Cara Mengatasi Eror "Memuat Aplikasi Dapodik" Sampai Berjam-Jam

Eror Dapodik "Memuat Aplikasi" - Satu hal yang terlintas di dalam hati saat ditunjuk menjadi Operator Dapodik yaitu "Stres" hahahaha. Tidak salah apabila demikian, karena sudut pandang seseorang pasti berbeda.


Penulis bertugas menjadi Operator Dapodik semenjak tahun 2012 dengan jumlah total Peserta Didik hampir dua ribu, bahkan pernah beberapa tahun jumlahnya lebih dari dua ribu Peserta Didik, bisa dibayangkan betapa beratnya hehehehe. Adakah diantara teman-teman yang memiliki jumlah data Peserta Didik melebihi penulis? Berikan jawaban teman-teman pada bagian komentar ya...

Sudut pandang penulis bukan dilihat dari jumlah banyaknya data yang di entry, tapi berapa banyak ilmu yang penulis dapatkan setelah mempelajari itu semua. Proses belajar banyak kita dapatkan jika kita mengalami masalah atau troubleshooting.

Dimana kita dituntut untuk mempelajari dan mencari jawabannya berdasarkan permasalahan yang sedang dihadapi. Termasuk pada permasalahan yang akan kita bahas yaitu saat membuka Aplikasi Dapodik muncul keterangan "Memuat Aplikasi" tetapi tidak kunjung membuka halaman login selama berjam-jam. Padahal sebelumnya tidak ada masalah, bahkan terakhir kali sudah sinkron. 

Jika kita telusuri atau kita coba diagnosa, hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah manajemen browser. Penggunaan web browser yang terlalu sering sehingga menyimpan aktifitas yang mengurangi kinerja browser.

Solusinya adalah menghapus data penjelajahan atau history browser. Langkah-langkah menghapus history browser disesuaikan dengan jenis browser yang digunakan. Berikut ini adalah cara menghapus history browser yang menggunakan Google Chrome :
1. Buka Google Chromenya
2. Klik menu Sesuaikan pada pojok kanan atas, kemudian pilih Riwayat. Atau bisa juga dilakukan dengan cara menekan tombol CTRL+H pada keyboard.


3. Klik Hapus Data Penjelajahan
4. Kemudian pilih Rentang Waku "Semua"


5. Klik tombol Hapus Data.
6. Tunggu proses hapus data penjelajahan / clear history browser selesai.
7. Silahkan tutup dan buka kembali browsernya atau restart komputer.
8. Silahkan coba login Aplikasi Dapodik.
9. Selesai

Demikian tutorial tentang Cara Mengatasi Eror "Memuat Aplikasi Dapodik" Sampai Berjam-Jam  yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Eror "Memuat Aplikasi Dapodik" Sampai Berjam-Jam "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel