Unduh Aplikasi ARKAS Versi 4.1.9 Tahun 2024

Apa itu ARKAS? - Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat ARKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

ARKAS ditujukan agar pengelolaan dana BOSP pada satuan pendidikan semakin efektif, efisien, akuntabel dan transparan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pihak yang dapat menggunakan/memiliki akun ARKAS, yaitu:
1. Satuan pendidikan yang menerima dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) yaitu SD, SMP, SMA, SMK, SLB, PAUD, dan Kesetaraan..
2. Pengguna ARKAS di satuan pendidikan adalah kepala satuan pendidikan/kepala sekolah, bendahara sekolah & komite sekolah yang tergabung dalam Tim BOSP.





Spesifikasi Minimum Perangkat untuk ARKAS Versi 4.1.9



Sebelum mengunduh, memasang dan menggunakan ARKAS, pastikan perangkat yang digunakan sudah memenuhi syarat penggunaan sebagai berikut:
1. Jenis Prosesor : Prosesor yang mendukung sistem operasi Windows
2. Sistem Operasi : Windows 10 atau yang lebih baru
3. Memori (RAM) : min. 2 GB atau lebih tinggi
4. Ruang Hard Drive : 1 GB
5. Resolusi layar : 1366 x 768 atau lebih tinggi
6. Persyaratan tambahan : koneksi internet dan pengaturan zona waktu pada perangkat yang digunakan sesuai dengan jam lokal


Rilis Aplikasi ARKAS 2024 Versi 4.1.9



Pembaruan yang telah dilakukan:
  • Perbaikan penghitungan nominal pada laporan Rekapitulasi Realisasi untuk saldo periode sebelumnya dan akhir saldo BOSP Periode saat ini
  • Perbaikan menyeluruh kode BKU 2024 yang tidak berurutan dari bulan Januari
  • Perubahan tenggat waktu pada sistem ARKAS 4 untuk penganggaran serta penatausahaan Sumber Dana Lainnya menjadi 31 Desember T+1
  • Perubahan konfigurasi pengambilan data referensi sumber dana BOSP Kinerja serta SiLPA BOSP Kinerja


Download Aplikasi Arkas Versi 4.1.9 Tahun 2024



Penting! Sebelum menginstal ARKAS 4 Anda harus memperhatikan hal ini:
  • Untuk pengguna ARKAS 3, Anda tidak perlu meng-uninstall ARKAS yang sudah ada, Anda bisa langsung melanjutkan ke proses instalasi ARKAS 4. Namun, pastikan untuk melakukan Sinkronisasi ARKAS 3 ke MARKAS dengan klik tombol Sinkron. Hal ini bertujuan untuk menyimpan data Anda ke dalam sistem MARKAS. Setelah berhasil sinkron, harap menutup ARKAS 3 terlebih dulu untuk melanjutkan proses instalasi ARKAS 4 pada perangkat Anda.
  • Pastikan Anda meng-install ARKAS 4 di laptop yang sama dengan pengguna ARKAS 3 sebelumnya. Hal ini karena pada tahap selanjutnya akan terjadi Konversi Data Base (Konversi DB) dari ARKAS 3.4 dan ARKAS 4.

Sebelum mengunduh dan melakukan instalasi ARKAS 4, pastikan Anda telah mengetahui arsitektur sistem operasi Windows (32-bit/64-bit) yang Anda gunakan pada perangkat komputer Anda. Temukan informasi mengenai arsitektur sistem operasi perangkat Anda dengan cara berikut ini:
  • Klik logo Windows yang ada pada perangkat Anda atau tekan tombol Windows pada keyboard
  • Pilih Pengaturan (Settings)
  • Pilih Sistem (System)
  • Pilih Tentang (About)
  • Lihat versi arsitektur sistem operasi perangkat Anda apakah 32-bit atau 64-bit pada bagian Device Specifications dan cek System type
  • Lihat versi Windows yang terinstall pada perangkat Anda pada bagian Windows Specifications.

Setelah melakukan pengecekan arsitektur sistem operasi komputer, Anda dapat mengunduh dan instal Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang sesuai dengan perangkat komputer Anda.

Silakan mengunduh ARKAS 4 dengan langkah berikut ini:
  • Pastikan perangkat komputer Anda tersambung dengan koneksi Internet
  • Unduh Installer ARKAS 4 (tautan berada dipaling bawah artikel ini)
  • Unduh installer ARKAS 4 yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi Windows (32-bit/64-bit) pada perangkat komputer Anda. 

Bagi yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Unduh Aplikasi ARKAS Versi 4.1.9 Tahun 2024 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unduh Aplikasi ARKAS Versi 4.1.9 Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel