Post Test Modul 4 Eksekusi dan Tindak Lanjut

Jawaban Pelatihan Mandiri Topik Mengelola Program Sekolah yang Berdampak pada Murid Modul 4 Eksekusi dan Tindak Lanjut - Kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan referensi Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Mengelola Program Sekolah yang Berdampak pada Murid Modul 4. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.




I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Menjalankan Rancangan Program



Sebagai kepala satuan Pendidikan, mengeksekusi program yang telah direncanakan merupakan bagian dari keseharian. Berikut adalah beberapa tips yang akan mempermudah Ibu dan Bapak dalam menjalankan, mengarahkan, memantau, serta mengambil keputusan-keputusan penting.

Dengan menerapkan tips berikut, program yang telah dirancang diharapkan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan.
  1. Komunikasikan program-program yang telah disepakati Bersama. Informasi mengenai program dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan, baik melalui surat pemberitahuan, poster ataupun menggunakan media digital.
  2. Menjadi teladan dengan terlibat penuh dalam pelaksanaan program. Kepala sekolah perlu berperan sebagai fasilitator program, serta terlibat dalam perencanaan program Bersama murid dan pendidik.
  3. Memiliki rasa percaya diri dan sikap tanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kepala sekolah harus cepat membuat keputusan apabila menemui kendala atau hal-hal yang perlu diantisipasi segera untuk memastikan program terlaksana sesuai tujuan.
  4. Menjadi pendengan yang arif, aktif dan bijaksana. Bagun komunitas yang terbuka dan transparan dengan semua pihak terkait, termasuk guru, staf, peserta didik, orang tua dan masyarakat. Dengarkan masukan dan umpan balik dari mereka, dan tanggapi dengan Tindakan yang tepat.
  5. Ciptakan bidaya positif dengan menerapkan pola piker positif dan pemikiran berbasis kekuatan/asset. Dorong tim untuk melihat tantangan sebagai peluang pertumbuhan dan pembelajaran, bukan sebagai hambatan. Tunjukkan bahwa kolaborasi membuahkan hasil yang lebih baik daripada bekerja sendiri-sendiri. Berikan dukungan, apresiasi dan umpan balik atas pencapaian sekecil papaun.
  6. Buat panduan pelaksanaan program/SOP yang jelas dan mudah diikuti. Panduan pelaksanaan akan meminimalkan kesalahan karena seluruh anggota tim mengetahui langkah-langkah yang perlu dijalani. Panduan juga perlu memuat pembagian tugas dan tanggungjawab, juga teknis koordinasi an evaluasi.

1. Program yang dilaksanakan bisa bermula dari program yang telah ada dan dikuatkan mendorong suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
A. Benar
B. Salah

Apa praktik baik dari materi ini yang bisa Anda Amati-Tiru-Modifikasi?
Jawab : Menyusun panduan pelaksanaan program/SOP yang jelas dan mudah diikuti.


II. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tindak Lanjut setelah Menjalankan Program



1. Program yang bermakna adalah program yang memberikan pengalaman belajar yang memungkinkan murid dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan bagi kehidupannya.
A. Benar
B. Salah

Apa praktik baik dari materi ini yang bisa Anda Amati-Tiru-Modifikasi?
Jawab : Menyusun dan melaksanakan program yang memberikan pengalaman belajar yang memungkinkan murid dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan bagi kehidupannya


III. Jawaban Post Test Modul 4 Eksekusi dan Tindak Lanjut



1. Apa bentuk kolaborasi yang dilakukan pada contoh kasus yang diberikan di modul ini?
A. Kalangan profesional menjadi narasumber program.
B. Perusahaan menjadi donatur program yang akan dilaksanakan.
C. Orang tua terlibat penuh dan dominan dalam program satuan pendidikan.
D. Pihak universitas mengembangkan penelitian mahasiswa di satuan pendidikan.

2. Bagaimana cara melakukan refleksi program secara sederhana?
A. Menyampaikan melalui tulisan/catatan dan diskusi lisan
B. Menyampaikan lewat video
C. Menyampaikan lewat jurnal
D. Menggunakan teknik dan aplikasi digital


Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Jawaban Modul 4 Eksekusi dan Tindak Lanjut yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Post Test Modul 4 Eksekusi dan Tindak Lanjut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel