Contoh Laporan Pengembangan Diri Untuk Penilaian Angka Kredit Bimtek Seri Covid-19

Laporan Pengembangan Diri Untuk Penilaian Angka Kredit (PAK) / Kenaikan Pangkat - Salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19. Dimana program ini dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan Angka Kredit pada proses kenaikan pangkat.




Apa itu Pengembangan Diri?



Kegiatan pengembangan diri pada kegiatan PKB adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi dan keprofesiannya. Kegiatan tersebut dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) fungsional dan/atau melalui kegiatan kolektif guru. Secara rinci penjelasan kedua macam kegiatan dimaksud sebagai berikut :


A. Mengikuti Diklat Fungsional



Diklat fungsional bagi guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Macam kegiatan dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun berbagai bentuk diklat yang lain.

Guru dapat mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas dasar penugasan baik oleh Kepala Sekolah / Madrasah atau institusi yang lain, maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan.

Untuk keperluan Pemberian Angka Kredit (PAK), bukti fisik yang harus disertakan adalah sebagai berikut :

a. Fotokopi surat tugas dari Kepala Sekolah / Madrasah atau instansi lain yang terkait, yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah / Madrasah. Bila penugasan bukan dari Kepala Sekolah / Madrasah (misalnya dari institusi lain atau kehendak sendiri), harus disertai dengan surat persetujuan mengikuti diklat fungsional dari Kepala Sekolah / Madrasah.


b. Fotokopi sertifikat diklat yang disahkan oleh Kepala Sekolah / Madrasah.

c. Laporan hasil pelatihan yang dibuat oleh guru yang bersangkutan, diketik dan dijilid serta disajikan dengan kerangka isi sebagai berikut.
  • Bagian Awal memuat judul diklat yang diikuti, keterangan tentang kapan waktu pelaksanaan diklat, di mana kegiatan diklat diselenggarakan, tujuan dari penyelenggaraan diklat, lama waktu pelaksanaan diklat, surat penugasan, penyelenggara/pelaksana diklat, surat persetujuan dari kepala sekolah/madrasah, serta fotokopi sertifikat atau keterangan dari pelaksana diklat.
  • Bagian Isi memuat beberapa hal antara lain 1) Uraian rinci dari tujuan diklat/pengembangan diri yang dilakukan. 2) Penjelasan isi materi yang disajikan dalam diklat/pengembangan diri serta uraian kesesuaian dengan peningkatan keprofesian guru yang bersangkutan. 3) Tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta diklat/pengembangan diri berdasarkan hasil dari mengikuti diklat tersebut. 4) Dampak terhadap peningkatan kompetensi guru dalam peningkatan mutu KBM dan siswanya. 5) Penutup
  • Bagian Akhir Lampiran, berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat yang disajikan sebagaimana format berikut:


Keterangan: Berisi mengenai perubahan prestasi siswa.

Besaran angka kredit untuk kegiatan mengikuti diklat fungsional adalah sebagai berikut:



B. Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru



Kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau mengikuti kegiatan bersama yang dilakukan guru yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan. Macam kegiatan tersebut dapat berupa:
  1. Mengikuti lokakarya atau kegiatan kelompok/ musyawarah kerja guru atau inhouse training untuk penyusunan perangkat kurikulum dan/atau kegiatan pembelajaran termasuk pembelajaran berbasis TIK, penilaian, pengembangan media pembelajaran, dan/atau
  2. Mengikuti, baik sebagai pembahas maupun sebagai peserta, pada seminar, koloqium, diskusi panel, atau bentuk pertemuan ilmiah lainnya.
  3. Mengikuti kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru terkait dengan pengembangan keprofesiannya.


C. Contoh Laporan Pengembangan Diri Bimtek Pandemi Covid-19


Berikut ini adalah format laporan pengembangan diri pada kegiatan Bimtek Pandemi Covid-19 yang bisa Bapak / Ibu unduh pada tautan dibawah ini :




Demikian informasi tentang Contoh Laporan Pengembangan Diri Untuk Penilaian Angka Kredit Bimtek Seri Covid-19 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Contoh Laporan Pengembangan Diri Untuk Penilaian Angka Kredit Bimtek Seri Covid-19"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel