Aktivasi Akun Pembelajaran Platform Merdeka Mengajar GTK

Aktivasi Akun GTK - Dalam rangka mendukung pengembangan kapasitas guru dan tenaga kependidikan, Kemendikbudristek mengembangkan platform merdeka mengajar. Untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar tersebut, guru harus melakukan aktivasi Akun Pembelajaran.

Platform ini terdiri dari dari 4 (empat) fitur yaitu:
  1. Perangkat Ajar
  2. Laman Kelas dan Asesmen Murid
  3. Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi, dan
  4. Bukti Karya Saya



Cara Penggunaan Platform Merdeka Mengajar



Platform Merdeka Mengajar merupakan platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mendukung satuan pendidikan dalam melakukan proses pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru dan tenaga pendidikan.

Platform ini dapat digunakan oleh guru di seluruh satuan pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama yang memiliki Akun Pembelajaran yang sudah aktif. Tenaga Pendidikan dan Dinas Pendidikan perlu memastikan sudah memiliki Akun Pembelajaran agar dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar.

Platform Merdeka Mengajar terdiri dari 4 (empat) fitur dengan tujuan dan manfaat penggunaannya sebagai berikut:
1. Perangkat Ajar
Perangkat Ajar adalah kumpulan bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Melalui produk Perangkat Ajar, Guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pembelajaran sesuai dengan domain dan fase dimana Guru mengajar. Selanjutnya, Guru dapat menggunakan produk Perangkat Ajar untuk:
  • Mengunduh perangkat ajar ke ponsel atau gawai lainnya masing- masing;
  • Membagikan tautan Perangkat Ajar melalui WhatsApp, surat elektronik (email), atau kanal lainnya;
  • Memberikan umpan balik jika Guru merasa terbantu dengan suatu perangkat ajar;
  • Mengetahui tingkat rekomendasi suatu Perangkat Ajar, dengan melihat berapa kali suatu Perangkat Ajar disukai dan diunduh oleh guru lain; dan
  • Menandai modul ajar/Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP+) pilihan, agar bisa mengaksesnya kembali dengan mudah di platform Merdeka Mengajar.

2. Laman Kelas dan Asesmen Murid
Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Laman Kelas berisi daftar murid berdasarkan kelompok kelas tertentu sebagai target distribusi asesmen murid. Melalui produk Asesmen Murid, Guru dapat mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan.

Dengan demikian diharapkan tercapai pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid. Asesmen murid yang tersedia saat ini adalah literasi dan numerasi. Guru dapat mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran untuk kemudian dibagikan kepada murid secara daring (online) maupun luring (offline).

3. Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi.
Pelatihan Mandiri merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, yang memuat berbagai materi pembelajaran untuk digunakan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru sebagai pendidik. Materi pembelajaran dibuat secara singkat dan sesuai kebutuhan, untuk mempermudah guru melakukan pelatihan mandiri di manapun dan kapanpun.

Melalui Video Inspirasi, Guru dapat menonton berbagai video singkat yang dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kompetensi Guru baik dalam aspek profesional maupun personal.

4. Bukti Karya Saya.
Bukti Karya Saya merupakan wadah dokumentasi karya bagi Guru. Karya menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Selanjutnya, Guru dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk:
  • Menyimpan dan mengelola rekam jejak dalam melaksanakan tugas utama, sebagai penunjang dalam pengembangan diri dan karier; dan
  • Berbagi karya dengan rekan sejawat untuk mendapat umpan balik, agar dapat saling belajar praktik baik, serta bertukar ide atau pikiran.


Tata Cara Mengakses dan Menggunakan Platform Merdeka Mengajar.



1. Mengakses Platform Merdeka Mengajar.
Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui:

2. Login ke Platform Merdeka Mengajar
Login dapat dilakukan dengan menggunakan Akun Pembelajaran. Pastikan Tenaga Pendidikan dan Dinas Pendidikan sudah mengaktifkan Akun Pembelajaran. Selanjutnya, masukkan informasi provinsi, sekolah, kelas, dan mata pelajaran di mana Guru dan Tenaga Pendidikan mengajar. Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/loginPMM

3. Menggunakan Perangkat Ajar
Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Perangkat Ajar untuk melakukan kegiatan berikut:
  • Mencari modul ajar, buku teks, buku murid, atau buku guru berdasarkan mata pelajaran dan fase yang diinginkan. Selain itu, Guru juga dapat melakukan pencarian lebih spesifik dengan fitur filter;
  • Mengunduh dan menyimpan modul ajar dan buku teks ke dalam memori lokal gawai. Beberapa buku teks yang terunduh akan dilampirkan markah tirta/watermark; dan
  • Cengan membuat folder baru, guru dapat mengelompokkan Perangkat Ajar berdasarkan kebutuhannya. Perangkat Ajar dapat diakses secara lebih cepat dan dikelola ke dalam berbagai jenis folder yang disimpan di dalam platform dengan fitur "menandai".
  • Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/PerangkatAjarPMM

4. Menggunakan Laman Kelas dan Asesmen
Tenaga Pendidik di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Laman Kelas untuk melakukan kegiatan berikut:
  • Melihat daftar kelas dan daftar asesmen yang dibagikan;
  • Menambah kelas baru;
  • Mengubah nama kelas; dan
  • Menambah atau menghapus data murid.
  • Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/KelasPMM

Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Asesmen untuk melakukan kegiatan berikut:
  • Melakukan asesmen diagnostik di awal tahun pembelajaran agar dapat melakukan perencanaan lebih lanjut untuk metode pembelajaran berikutnya dengan dukungan dan rekomendasi perangkat ajar;
  • Melihat hasil penilaian asesmen dalam bentuk hasil penilaian kelas maupun hasil penilaian individu murid. Hasil penilaian kelas mencakup level kompetensi sebagian besar murid di kelas. Sedangkan, hasil penilaian individu murid akan menampilkan detail analisis tingkat kompetensi murid;
  • Mendistribusikan asesmen murid secara daring (online) atau luring (offline); dan
  • Melakukan penilaian secara manual untuk jawaban uraian. Penilaian untuk jawaban pilihan ganda akan dilakukan secara otomatis oleh sistem jika distribusi asesmen dilakukan secara daring (online).
  • Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/AsesmenPMM

5. Menggunakan Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi.
Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Pelatihan Mandiri untuk melakukan kegiatan berikut:
  • Mempelajari materi pelatihan dalam bentuk teks, video, kuis dan penulisan refleksi; dan
  • Mengevaluasi hasil pembelajarannya dengan post-test.

Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Video Inspirasi untuk mengakses kumpulan video inspiratif dengan berbagai topik pembelajaran yang telah dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta para ahli sebagai referensi praktik ajar untuk mendukung pengembangan kompetensinya Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/VideoPelatihanPMM

6. Menggunakan Bukti Karya Saya
Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk melakukan kegiatan berikut:
  • Mengimpor video bukti karya pribadi yang sudah diunggah ke YouTube ke platform Merdeka Mengajar;
  • Membagikan video bukti karya pribadi ke rekan guru dan kepala sekolah.
  • Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/BuktiKaryaPMM


Demikian informasi tentang Aktivasi Akun Pembelajaran Platform Merdeka Mengajar GTK yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aktivasi Akun Pembelajaran Platform Merdeka Mengajar GTK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel