Data Guru dan Tendik Hilang di Dapodik Versi 2021? Ini Cara Mengatasinya

Dapodik Versi 2021 - Pernahkah anda mengalami seluruh data Guru dan Tendik hilang dari Dapodik sehingga tidak ada yang tersisa datanya? Saya sebagai penulis dan sebagai Operator Dapodik sudah bisa dipastikan setiap tahun mengalaminya. 

Masa sih? Penulis bohong kali? hehehe iya iya, suer penulis ngga bohong. hahaha

Jika ada yang mengalami hal tersebut, tidak perlu risau dan gelisah. Caranya gampang, dan cara tersebut sama seperti pada Dapodik versi sebelumnya. Hanya sedikit saran dari penulis, mungkin sebaiknya intensitas membaca / literasi terhadap buku petunjuk lebih ditingkatkan lagi.

Pemahaman terhadap buku petunjuk meskipun memahami hanya dibagian daftar isi itu manfaatnya cukup besar. Ditambah lagi dengan pemahaman alur pekerjaan yang dilakukan pasti tidak akan bingung dengan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Data Guru dan Tendik tidak hilang, hanya saja tidak muncul di daftar tabel Guru dan daftar tabel Tendik. Mengapa demikian, karena data tersebut masih tercantum pada periode semester sebelumnya. Nah, solusinya cukup dengan menarik data tersebut ke periode aktif. 

Dan Berikut ini adalah langkah-langkah mengatasi data Guru dan Tendik Hilang :
1. Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021
2. Klik menu GTK kemudian klik sub menu Guru.


3. Jika di tabel daftar Guru kosong, klik Salin Penugasan, nanti akan keluar notifikasi seperti gambar diatas, klik Ya.

4. Maka seluruh data guru akan tampil di tabel Guru.

5. Untuk data Tendik, langkahnya hampir sama, silahkan klik sub menu Tendik.


6. Jika di tabel daftar Tendik kosong, klik Salin Penugasan, nanti akan keluar notifikasi seperti gambar diatas, kemudian klik Ya.

7. Maka seluruh data guru akan tampil di tabel Tendik.

8. Selesai

Demikian informasi tentang Data Guru dan Tendik Hilang di Dapodik Versi 2021? Ini Cara Mengatasinya yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

22 Responses to "Data Guru dan Tendik Hilang di Dapodik Versi 2021? Ini Cara Mengatasinya"

  1. terima kasih banyak atas infonya, tadinya saya kelabakan

    ReplyDelete
  2. saya sudah pusing tanya sana sini belum ada jawaban, terimakasih sekali infonya, sangat membatu...

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum pak. Registrasi dapodik saya. GX bisa2 pak. Keterangan nya kepsek blum terdaftar. Sedangkan saya uda ganti akun kepsek dengan akun Bru dan udah sya update. TPI masih tetap aja GX bisa registrasi pak. Mntak bantuan 🙏 nya PK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam... Registrasinya online atau offline ya?

      Delete
    2. Tambahkan akun KS di laman sp.datadik, setelah itu langsung dicoba verifikasi. Kemudian registrasi

      Delete
  4. Mantap kang, sangat bermanfaat
    Teruskan dengan problem-problem yang lain, kami menunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe siap kang, bisa bantu saya dg request permasalahan disini kang, biar nanti kami bantu carikan solusi dan langkah pemecahan masalahnya.

      Delete
  5. pak klo nama kepsek ga muncul2 saat akan dilakukan penambahan itu gmna ya solusinya?

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banyak tutorialnya bang. Alhamdulillah sangat membantu.

    ReplyDelete
  8. Nama kepala sekolah tidak muncul saat mau menambah akun, bagimana ya sulusinya?

    ReplyDelete
  9. kang admin mau tanya... saat akan menyalin penugasan, tombol salin penugasan tidak ada... padahal tabel daftarnya juga kosong... meski ada satu nama tercantum tapi tetep tidak ada tombol salin penugasan... solusinya bagaimana ya kang... mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam daftar PTK harusnya ada brp PTK? Coba di reload browser, kalo ngga coba registrasi kembali dg cara registrasi online

      Delete
  10. Sy sdg membantu dapodik lembaga paud lain.Sebelumnya dilakukan orang lian. Di lembaga ini, kepala sekolah merangkap guru. Setelah install dan regristasi di komputer berhasil, data Guru kosong, yang ada hanya data kepala sekolah (Tendik). Di Rombel data guru ada, namanya sama dg nama kepala sekolah.
    Faktanya, memang kepala sekolah merangkap guru.
    Bagaimana cara menampilkan GTK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tidak salah, aturan sekarang utk KS tidak boleh mengajar kak, cm fakta dilapangan berbeda karena mungkin kekurangan guru jadi peran KS sebagai guru. Utk data KS memang diletakan otomatis oleh sistem di Tendik meskipun mengajar. Kalo data Guru di Menu Guru kosong, tinggal di klik Salin Penugasan kak, nanti otomatis mengambil data Guru dari tahun lalu.

      Delete
  11. Pak di dapodik sy tidak nginduk d sekolah yg saya ajar. Sedangkan saya tdk mengajar d sekolah lain di dapodik sy keterangannya tidak valid. Bagaimana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma ada satu kemungkinan, data kakak di Dapodik tercantum bukan "Sekolah Induk" meskipun tidak mengajar di sekolah lain. Untuk memastikannya, coba kakak komunikasi dengan Operator Dapodiknya, minta tolong cek secara rinci. Kalau memang keliru, silahkan kakak ke Dinas Pendidikan setempat untuk perbaikan data.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel