Panduan KOSN XIII Jenjang SMA Tahun 2020

KOSN SMA Tahun 2020Program KOSN Jenjang SMA Tahun 2020 untuk pertama kali dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Sebelumnya ajang KOSN ini telah dilaksanakan di setiap direktorat terkait.

KOSN Jenjang SMA bertujuan untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMA yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga. Kegiatan ini sekaligus menjadi upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan. 

Pada KOSN Jenjang SMA di tahun sebelumnya dipertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yaitu: Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Atletik, dan Renang. Sayangnya, pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 sehingga tidak semua cabang olahraga dapat diperlombakan, karena peserta didik harus tetap di rumah untuk menghindari kerumunan masa yang banyak. Namun demikian, Pusat Prestasi Nasional tetap memberi kesempatan bagi peserta didik untuk berprestasi dari rumah sekalipun hanya 2 (dua) cabang lomba yang dikompetisikan yaitu cabang lomba Karate dan Pencak Silat yang pelaksanaannya dilakukan secara daring atau online.


A. Tema KOSN Jenjang SMA Tahun 2020


Tema KOSN tahun 2020 adalah  “Melejitkan Talenta dan Prestasi Olahraga di Masa Pandemi”
Tagar dalam kegiatan KOSN Jenjang SMA di tahun 2020 adalah :
#positifdarirumah
#berprestasidarirumah
#semangatmenolakmenyerah

B. Sistem dan Mekanisme Lomba


Secara umum pelaksanaan lomba dilakukan secara online. Peserta mengikuti lomba dari rumah, didampingi orang tuanya, dapat juga didampingi dari unsur sekolah (guru/pelatih/instruktur), atau kepanitiaan setempat yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan setempat. Dalam menjalankan kegiatan, setiap pihak harus mendisplinkan dirinya mengikuti protokol kesehatan sesuai porsi masing-masing.

C. Ketentuan Umum


Pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jejang SMA tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana pelaksanaan dilakukan secara daring/online. Muncul pandemi Covid-19 belum juga mereda sampai saat ini mengharuskan peserta didik belajar dari rumah. 

Pandemi Covid-19 bukanlah menjadi halangan untuk peserta didik untuk berprestasi dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap memberi kesempatan bagi peserta didik untuk menunjukkan prestasinya dalam Kompetisi Olahraga Tingkat Provinsi Jenjang SMA. Kompetisi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:


D. Persyaratan Peserta


  • Peserta didik SMA yang masih aktif dan saat ini duduk di kelas X, XI dan XII pada tahun pelajaran 2020/2021.
  • Batas usia peserta kelahiran tahun 2002 ke atas (tahun 2001 dan sebelumya tidak diperkenankan) dibuktikan dengan akta kelahiran.
  • Peserta KOSN Jenjang SMA Tahun 2020 adalah peserta didik yang belum pernah menjadi Juara KOSN SMA tahun sebelumnya, Juara POPNAS dan bukan atlit PPLP dan PPLD.
  • Peserta didik yang lolos dalam babak semifinal/provinsi pada KOSN jenjang SMA tahun 2020.
  • Peserta harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Peserta melakukan pendaftaran secara online/daring melalui laman https://kosn.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  • Mengunggah Video penampilan KATA Perorangan untuk cabang olahraga Karate dan Jurus Tunggal untuk cabang olahraga Pencak Silat.

E. Alur Pendaftaran Peserta


Peserta yang telah melaksanakan seleksi di Provinsi masing-masing dan memenuhi syarat mengikuti di tingkat Nasional wajib mengisi biodata dan pendamping/pelatih. Dengan cara :
  • Peserta mendaftar melalui laman: https://kosn.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  • Untuk mendaftar, klik Daftar pada laman KOSN. Kemudian pilih jenjang sekolah “SMA”
  • Isikan NISN, Nama Lengkap, Surel (Email), Kata Sandi, dan konfirmasi ulang kata sandi, kemudian klik Daftar
  • Klik Masuk setelah berhasil mendaftar. Masukan Surel (Email)/NISN dan Kata Sandi.
  • Lengkapi Data biodata, Data Guru Pendamping, dan Pilih Bidang Lomba.
  • Pastikan data terisi dengan benar.
  • Lengkapi berkas dokumen persyaratan lomba pada menu unggah berkas. Menu unggah video akan terbuka setelah peserta mengunggah dokumen persyaratan pertandingan.
  • Unduh Kartu Identitas Peserta di menu Unggah Video
  • Klik menu Unggah Video. salin (Copy) tautan (link) video pada youtube lalu tempel (Paste) pada kolom isian video.

F. Jadwal KOSN XIII SMA Tahun 2020




Demikian informasi tentang Panduan KOSN XIII Jenjang SMA Tahun 2020 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan KOSN XIII Jenjang SMA Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel