Macam-Macam Status CBTSync dan Langkah Antisipasinya

Kali ini Sinau Thewe akan menjelaskan secara lengkap macam-macam status CBTSync dan langkah-langkah antisipasinya, berikut penjelasannya :

Pengetahuan dasar terhadap status CBTSync perlu diperdalam agar pada saat menemukan permasalahan tersebut kita tidak merasa gugup ataupun was-was. Status CBTSync mudah kita pahami dan di identifikasi berdasarkan indikator warna yang ada di Dashboard CBTSync. Meskipun kita telah melaksanakan UNBK selama bertahun-tahun, tetapi human error masih banyak terjadi seperti yang akan Penulis bahas dibawah ini.

Macam-Macam Status CBTSync

A. Status Dasboard CBTSync Stand By Warna Kuning

Penyebab :

Hal ini disebabkan oleh kurang telitinya Proktor atau Tekini UNBK dalam memasukan Id-Server pada komputer server UNBK. Satu Id-Server hanya digunakan pada satu komputer server, dengan kata lain kita tidak diperbolehkan mengisikan lebih dari satu ID-Server pada satu komputer server yang menyebabkan dua atau lebih serial number yang sama. 
Penyebab lainnya adalah Satuan Pendidikan melakukan instalasi sistem operasi ataupun mengganti mainboard setelah berhasil sinkronisasi.

Solusi :

Penanganan terhadap permasalahan tersebut adalah tim UNBK Satuan Pendidikan berkordinasi dengan Helpdesk tingkat Kabupaten / Kota yang kemudian dilanjutkan dengan membuat surat permohonan unlock id server kepada panitia UNBK tingkat Provinsi atau Pusat. 


B. Status Dashboard CBTSync Offline

Penyebab :

Kondisi Offline disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :
1. Server pusat sedang di tutup.
2. Pemilihan regional waktu tidak sesuai dengan waktu lokal.
3. Virtual Machines tidak mendapatkan IP Pusat yaitu 192.168.0.200
4. Mengisikan ID-Server salah

Solusi :

1. Jika server pusat sedang di tutup, maka solusinya adalah menunggu server pusat membuka aksesnya.
2. Jika pemilihan regional waktu tidak sesuai, maka cek terlebih dahulu pada setting tanggal dan waktu pada komputer server. Pastikan Time Zone menggunakan (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta seperti gambar berikut :


3. Untuk memastikan VM mendapatkan IP Pusat maka cobalah lakukan dengan test koneksi yaitu dengan menggunakan CMD. Ketikan "ping 192.168.0.200 -t", tanda petik dibuang. Pastikan muncul keterangan "Reply From....", hal ini mengindikasikan bahwa server Satuan Pendidikan terkoneksi ke server pusat.
4. Untuk memastikan benar tidaknya ID-Server, silahkan buka kembali di laman unbk.kemdikbud.go.id pada menu Server and Client.



C. Status Dashboard CBTSync Stand By Warna Biru

Penyebab :

Status ini mengindikasikan bahwa komputer Server tidak terkoneksi ke pusat meskipun akses server pusat sudah dibuka. Hal lainnya adalah koneksi internet yang digunakan tidak stabil.

Solusi :

Jika belum terkoneksi dengan server pusat, cobalah kordinasi dengan Helpdesk Kabupaten / Kota setempat untuk memastikan apakah server pusat sudah dibuka aksesnya atau belum. Jika memang belum, maka satu satunya solusi adalah menunggu.
Jika koneksi internet kurang stabil solusinya adalah mencari alternatif sebagai sumber koneksi internet, bisa memanfaatkan wifi dan lain sebagainya. Panas pada modem yang digunakan juga mengakibatkan koneksi internet melambat, solusinya adalah cobalah mematikan modem sementara waktu sampai kondisi suhu modem menurun. 

D. Status Dashboard CBTSync Aktif Warna Hijau



Status Aktif seperti gambar diatas adalah dambaan seluruh proktor dan teknisi. Ibaratkan seorang pemuda mendapatkan gadis cantik ataupun seorang gadis cantik mendapatkan pemuda tampan. hahahaha
Status Dashboard Aktif artinya server tersebut telah dinyatakan siap untuk menempuh jalannya UNBK.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Status CBTSync dan Langkah Antisipasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel