Apa Macam-Macam Komponen Workbook Excell? Apa Fungsinya?


Pada artikel kali ini, Sinau Thewe akan menjelaskan sekelumit tentang dasar-dasar Microshoft Excell terutama tentang komponen-komponen Workbook excell beserta fungsinya. Berikut penjelasanya :
Workbook atau buku kerja merupakan sebuah file standar Microshoft Excell dimana dalam satu workbook terdiri dari minimal satu worksheet / lembar kerja. Atau dengan kata lain, workbook merupakan kumpulan dari beberapa worksheet yang berfungsi untuk membuat bermacam-macam data.


Komponen-Komponen Workbook Excell dan Fungsi:

1. Quick Access Toolbar

Secara default, Quick Access Toolbar berisi beberapa perintah-perintah yang sering digunakan seperti Save, Undo dan Redo. Save digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang aktif. Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir. Sedangkan Redo digunakan untuk membatalkan proses Undo terakhir. Isi dari Quick Access Toolbar bisa rekan-rekan tambahkan sesuai dengan kebutuhan seperti Icon Print untuk mencetak dan lain-lain dengan cara mengklik tanda panah disebelah kanan Quick Access Toolbar.

2. Title Bar

Fasilitas ini berfungsi untuk menampilkan nama file atau nama workbook yang aktif. Jika Workbook belum disimpan, maka Title Bar menampilkan nama "Book-1". Namun apabila Workbook tersebut sudah disimpan, maka akan berisi sesuai dengan nama Workbook / nama file excell tersebut.

3. Resizing Button

Berisi berbagai macam tombol ukuran antara lain, simbol ( X ) atau Close berfungsi untuk menutup Microshoft Excell. Simbol ( - ) atau Minimize berfungsi untuk meminimize dan mengaktifkan Microshoft Excell ke Taskbar. Simbol ( Kotak ) atau Maximize berfungsi untuk memperbesar tampilan Microshoft Excell satu layar penuh. Sedangkan simbol ( Kotak Bertumpuk ) atau Restore digunakan untuk memperkecil ukuran jendela Microshoft Excell, biasanya hanya tampil separuh satu layar komputer / laptop.

4. Menu Bar

Berfungsi macam-macam menu yang ada di Microshoft Excell antara lain menu Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review dan View. Selain menu tersebut, ada satu menu lainya yaitu menu Developer. Menu ini berfungsi untuk memudahkan pengguna yang ingin menggunakan Excell Macro.

5. Tab Ribbon

Berisi sekumpulan perintah-perintah dalam bentuk icon yang dikelompokan berdasarkan pada kategori Menu Bar. Icon-icon tersebut akan ditampilkan apabila salah satu Menu Bar diklik.

6. Name Box

Digunakan untuk menampilkan nama Cell yang diklik atau menampilkan jumlah kolom dan jumlah baris dalam range tertentu pada saat diblok.

7. Formula Bar

Berfungsi untuk menampilkan atau mengisikan data pada cell yang aktif. Data tersebut bisa berupa text, angka ataupun rumus formula.

8. Column

Column atau kolom merupakan bagian dari tabel yang mempunyai identitas "A,B,C dan seterusnya". Jumlah kolom pada setiap versi Microshoft Excell berbeda-beda, dari ratusan sampai puluhan ribu kolom .

9. Rows

Rows atau baris merupakan bagian dari tabel yang mempunyai identitas "1,2,3 dan seterusnya". Jumlah baris pada setiap versi Microshoft Excell berbeda-beda, dari puluhan ribu baris sampai jutaan baris.

10. Workbook

Pada tempat ini para pengguna mengisikan berbagai data sesuai dengan kebutuhannya. Dalam satu Workbook terdiri dari minimal 1 worksheet.

11. Worksheet

Pengguna bisa menambah atau mengurangi jumlah Worksheet / lembar kerja pada satu Workbook.

12. Horizontal Scrool

Berfungsi untuk melihat data / halaman yang tidak terlihat dalam satu tampilan atau satu layar dengan cara menggeser secara horizontal atau ke kanan ke kiri.

13. Page View

Digunakan untuk mengubah tampilan Microshoft Excell kedalam beberapa bentuk yaitu Normal View, Page Layout View dan Page Break Preview. Normal View berfungsi menampilkan Workbook secara utuh. Page Break Preview digunakan untuk menampilkan workbook kedalam potongan-potongan halaman yang akan dicetak secara terpisah. Sedangkan Page Layout View hampir sama dengan Page Break Preview, hanya saja perbedaanya ditampilkan kedalam lembar kertas yang berbeda.

14. Zoom

Berisi Zoom In dan Zoom Out yang berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil data yang ada pada Workbook.

15. Vertical Scrool

Berfungsi untuk melihat data / halaman yang tidak terlihat dalam satu tampilan atau satu layar secara vertikal atau naik turun.

Demikian artikel yang bisa dibaikan oleh Sinau Thewe, tunggu artikel berikutnya. Jangan lupa share dan komentarnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Macam-Macam Komponen Workbook Excell? Apa Fungsinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel