Apa Fungsi Menu Tarik Data di Dapodik 2021? Bagaimana Cara Memunculkan Menu Sinkron?

Fungsi Menu Tarik Data di Dapodik Versi 2021 - Media komunikasi yang digunakan untuk berbagi informasi antar Operator Dapodik adalah melalui media sosial, baik Facebook, Instagram, Group WA dll. Media sosial tidak hanya sebagai tempat untuk berbagi pengalaman dan cerita, tetapi juga digunakan untuk berbagi masalah serta cara menanganinya.


Salah satu masalah yang sering ditanyakan oleh teman-teman Operator Dapodik adalah apa fungsi dari Menu Tarik Data? Mengapa muncul tombol Tarik Data saat akan Sinkron Dapodik? Sebenarnya peran menu Tarik Data sudah dijelaskan pada Buku Panduan Manual Aplikasi Dapodik Versi 2021. Tetapi didalam buku panduan tersebut tidak dijelaskan secara detail tentang Menu Tarik Data. Nah, pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membahas secara tuntas fungsi dari Menu Tarik Data.

Apa Fungsi Menu Tarik Data di Dapodik Versi 2021?

Menu Tarik Data dengan Sinkron bisa di umpamakan dengan istilah Upload dan Download. Dimana Tarik Data atau Download adalah proses pengambilan atau penarikan data secara online berdasarkan perubahan yang dilakukan melalui beberapa aplikasi misalnya Verval maupun penambahan referensi, baik data Peserta Didik, PTK maupun yang lainnya ke dalam Aplikasi Dapodik. Tetapi pada proses ini tidak akan mengirimkan data apapun yang mengalami perubahan di lokal (Aplikasi Dapodik) ke server.

Sedangkan Sincron Dapodik atau Upload adalah proses pengiriman data yang terjadi pada lokal (Aplikasi Dapodik) ke server dan sekaligus menarik data yang mengalami perubahan di server.

Mengapa Muncul Tarik Data Saat Akan Sinkron Dapodik 2021?

Menu Tarik Data akan muncul apabila saat akan melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik Versi 2021 masih terdapat data yang invalid. Sehingga, proses sinkronisasi akan digantikan dengan proses Tarik Data.

Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan cek kembali isian datanya, baik menu Sekolah, Sarpras, GTK, Peserta Didik, Rombongan Belajar dan Jadwal. 

Namun apabila setelah dilakukan validasi dan sistem menganggap tidak ada yang invalid tetapi masih muncul menu Tarik Data, silahkan cek secara rinci pada menu Sarpras, baik di sub menu Tanah & Bangunan, Ruang, Alat/Angkutan/Buku.

Hal tersebut terjadi karena belum menentukan status kondisi pada seluruh ruang yang ada. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasinya :
  1. Klik menu Sarpras dan pilih Tanah & Bangunan
  2. Pada Jenis Prasarana Tanah, klik datanya dan pilih Menu Aksi kemudian Salin Data Periodik.
  3. Pada Jenis Prasarana Bangunan, klik dan pilih menu Kondisi. Kemudian isikan data Kondisi lalu klik simpan dan tutup.
  4. Pada menu Ruang lakukan input kondisi ruang, simpan dan tutup (jika tidak diisi)  kalau menghendaki diisi silahkan isi dulu. Lakukan langkah ini pada seluruh ruang yang ada.
  5. Jika sudah dipastikan selesai di isi, lakukan validasi dengan cara tukar pengguna Kepala Sekolah dan sinkronisasi.
Demikian tutorial tentang Apa Fungsi Menu Tarik Data di Dapodik 2021? Bagaimana Cara Memunculkan Menu Sinkron? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat di dalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Fungsi Menu Tarik Data di Dapodik 2021? Bagaimana Cara Memunculkan Menu Sinkron?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel