Manfaat Autosum di Excell? Cara Menggunakan?

Pada artikel kali ini, Sinau Thewe akan membahas langkah mudah menggunakan Autosum di Excel beserta fungsinya. Berikut penjelasan lengkapnya :


Menggunakan Microshoft Excel masih direpotkan dengan menghafal penulisan rumus? Mulai sekarang buang jauh-jauh mindset kita terhadap satu istilah tersebut. Kenapa? Banyak fasilitas yang menawarkan segudang fitur otomatis yang bisa kita manfaatkan, terutama Autosum. Fitur ini berfungsi menghitung tanpa harus direpotkan dengan penulisan rumus. Tinggal klik langsung beres.

Manfaat Autosum Excel?

Banyak manfaat yang ditawarkan pada fitur ini, diantaranya :
1. Menyelesaikan laporan keuangan dengan cepat.
2. Rumus dan cell yang dihitung akan muncul secara otomatis.
3. Tidak perlu menghafal formula.
4. Hanya dalam hitungan detik pekerjaan selesai.
5. Dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Autosum Excel?

Menghitung data pada sebuah tabel menggunakan Autosum tergantung pada jenis tabel itu sendiri, Horizontal maupun Vertikal. Sebagai contoh perhatikan tabel berikut :


Autosum Excel Pada Tabel Horizontal

Dari tabel diatas, jika akan menghitung jumlah nilai Siswa atas nama Ari Ibrahim, maka klik terlebih dahulu Cell "H3" pada kolom Autosum Horizontal. Kemudian klik Autosum, maka secara otomatis akan memunculkan rumus penjumlahan kemudian tekan Enter seperti gambar berikut :


Ulangi langkah tersebut pada data Siswa selanjutnya. Atau bisa juga dilakukan dengan cara Drag hasil perhitungan Autosum pada Siswa atas nama Ari Ibrahim sampai Arya Dwi Pangestu. Perhatikan gambar dibawah :


Autosum Excel Pada Tabel Vertikal

Pada tabel jenis Vertikal tahapanya hampir sama dengan jenis tabel Horizontal. Yang berbeda hanyalah posisi tabel dan cell yang dijumlahkan. Misalnya kolom "Nilai I" akan di jumlahkan, maka klik terlebih dahulu cell "E6" kemudian klik Autosum. Maka akan keluar rumus secara otomatis seperti gambar dibawah ini. 


Untuk kolom " Nilai II dan Nilai III" hanya perlu mengulangi langkah-langkah seperti pada kolom "Nilai I" atau dengan cara Drag dari Cell "E6" yang sudah di hitung tadi sampai ke Cell "H6" seperti ditunjukan pada gambar berikut :


Menggunakan Autosum Dengan Tombol Pintasan

Selain cara tersebut, kita bisa menggunakan Autosum dengan tombol pintasan, misalnya pada kolom "Nilai III", klik terlebih dahulu Cell "G6", kemudian tekan tombol "ALT+=" pada keyboard, maka akan keluar hasil proses Autosum.


Simak Video Turorial Berikut



Demikian artikel yang bisa dibagikan Sinau Thewe. Jangan lupa share, dan komentarnya ya. Tunggu artikel berikutnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Autosum di Excell? Cara Menggunakan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel