Soal Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Tahun 2022

Soal & Jawaban Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Tahun 2022 - Berdasarkan POS Ujian Madrasah Tahun 2022, salah satu Syarat Kelulusan Peserta Didik pada jenjang akhir adalah wajib mengikuti Ujian Madrasah (UM), baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).


Dijelaskan pada POS UM Tahun 2022 bahwa, kisi-Kisi UM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara UM dalam bentuk SK Kepala Madrasah. Kisi-kisi UM mata pelajaran al Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI. Kisi-Kisi UM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.




Prosedur Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal Ujian Madrasah Tahun 2022



Berikut ini merupakan prosedur penyusunan kisi-kisi dan naskah soal UM :
  1. Kepala madrasah menetapkan Guru penyusun kisi-kisi dan soal UM.
  2. Guru menyusun kisi-kisi soal UM.
  3. Guru menyusun naskah soal UM mengacu pada kisi-kisi soal UM.
  4. Validasi naskah soal UM oleh team teaching dengan pendampingan pengawas madrasah dan/atau pada forum KKG/MGMP.
  5. Finalisasi /Penyempurnaan naskah soal UM oleh guru mata pelajaran.
  6. Naskah soal UM diserahkan kepada panitia UM untuk digandakan dan siap digunakan ujian.


Berdasarkan prosedur diatas, Kemenag memberikan kewenangan penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan UM guna mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya. Salah satu wewenang tersebut adalah Guru dapat menyusun Soal Ujian Madrasah Jenjang MI secara mandiri.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh Soal Ujian Madrasah Jenjang MI Tahun 2022 dengan harapan dapat membantu Guru dalam menyusun soal UM tersebut. Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Tahun 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Tahun 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel