Post Test Modul 6 Dokumentasi Projek

Jawaban Pelatihan Mandiri Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK Modul 6 Dokumentasi Projek - Kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan referensi Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK Modul 6. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.




Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Jenis-jenis Dokumentasi Projek



Pendokumentasian kegiatan berprojek bukan hanya dilakukan oleh murid melalui portofolio, tetapi sebagai fasilitator kita juga dapat membuat jurnal pendidik untuk membantu dalam pencatatan dan pendokumentasian semua aktivitas berprojek.

A. Jurnal (pendidik)

Jurnal adalah praktik mendokumentasikan kumpulan pemikiran, pemahaman, dan penjelasan tentang ide atau konsep secara tertulis dan biasanya dituangkan dalam sebuah buku. Jurnal dapat merekam proses pembelajaran projek profil peserta didik secara berkelanjutan dalam suatu wadah.

Jurnal dapat mendorong Pendidik melakukan refleksi kritis terhadap proses pelaksanaan projek profil sehingga Pendidik dapat memahami hal-hal yang perlu ia kembangkan di kegiatan projek profil untuk mengoptimalkan pengalaman belajar peserta didik.

Prinsip Penyusunan Jurnal :
  • Menunjukkan perkembangan. Jurnal berisi catatan yang menunjukkan perkembangan individu peserta didik
  • Menjadi alat refleksi secara berkala. Jurnal dapat diperiksa dan dimodifikasi secara berkala.
  • Observasi berkelanjutan. Pendidik melakukan observasi perkembangan kompetensi peserta didik secara berkelanjutan.

B. Portofolio Murid

Pendokumentasian dari progres belajar murid dalam berpojek dapat dilakukan oleh murid sendiri. Bagaimanakah strategi dan contoh pembuatan portofolio murid?

Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-kritis) dalam kurun waktu tertentu. Pada akhir periode, portofolio menjadi referensi diskusi oleh pendidik bersama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orang tua sebagai bukti otentik perkembangan peserta didik.

Prinsip Penyusunan Portofolio
  • Dilakukan oleh peserta didik, bukan terhadap peserta didik. peserta didik berperan aktif dalam memilih hasil kerja yang akan dimasukkan ke dalam portofolio, dengan panduan yang mendorong peserta didik merefleksikan pembelajarannya.
  • Merupakan hasil kerja yang menunjukkan kemampuan anak secara jelas. Hasil karya adalah merupakan hasil kerja peserta didik yang menunjukkan tujuan kegiatan (kompetensi yang dituju) dan standar yang diharapkan.
  • Menjadi alat refleksi secara berkala. Portofolio diperiksa, diganti dan menjadi bahan diskusi yang dilakukan secara berkala.
  • Menunjukkan perkembangan. Portofolio berisi hasil karya yang menunjukkan perkembangan peserta didik.
  • Dikerjakan dengan bimbingan. Keterampilan untuk membuat sebuah portofolio tidak terjadi dengan sendirinya, pendidik perlu membimbing peserta didik dalam melakukan pemilihan hasil karya danmelakukan refleksi.

C. Rapor Projek

Laporan hasil belajar murid dalm berprojek merupakan informasi penting untuk disampaikan pada orang tua dan murid. Seperti apa bentuk rapor projek murid? Apa sajakah yang dapat kita tulis dalam pembuatan rapor projek tersebut?

Rapor projek merupakan perangkat laporan pendidikan yang memuat hasil assesmen peserta didik dalam mencapai kompetensi yang sudah ditentukan untuk membentu profil pelajar pencasila. Rapor bersifat informatif dalam menyampaikan perkembangan peserta didik, namun tidak merepotkan pendidik dalam pengerjaannya.

Prinsip Rapor Projek :
  • Menunjukkan keterpaduan. Rapor terdiri dari hasil penilaian terhadap performa peserta didik dalam projek profil. Meskipun ada beberapa disiplin ilmu terintegrasi dalam projek profil, namun bagian projek profil fokus pada keterpaduan pembelajaran dan perkembangan karakter dan kompetensi sesuai profil pelajar Pancasila
  • Tidak menjadi beban administrasi yang berat. Aspirasinya, penulisan rapor akan lebih sederhana, terlebih apabila dibantu teknologi. Teknologi "Report generator" di mana pendidik memasukkan judul projek profil, deskripsi singkat, dan seluruh elemen Profil Pelajar Pancasila, dan hanya memberikan penilaian pilihan elemen profil yang berkaitan dengan projek profil tanpa harus menuliskannya.

1. Berikut adalah manfaaat mempunyai jurnal pendidik, kecuali..
A. Sebagai guru kita dapat melakukan refleksi
B. Sebagai guru kita dapat merekam proses pembelajaran berkelanjutan
C. Melihat perkembangan guru
D. Melihat perkembangan murid

2. Kapankah saat yang tepat untuk murid dapat memulai pembuatan portofolionya?
A. Saat awal projek
B. Saat pertengahan projek
C. Saat akhir projek
D. Semua benar

3. Saat membuat catatan proses, berikut adalah hal yang perlu kita hindari, yaitu..
A. Melaporkan perkembangan belajar murid
B. Menonjolkan kekurangan dan memberi label pada murid
C. Memberikan rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan untuk membantu murid
D. Semua benar

Apakah Ibu/Bapak suka menulis buku harian/mengambil foto kenang-kenangan? Kenapa?
Jawab : Menulis kegiatan belajar mengajar pada buku jurnal harian biasa dilakukan pada sesi akhir pembelajaran sebagai bukti terlulis guru bahwa telah menyelesaikan materi tertentu. Biasanya dilengkapi dengan foto kegiatan, hal ini dilakukan sebagai refleksi guru untuk perbaikan pada pertemuan berikutnya.


Jawaban Post Test Modul 6 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMK



1. Berikut adalah contoh penulisan catatan proses dalam rapor projek murid. Contoh penulisan yang tepat adalah...
A. Randy terlihat malas dan tidak mengikuti belajar projeknya
B. Randy dapat terus berkontribusi untuk menyumbangkan ide-idenya dengan dukungan guru dan teman-teman
C. Randy belum mampu untuk menyuarakan suaranya
D. Sepertinya, Randy perlu bantuan untuk membuat portofolio

2. Bagaimana pemilihan hasil karya untuk dimasukkan dalam portofolio murid?
A. Guru yang memilihkan
B. Murid yang memilih sendiri hasil karyanya yang dimasukkan ke dalam portofolionya
C. Teman-teman yang memilihkan semua hasil karya untuk dimasukkan ke dalam portofolio murid
D. Semua benar

3. Sebagai guru, kita dapat membuat catatan untuk merekam proses pembelajaran projek murid secara berkelanjutan.
Catatan ini dinamakan ...
A. Catatan para guru
B. Catatan bersama guru
C. Jurnal pendidik
D. Buku bersama


Demikian informasi tentang Jawaban Modul 6 Dokumentasi Projek yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Post Test Modul 6 Dokumentasi Projek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel