Cara Mengatasi Siswa Salah Rombel di Dapodik Versi 2021

Cara Mengatasi Salah Rombel Dapodik 2021 - Salah menempatkan Peserta Didik dalam rombongan belajar atau rombel biasanya terjadi pada Peserta Didik pindahan atau mutasi. Meskipun saat tarik data, kita telah menentukan rombel tujuan. Tetapi sistem terkadang membaca data Peserta Didik tersebut adalah data baru yang secara otomatis Peserta Didik tersebut masuk ke rombel pada tingkat dasar.

Misalnya, ada satu Peserta Didik yang seharusnya berada di kelas XI tetapi masuk ke kelas X, atau seharusnya masuk ke kelas XII tetapi masuk ke kelas XI (Dikmen). Jika di jenjang Dikdas, misalnya Peserta Didik tersebut seharusnya berada di kelas IX tetapi masuk ke kelas VIII dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, jika berdasarkan teknis pendataan sesuai prosedur, maka Satuan Pendidikan meminta bantuan kepada Dinas Pendidikan setempat untuk memetakan ulang Peserta Didik tersebut kedalam rombel tujuan.

Tetapi, jika tidak ingin direpotkan dengan hal itu, maka jalan satu-satunya adalah mencoba mengolah data kembali di Aplikasi Dapodik Versi 2021. 

Berikut ini adalah tips cara mengatasi siswa salah rombel pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 :

  • Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021.
  • Klik menu Rombongan Belajar kemudian klik Reguler.
  • Contoh kasus, misalnya ada Peserta Didik yang seharusnya berada di kelas XII AKL.1 tetapi masuk ke kelas XI AKL.1, maka langkah yang pertama adalah silahkan keluarkan terlebih dahulu Peserta Didik tersebut dari rombel XI AKL.1 dengan cara klik kelas XI AKL.1 kemudian klik tombol Anggota Rombel, maka akan keluar daftar Peserta Didik pada rombel tersebut.
  • Kemudian klik salah satu Peserta Didik pada daftar anggota rombel dan klik tombol Keluarkan dari Rombel. Maka Peserta Didik tersebut akan masuk pada daftar Peserta Didik yang belum masuk anggota rombel.
  • Setelah itu buatlah rombel baru. Dengan catatan, untuk Tingkat Pendidikan dibuat dengan Tingkat Pendidikan itu salah. Harusnya di tingkat XII tetapi salah di tingkat XI. Kita buat Tingkat Pendidikan XI pada rombel baru tersebut.
  • Tentukan juga Kompetensi Keahlian dan Kurikulum yang sesuai.
  • Sedangkan Nama Rombel, kita buat nama rombel yang seharusnya tetapi dibedakan namanya misal (XII AKL.1 Baru). Untuk wali kelas boleh bebas.
  • Setelah itu, masukan data Peserta Didik tersebut kedalam rombel baru yaitu rombel (XII AKL.1 Baru).
  • Kemudian keluarkan seluruh anggota rombel aslinya yang terdapat pada rombel (XII AK.1) lalu masukan seluruh anggota rombel tersebut ke dalam rombel (XII AKL.1 Baru).
  • Hapus seluruh mapping Pembelajaran pada rombel XII.AKL.1 beserta Jadwal.
  • Setelah seluruh anggota rombel, pembelajaran dan jadwal terhapus pada rombel XII AKL.1, silahkan hapus rombel tersebut.
  • Ubah Tingkat Pendidikan pada rombel XII AKL.1 Baru yang awalnya Tingkat Pendidikan XI, di ubah menjadi Tingkat Pendidikan XII, lalu klik simpan.
  • Isikan pembelajaran dan Jadwal.
  • Lakukan sinkron Dapodiknya.
  • Selesai
Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial berikut :


Demikian tutorial tentang Cara Mengatasi Siswa Salah Rombel di Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Cara Mengatasi Siswa Salah Rombel di Dapodik Versi 2021"

  1. Bisa untuk tingkat SD atau SMP kah trik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dicoba, berhasil, tapi trik beda dikit, tanpa buat rombel baru, hanya rombel kelas 9 di buang anggota rombelnya dan di buang pembelajarannya, kemudian ubah tingkat pendidikan menjadi kelas 7 kemudian simpan, dan masukkan siswa yang mutasi ke rombel, kemudian ubah kembali tingkat pendidikan menjadi kelas 9 kembali, dan masukkan kembali anggota rombelnya dan input kembali pembelajarannya, simpan dan singkron. Jika tidak bisa ubah tingkat pendidikan, refresh aplikasinya.
      Makasih udah kasih jalan untuk masalah siswa mutasi yang tidak bisa di masukkan ke rombel atas.

      Delete
  2. Cara resmi nya ya ke dinas setempat yaah

    ReplyDelete
  3. Di dapodik 2021 a, udah ngikutin cara ini tapi ga bisa ubah Tingkat Kelasnya yaa ??

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat, terimaksih banget.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel