik dalam memperbaiki proses pembelajaran dan tindak lanjut yang sesuai dengan kompetensi peserta didik.

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran juga bermanfaat untuk memberikan informasi konkret dan komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih atau menyusun instrumen asesmen. Sehingga, asesmen yang dipilih benar-benar sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah disusun.




Perbedaan Antara KKM dengan KKTP


Terdapat perbedaan yang signifikan antara kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Berikut ini merupakan perbedaan antara KKM dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran:
A. KKM
1. Indikator tuntas yang digunakan dalam KKM berbentuk Angka
2. Tidak ada penjelasan atau deskripsi mengenai perbedaan angka indikator tersebut.
3. Jika peserta didik tidak mencapai indikator tuntas maka dilakukan remedial untuk mencapai angka indikator tuntas.
4. KKM cenderung meratakan kemampuan peserta didik hanya karena memiliki nilai yang sama.

B. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
1. Indikator tuntas pada kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berbentuk deskripsi konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik, sebagai bukti bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
2. Dalam menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pendidik bisa melakukan 3 pendekatan (pendekatan deskripsi kriteria, pendekatan rubrik & pendekatan interval nilai-skala)
3. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah alat bantu untuk memudahkan guru dalam mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang bersifat tidak wajib
4. Dalam kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran disarankan menggunakan deskripsi namun jika dibutuhkan bisa menggunakan rentang nilai (71-80, 81-90) dengan memberikan keterangan tiap interval tersebut. Tidak disarankan menggunakan nilai mutlak (70,80,85)
5. Deskripsi tentang perkembangan peserta didik menjadi lebih terukur dan personal sesuai dengan kemampuan mereka.
6. Jika ada peserta didik yang mencapai nilai sama dengan peserta didik lain penjelasan dalam laporan hasil belajarnya bisa jadi berbeda.
7. Penjelasannya benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, progres, dan area perkembangan peserta didik.
8. Jika peserta didik tidak mencapai indikator tuntas maka dilakukan refleksi dan evaluasi.


Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran


Pendekatan yang dapat digunakan untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan pendekatan deskripsi kriteria.

Pada pendekatan ini, pendidik telah menetapkan serangkaian kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema atau apapun yang hendak diukur. Pendidik dapat mengisi ceklis pada kriteria memadai untuk peserta didik yang dianggap telah memenuhi tujuan pembelajaran. Sebaliknya apabila ada peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, maka pendidik dapat memberikan ceklis pada kriteria tidak memadai.

2. Menggunakan pendekatan rubrik

Pendekatan ini menggunakan rubrik untuk mengidentifikasi sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Deskripsi pada rubrik lebih komprehensif dibandingkan dengan deskripsi kriteria. Terdapat kesimpulan pada akhir kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebagai penentu apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan atau belum.

3. Menggunakan skala atau interval nilai

Untuk menggunakan pendekatan ini pendidik atau satuan pendidikan dapat menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Sebelumnya pendidik menentukan terlebih dahulu interval dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik. Dalam menentukan interval, pendidik atau satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk menentukan interval yang sesuai.


Download KKTP Mata Pelajaran PJOK Kelas 7 Kurikulum Merdeka


Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut : Unduh KKTP PJOK Kelas 7Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Perangkat Pembelajaran Mapel PJOK dapat diunduh dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Unduh KKTP Mapel PJOK Kelas 7 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unduh KKTP Mapel PJOK Kelas 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel