RPP 1 Lembar PPKn Kelas VII SMP/MTs Semester Genap 2020/2021

Sinau-Thewe.com - RPP 1 Lembar PPKn Kelas VII SMP/MTs Semester Genap Tahun 2020/2021 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 

Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP/MTs Semester Genap.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas / Semeseter : VII / Genap
Materi Pokok : Daerah Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia / Mengenal Indonesia Lebih Dalam
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran @ 40 menit.

A. Tujuan Pembelajaran


  • Peserta Didik mampu menjelaskan karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.


B. Langkah-Langkah Pembelajaran 

1. Kegiatan Pendahuluan 


  • Guru memberikan salam dan menyapa Peserta Didik melalui chat WA.
  • Peserta Didik mengisi absen melalui format WA yang diberikan.
  • Peserta Didik diberikan motivasi pembelajaran daring via WA dan aturan percakapan untuk disiplin dalam membalas pesan chat (Karakter Kerjasama dan Disiplin).

2. Kegiatan Inti

Mengamati :

  • Peserta Didik mengamati salah satu gambar rumah adat daerah.

Mengomunikasikan :

  • Kemudian Peserta Didik memberikan pendapatnya masing – masing melalui grup chat WA.

Mengumpulkan Informasi :

  • Peserta Didik mendengarkan penjelasan materi mengenai pengertian karakteristik dan karakteristik Indonesia, kelebihan karakteristik daerah dalam rangka Negara kesatuan Republik Indonesia melalui record suara via WA.
  • Peserta Didik mengamati video yang telah diunggah oleh guru. 

Mengasosiasi :

  • Guru bersama Peserta Didik melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan melalui record suara via WA dan video.

3. Penutup


  • Peserta Didik menjelaskan kembali dengan menggunakan kalimat masing – masing mengenai karakteritstik salah satu kota di Indonesia via chat terhadap materi yang telah dipahami.
  • Peserta Didik membuat poster atau komik dengan media digital ataupun non digital mengenai karakteristik daerah tempat tinggal masing-masing serta kearifan lokalnya (Creativity) sebagai tugas portofolio.
  • Guru melakukan refleksi yaitu tanya jawab dengan Peserta Didik mengenai hal – hal yang menjadi masukan berkaitan dengan pembelajaran yang telah berlangsung sehingga pembelajaran berikutnya dapat lebih baik.


C. Penilaian 


  • Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan via chat WA berlangsung (kerjasama dan Disiplin).
  • Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis Via Chat WA.
  • Penilaian Keterampilan : Portofolio.



Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar PPKn Kelas VII SMP/MTs Semester Genap 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 Lembar PPKn Kelas VII SMP/MTs Semester Genap 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel