Cara Mengatasi Login Individu PTK Eror Dapodik Versi 2021

Cara Mengatasi Login Individu PTK Eror - Pernahkah teman-teman login individu sebagai PTK di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ error dengan keterangan "<button class="command-button"..."seperti gambar berikut?


Hal tersebut terjadi bukan karena server atau jaringan internet yang lemot. Tetapi karena hal lainnya yang terkait dengan data PTK (Guru dan Tendik) tersebut. 

Error seperti itu terjadi akibat adanya bug dimana email PTK yang bersangkutan terdata lebih dari satu sekolah. Misalnya mengajar lebih dari satu sekolah dengan menggunakan email yang sama atau pernah mutasi beberapa kali. Bug tersebut juga bisa terjadi akibat tercantum sebagai Operator Dapodik dan juga sekaligus sebagai PTK dengan menggunakan email yang sama.

Lantas, bagaimana solusinya?

Solusi Apabila PTK Tersebut Mengajar Lebih Dari Satu Sekolah

Jika PTK mengajar lebih dari satu sekolah, tips mengatasi permasalahan tersebut adalah silahkan ganti alamat email dimana tempat PTK tersebut mengajar tetapi bukan di sekolah induk. Jadi kalau mengajar dua sekolah, berarti PTK tersebut wajib menggunakan dua email aktif yang berbeda.

Bagaimana cara mengganti alamat email PTK tersebut? Sinau-Thewe.com sudah membagikan caranya pada artikel Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Versi 2021.

Solusi Apabila Berstatus Ganda Sebagai Operator Dapodik dan PTK (Guru & Tendik)

Jika berperan ganda sebagai Operator Dapodik dan PTK, sebaiknya email yang digunakan sebagai PTK tersebut diganti. Bagaimana cara cek alamat email yang digunakan sebagai Operator  Dapodik dan PTK tersebut di Aplikasi Dapodik Versi 2021? Berikut langkah-langkahnya :

Langkah-Langkah Cara Cek Alamat Email Akun Operator Dapodik Versi 2021.

1. Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021.
2. Kemudian klik menu Profil Pengguna, maka akan keluar Email dan identitas Akun Operator Dapodik seperti gambar berikut :


3. Jika alamat email yang digunakan sebagai akun Operator Dapodik sudah tidak aktif atau tidak bisa dibuka, maka sebaiknya email tersebut diganti dengan alamat email aktif lainnya. Bagaimana caranya? Sinau-Thewe.com sudah membahas secara lengkap di artikel sebelumnya yaitu Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi di Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Langkah-Langkah Cara Cek Alamat Email Operator Dapodik Sebagai PTK

Operator Dapodik Versi 2021 tidak bisa melakukan cek alamat email secara langsung di Aplikasi Dapodik, tetapi bisa dilakukan secara online melalui laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/. Bagaimana cara menggantinya?  Sinau-Thewe.com sudah membagikan caranya pada artikel Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Versi 2021

Inti pemecahan masalah dari kasus diatas adalah sebaiknya menggunakan alamat email yang berbeda jika berperan ganda.

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Login Individu PTK Eror Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga ada manfaat didalamnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Login Individu PTK Eror Dapodik Versi 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel