Cara Memperbaiki Invalid InfoGTK 2022

Penyebab Info GTK TIDAK VALID Serta Solusinya - Laman InfoGTK berfungsi sebagai media penyampaian informasi kepada PTK terkait data Tunjangan Sertifikasi Guru. Dimana data didalamnya bersumber dari Aplikasi Dapodik yang di inputkan dan dikirimkan oleh Operator Sekolah.

Hasil pengiriman data tersebut dapat dipantau secara real time oleh PTK menggunakan akun miliknya masing-masing. Selanjutnya data akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan sebelum diterbitkan SKTP.




Ada dua hasil verifikasi yaitu Valid dan Tidak Valid. Beberapa penyebab InfoGTK Tidak Valid antara lain :
  1. Beban mengajar belum mencukupi yaitu kurang dari 24 jam.
  2. Belum terbaca di server InfoGTK
  3. Kelengkapan data masih dianggap kurang (data tidak lengkap)
  4. Terjadi perbedaan data, contohnya data Pangkat / Golongan di Dapodik dengan database BKN (untuk yang PNS).
  5. Tugas Tambahan tidak diakui yang menyebabkan Jumlah Jam Mengajar (JJM) dianggap kurang dari 24 jam mengajar.

Dari berbagai penyebab InfoGTK Invalid, kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Tips dan Trik InfoGTK Valid Periode Januari - Juli Tahun 2022 :


Solusi InfoGTK Invalid



Secara umum, InfoGTK berstatus Tidak Valid karena terdapat data yang tidak sesuai. Untuk menanganinya, maka cari tahu terlebih dahulu sumber permasalahannya. 

A. Solusi Beban Mengajar Kurang Dari 24 Jam

InfoGTK Invalid karena JJM kurang dari 24 jam disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena PTK yang bersangkutan memang mengajar kurang dari 24 jam seperti ditunjukan pada gambar berikut :




Satu-satunya cara untuk menangani masalah tersebut adalah PTK yang bersangkutan harus mengajar dengan beban 24 jam mengajar dan dibuktikan dengan SK Pembagian Tugas Mengajar.

Permasalahan lainnya bisa juga disebabkan karena salah mapping jadwal di Dapodik oleh Operator Sekolah. Solusinya, adalah cek kembali pemetaan pembelajaran pada tiap Rombongan Belajar / Rombel di Aplikasi Dapodik. Setelah diperbaiki, lakukan Sinkron secara berkala.

Belum mengikuti Sertifikasi Guru juga menjadi faktor InfoGTK Tidak Valid. Meskipun sudah memiliki Sertifikat Pendidik, Guru yang bersangkutan harus mengajar Mata Pelajaran yang Linier Dengan Bidang Sertifikasi miliknya.


B. Solusi Belum Terbaca di Server InfoGTK

Permasalahan ini disebabkan data yang dikirimkan melalui Aplikasi Dapodik belum terupdate di laman InfoGTK. Biasanya Jumlah Jam Linier akan terhitung "Nol" meskipun Mata Pelajaran Linier dengan Bidang Sertifikasi, perhatikan gambar berikut:




Jika ada yang mengalami kendala ini, pastikan tanggal Sinkron Dapodik dengan tanggal Update Terakhir InfoGTK telah sama. Jika tidak sama, maka solusinya adalah bersabar dan tetap memantau perkembangan InfoGTK secara berkala.


C. Solusi Data Tidak atau Kurang Lengkap

Kelengkapan data menjadi tanggungjawab pemilik data tersebut, artinya Bapak Ibu Guru bertanggungjawab terhadap datanya sendiri. Operator Sekolah / Operator Dapodik hanya sebatas perantara. Jadi apabila data kurang lengkap, Bapak / Ibu guru dapat berkomunikasi dengan Operator Satuan Pendidikan masing-masing.


D. Contoh Data InfoGTK Yang Lengkap

Bagi pemilik data yang telah dinyatakan lengkap, maka Status Verifikasi Data Tunjangan Profesi ditunjukan pada gambar berikut :




Status InfoGTK akan Valid apabila seluruh uraian data telah sesuai. Uraian Data tersebut antara lain :
  • NUPTK
  • Kepegawaian
  • Keaktifan
  • Kelulusan Sertifikasi
  • Beban Mengajar
  • Usia, dan 
  • Kelengkapan Data


Demikian informasi tentang Cara Memperbaiki Invalid InfoGTK 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Memperbaiki Invalid InfoGTK 2022"

  1. Saya mau tanya, saya tidak valid karena riwayat pendidikan terakhir saya berubah jadi profesi, karena riwayat PPG saya masukkan sehingga data berubah. Riwayat pendidikan formal sudah saya perbaiki, dan sudah kembali ke S1 tetapi di kolom data yg di atas masih tetap profesi dan dibagian foto profil jg masih profesi. Bagaimana cara mengubahnya? Keterangan kelengkapan data (verifikasi S1 manual)
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel