Bagaimana Cara Upload Jawaban Peserta UNBK?

Kali ini Sinau Thewe akan membahas langkah-langkah meng-upload jawaban peserta UNBK 2020, berikut penjelasannya :

Tugas Proktor UNBK


Selain bertugas mengoperasikan server saat jalannya UNBK, tugas proktor lainnya diantaranya adalah mengupload scan daftar hadir serta berita acara pelaksanaan UNBK. Tugas ini dilakukan setelah sesi UNBK selesai dilakukan dengan ditandatangani oleh proktor ruang ujian dan pengawas ruang ujian. Sebagai bukti pendukung lainnya adalah di tandatangani oleh Kepala Sekolah Satuan Pendidikan yang kemudian di cap.
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan upload hasil pekerjaan Peserta UNBK. Tahap ini dilakukan setelah dipastikan semua peserta UNBK telah selesai mengerjakan dan telah melakukan langkah-langkah penyelesaian UNBK sesuai SOP. Jika satu peserta UNBK dengan status data di server "Masih Mengerjakan", maka proktor ruang ujian tidak bisa melakukan upload data secara keseluruhan, kecuali dengan melakukan cek list atau pemilihan manual.

Langkah-Langkah Upload Jawaban Peserta UNBK


1. Pada halaman dashboard pastikan kondisi server aktif.
2. Kemudian pastikan peserta UNBK telah selesai mengerjakan dengan cara klik menu Status Peserta dan akan menampilkan status pekerjaan peserta UNBK seperti ditunjukan pada gambar berikut :

3. Setelah dipastikan Status Test Selesai, kemudian klik tombol Pilih Peserta. Tombol ini berfungsi untuk men-cek list seluruh peserta pada seluruh sesi yang mengikuti ujian.
4. Pada kolom Status Upload, apabila jawaban peserta UNBK belum di upload maka keterangannya adalah Belum Terupload seperti gambar dibawah ini :


5. Kemudian klik tombol Upload Hasil. Jika proses upload berhasil, maka akan keluar notifikasi seperti gambar dibawah ini :


6. Langkah berikutnya adalah klik menu Backup and Hapus. Hal ini berfungsi untuk menyimpan file ber-ekstensi .source. Klik tombol Backup kemudian klik link "DISINI"


7. Setelah file .source terdownload, jangan klik tombol Hapus.
8. Tahapan berikutnya adalah membuat laporan setiap sesi dengan cara klik menu Laporan kemudian isikan identitas proktor dan pengawas seperti gambar dibawah ini :


9. Kemudian klik tombol Cetak. Dokumen ini sebagai bukti Satuan Pendidikan bahwa telah melaksanakan UNBK pada sesi tertentu. Cetaklah dokumen tersebut dan dokumentasikan.
10. Tahapan terakhir adalah klik tombol Report Listing nanti akan keluar halaman seperti gambar dibawah ini :


11. Menu Report Listing berfungsi untuk mendownload skor peserta UNBK yang berisi Jumlah Jawaban Benar dan Jumlah Jawaban Salah sesuai dengan jumlah total soal yang dikerjakan pada mata uji tersebut. Namun fasilitas ini diaktifkan hanya pada saat simulasi atau gladi bersih. Untuk pelaksanaan UNBK, menu ini tudak diaktifkan. 
12. Isikan nama proktor dan nama pengawas kemudian klik tombol Print, maka akan mendownload file Report Listing.

Demikian langkah-langkah upload jawaban peserta UNBK, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Upload Jawaban Peserta UNBK?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel