Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) Butir Inti

Instrumen Akreditasi IASP Butir Inti 2020 - Pada Tahun 2019 BAN-S/M memprioritaskan programnya dengan menyusun Perangkat Akreditasi yang baru, atau disebut Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Penyusunan Instrumen Akreditasi baru ini menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah yaitu dari compliance menunju performance. 

Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik. 

Akreditasi pada akhirnya tidak bergantung pada pemenuhan aspek yang bersifat administratif, tetapi akan difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantive.


Sebagai rujukan dasar, dari delapan standar nasional pendidikan yang ditetapkan pemerintah, terdapat empat standar yang akan menjadi penilaian utama dalam IASP 2020 yang meliputi:
  1. Mutu lulusan
  2. Proses pembelajaran
  3. Mutu guru
  4. Manajemen sekolah. 

BAN-S/M telah melakukan kajian terhadap hasil riset tentang mutu pendidikan, dan empat standar tersebut merupakan komponen yang krusial yang menunjang mutu sekolah.

Terdapat tiga hal yang akan menjadi framework dari sistem penjaminan mutu pendidikan, dan komponen tersebut harus ada di Satuan Pendidikan antara lain: 
  1. Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
  2. Akreditasi
  3. Quality improment. 


Demikian informasi tentang Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) Butir Inti yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) Butir Inti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel