PMP Terkirim 100%? Bagaiman Cara Cek Progres Pengiriman PMP?

Tinggal menghitung hari sisa waktu pengiriman EDS PMP 2019, jantung rekan operator pasti berdetak kencang, sekencang Valentino Rossi, isi dompet pun mulai menipis karena habis untuk membeli paketan internet. PTK yang seharusnya mengisikan quisioner pun hanya bisa pasrah "Saya percaya sama operator" dan jurus jitupun di lakukan "klik-klik-klik yang penting beres" hehehe. Tapi penulis yakin, ini adalah salah satu jalan menuju surga-Nya, aamiin.
Kutipan diatas adalah salah satu contoh kata-kata yang diucapkan oleh beberapa operator Satuan Pendidikan. Yang menyebutkan demikian jumlahnya tidak sedikit, bahkan cukup banyak. Bisa dikatakan cukup miris, tapi itulah pahlawan tanpa tanda tangan hahaha (ngga ada isi amplop yang mengisi dompet). Penulis hanya bisa mendoakan semoga rekan-rekan operator diberikan kesehatan, dan rizki yang berkan serta berlimpah. aamiin


PMP Terkirim 100%?

Ehhhh malah jadi bahas yang tidak-tidak, lanjut pembahasan utama yaaaaa. Rekan2 tidak perlu gelisah dan tidak perlu mengerjakan EDS sampai selesai baru dikirimkan, rekan2 bisa mengisi sedapatnya dulu, baru dikirimkan. Mekanismenya hampir sama seperti pengisian Dapodik. Trus apakah data yang kita kirimkan terekap di server pusat? Berapa lama? Jawabanya yang penting rekan-rekan sukses dalam proses sinkronisasi pasti datanya masuk ke server pusat dalam jangka waktu 1x24 jam. Lalu, bagaimana cara cek progresnya? 


Bagaimana Cara Cek Progres Pengiriman PMP?

1. Buka browsernya, bisa pakai Google Chrome, Mozila Firefox, Opera dll
2. Kunjungi laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
3. Klik menu Progres Data
4. Nanti akan membuka tab browser baru dengan laman http://118.98.166.82:2019/progres-pengiriman seperti ditunjukan pada gambar berikut ini
5. Dari gambar diatas, pada No 1 menunjukan pemilihan tahun pendataan yaitu tahun 2017, 2018, 2019. Silahkan pilih salah satunya.
6. Pada No.2 Pilih salah satu wilayah / Provinsi (disesuaikan). Atau bisa dilakukan filter data berdasarkan pada No. 3. Filter data berdasarkan Jenjang (Semua, Dikdas atau Dikmen) pilih salah satunya. Filter berdasarkan Bentuk (SD, SMP, SMA atau SMK) pilih salah satu dan atau filter berdasarkan Tahun (2016, 2017, 2018 atau 2019) pilih salah satu.
7. Setelah memilih dan mengklik salah satu Provinsi, pilih dan klik salah satu kabupaten.
8. Kemudian pilih dan klik salah satu Kecamatan.
9. Akan ditampilkan data Satuan Pendidikan berdasarkan filter data diatas seperti gambar dibawah :
10. Pada kolom Kirim Terakhir menunjukan tanggal pengiriman EDS PMP Offline. Jika masih (-) berarti bisa dimungkinkan data belum terekap atau belum melakukan sinkron PMP. 
11. Pada kolom Status Kirim apabila ada isian data Sudah Terkirim berarti EDS PMP Offline pada Satuan Pendidikan tersebut sudah terkirim ke server pusat.

Demikian artikel yang bisa penulis bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa komen yaaahhh...Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PMP Terkirim 100%? Bagaiman Cara Cek Progres Pengiriman PMP?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel