Cut Off Verval TIK Untuk Asesmen Nasional 2021

Verval TIK AKM - Berdasarkan Surat Edaran Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Nomor 7022/C/KS.0101/2021 tentang Pendampingan dan Pemantauan Pelaksanaan Verval TIK dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 dijelaskan beberapa hal sebagai berikut :




Dalam rangka pendampingan persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang melakukan verifikasi dan validasi sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah sebagai instrumen pemetaan data kesiapan Sekolah mengikuti asesmen nasional.


Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pelaksanaan Assesmen Nasional akan diselenggarakan pada bulan September dan Oktober 2021.

2. Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi basis data dalam pemetaan kesiapan TIK Sekolah mengikuti Asesmen Nasional. Kesiapan TIK Sekolah diklasifikasikan menjadi 4 (empat) kategori, yaitu:
  • Sekolah Siap, yaitu sekolah siap menyelenggarakan asesmen nasional yang didukung dengan infrastruktur yang lengkap.
  • Sekolah Potensial 1, yaitu sekolah yang memiliki kurang dari 15 komputer, memiliki akses listrik dan memiliki akses internet.
  • Sekolah Potensial 2, yaitu sekolah yang memiliki kurang dari 15 komputer, memiliki akses listrik dan tidak memiliki akses internet.
  • Sekolah Tidak Siap, yaitu memiliki kurang dari 15 komputer, tidak memiliki akses listrik dan tidak memiliki akses internet.

3. Berdasarkan butir 1 (satu) dan butir 2 (dua), dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional, unit pelaksana teknis memiliki peran dan tugas sebagai berikut:
  • Menyiapkan tim kerja untuk mengawal pelaksanaan verifikasi dan validasi TIK;
  • Berfungsi sebagai help desk bagi Pemerintah Daerah dan Sekolah (sesuai jenjang yang diampu);
  • Melakukan sosialisasi/pendampingan teknis dan memonitor pelaksanaan verifikasi dan validasi TIK;
  • Melakukan analisis terhadap data hasil verifikasi dan validasi;
  • Melakukan penyesuaian program kerja berdasarkan hasil verifikasi dan validasi TIK;
  • Menghimbau Sekolah untuk melengkapi data dukung TIK berupa Jumlah Komputer/Laptop, Akses Internet, dan sumber listrik di lingkungan Sekolah;
  • Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan data sekolah yang menumpang.

4. Pemutakhiran data kesiapan TIK Sekolah sebagaimana butir 3f dilakukan paling lambat tanggal 30 Mei 2021, dan pemetaan data sekolah yang menumpang sebagaimana butir 3g dilakukan paling lambat tanggal 30 Juni 2021 pada tautan http://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/


Bagi yang memerlukan Surat Edaran Pendampingan dan Pemantauan Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional 2021, bisa di unduh pada tautan berikut :



Demikian informasi tentang Cut Off Verval TIK Untuk Asesmen Nasional 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cut Off Verval TIK Untuk Asesmen Nasional 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel