Langkah-Langkah Cetak Daftar Hadir Gladi Bersih UNBK 2020

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membahas bagaimana mencetak daftar hadir Capes gladi bersih UNBK 2020, berikut penjelasannya.

Peran tim teknis yang meliputi Proktor dan Teknisi sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan dan setelah pelaksanaan sangatlah penting. Saling koordinasi menjadi kunci utama suksesnya pelaksanaan gladi bersih ataupun UNBK yang sebenarnya. Tidak hanya berperan dalam menyiapkan segala hal yang bentuk komputerisasi namun juga menyiapkan segalanya yang berhubungan dengan dokumen, salah satunya adalah daftar hadir Capes UNBK.
Mengapa daftar hadir menjadi salah satu peran penting dalam pelaksanaan gladi bersih maupun UNBK? Karena daftar hadir menjadi salah satu bukti bahwa Capes UNBK telah mengikuti serangkaian jalannya ujian. Tidak hanya itu, daftar hadir tersebut akan divalidasi dengan bukti tanda tangan dari proktor dan pengawas yang bertugas pada ruang ujian tersebut. Daftar hadir dicetak sebanyak tiga rangkap, satu rangkap untuk dokumen Satuan Pendidikan, satu rangkap untuk Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota Setempat dan satu rangkap terakhir untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi.
Dalam hal lainnya, Proktor dan Teknisi harus melaporkan daftar hadir tersebut secara online dengan cara men-scan tiap lembar daftar hadir kemudian meng-upload ke laman UNBK. Hal ini dimaksudkan sebagai tanda Satuan Pendidikan telah menyelesaikan segala administrasi yang ada. 

Langkah-Langkah Cetak Daftar Hadir Gladi Bersih UNBK 2020

1. Kunjungi portal UNBK di laman unbk.kemdikbud.go.id
2. Klik menu UNBK kemudian pilih Cetak Daftar Hadir


3. Akan tampil opsi cetak kartu Gladi Bersih seperti gambar dibawah ini :


4. Dari gambar diatas ada beberapa informasi yang kita dapatkan antara lain Jenjang berisi jenjang Satuan Pendidikan masing-masing. Provinsi, Kota/Kabupaten berisi sesuai lokasi Satuan Pendidikan masing-masing. Nama Sekolah berisi nama Satuan Pendidikan. 
5. Sedangkan untuk Ujian berisi Jenjang Pendidikan yang nunut di Satuan Pendidikan tersebut. Misalnya "SMP X" nunut pelaksanaan UNBK di "SMK X", maka pilihan Ujian seperti gambar dibawah ini :


6. Untuk Waktu berisi dua opsi yaitu Utama dan Susulan. Jika ada Peserta Didik yang tidak bisa mengikuti test pada ujian utama, maka Proktor / Teknisi mendaftarkan Peserta Didik tersebut pada Ujian Susulan dengan waktu yang telah ditentukan.
7. Pilihan Hari / Mata Pelajaran adalah opsi cetak daftar hadir berdasarkan Mata Pelajaran yang di ujikan pada gladi bersih.
8. Kemudian klik tombol Cetak.
9. Kemudian kita akan diarahkan ke halaman cetak daftar hadir yang berisi Capes gladi bersih / UNBK berdasarkan pembagian sesi seperti gambar berikut :


10. Pada pojok kiri atas terdapat dua tombol yaitu Refres dan Cetak. Refres digunakan untuk menyegarkan data yang ada di daftar hadir. Sedangkan tombol cetak digunakan untuk mencetak daftar hadir tersebut.
11. Klik Cetak kemudian akan diarahkan ke pilihan printer seperti gambar dibawah ini :


12. Tujuan berisi beberapa pilihan diantaranya adalah pemilihan jenis printer yang aktif. Simpan dalam bentuk .pdf dan lain sebagainya.
13. Tentukan printer yang siap digunakan kemudian klik cetak maka seluruh lembar daftar hadir akan tercetak.
14. Selesai.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-Langkah Cetak Daftar Hadir Gladi Bersih UNBK 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel