Cara Menghapus Ruang di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a

Cara Menghapus Ruang Dapodik Versi 2021 - Fungsi fitur hapus ruang digunakan untuk menghapus data ruang yang telah ditambahkan di Aplikasi Dapodik Versi 2021. Hapus ruang dilakukan karena beberapa alasan yaitu karena ruang tersebut tidak ada, karena rusak, dibongkar, terkena bencana alam dan lain sebagainya sehingga data tersebut wajib di hapus.


Menghapus ruang akan gagal jika masih terdapat data turunan dalam ruang tersebut, misalnya seperti ditunjukkan pada gambar diatas. Untuk itu, memerlukan langkah dan cara yang tepat untuk menghapus ruang tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah menghapus ruang di Dapodik Versi 2021:

1. Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a
2. Klik Sarpras kemudian klik Ruang
3. Silahkan cari ruang yang akan di hapus pada tab Ruang Kelas, Ruang Kepsek / Guru, Ruang Laboratorium, Ruang Perpustakaan, Ruang Praktek / Bengkel dan Ruang Penunjang.
4. Misalnya terdapat salah satu Ruang Kelas yang akan dihapus, silahkan klik Ruang Kelas, tetapi jangan langsung klik tombol Hapus pada ruang kelas tersebut, karena akan gagal seperti gambar diatas.
5. Jadi silahkan klik sub menu Tanah & Bangunan. Klik data Tanah dan klik tombol Tambah Bangunan


6. Kemudian akan keluar halaman Tambah Bangunan, perhatikan gambar berikut :


7. Isikan Jenis Prasarana "Bangunan", Nama di isi "dummy", Tahun Dibangun di isi "2019" dan Tanggal SK Pemakaian "Tgl akan dihapus/bebas".
8. Klik Simpan
9. Kemudian klik sub menu Ruang, klik ruang yang akan dihapus dan klik tombol Ubah maka akan keluar Edit Ruang seperti gambar berikut :


10. Pada Bangunan pilih "dummy" dan klik Simpan
11. Maka data Ruang Kelas akan terbagi menjadi dua yaitu data Bangunan dan Bangunan Dummy


12. Langkah berikutnya silahkan klik kembali sub menu Tanah & Bangunan, klik Bangunan Dummy dan klik tombol Hapus Pembukuan.


14. Kemudian pada opsi Hapus Buku silahkan isi alasan penghapusan, jika data ruang tersebut memang tidak ada maka pilih Koreksi Data, untuk Tgl Hapus Buku silahkan isi tanggal penghapusan dan klik Simpan.


15. Silahkan cek Ruang yang akan dihapus pada menu Ruang. Jika data ruang tersebut masih muncul, silahkan reload atau refresh Dapodiknya.
16. Selesai

Demikian tutorial tentang Cara Menghapus Ruang di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Ruang di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel