Apa itu Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19? dan Bagaimana Cara Daftarnya?

Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 - Merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus, seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.


A. Tujuan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.
  • Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.
  • Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
  • Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

B. Tahapan Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19

  • Tahap 0 : Orientasi program membekali peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.
  • Tahap 1 : Bimtek. Pembelajaran peserta dengan konsep Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa, Kurikulum Kondisi Khusus, Asesmen Diagnosis, Asesmen Diagnosis Berkala, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Media, Teknologi dan Sumber Belajar. 
  • Tahap 2 : Diklat. Pelatihan yang memberi kesempatan peserta mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh pembelajaran jarak jauh (PJJ), merancang dan menerapkan PJJ, mengunggah tulisan praktik baik PJJ, melakukan penilaian diri terhadap tulisan praktik baik PJJ
  • Tahap 3 : Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.

C. Beberapa Hal Yang Didapatkan Oleh Peserta Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19

  • Pengalaman belajar yang seru.
  • Pengalaman belajar bersama sesama guru.
  • Peningkatan kemampuan mengembangkan pembelajaran jarak jauh.
  • Sertifikat bimtek 32 JP, sertifikat diklat 32 JP dan piagam penghargaan.

Yang berhak menjadi peserta Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 adalah guru yang telah mempunyai akun SIMPKB pada seluruh mata pelajaran, jenjang pendidikan dan jenis pendidikan.

D. Jadwal Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19


E. Cara Daftar Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Untuk dapat mengikuti Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19, silahkan kunjungi laman http://sim-gurubelajar.simpkb.id/ maka akan muncul halaman login seperti gambar berikut dan masukan akun SIMPKBnya.


Demikian informasi tentang Apa itu Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Untuk dapat mengetahui dan mendapatkan notifikasi artikel terbaru lainya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Apa itu Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19? dan Bagaimana Cara Daftarnya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel