Cara Mengatasi NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data.kemdikbud.go.id

NISN Tidak Ditemukan - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di Luar Negeri. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap Peserta Didik yang bersekolah di Satuan Pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Meskipun demikian, tidak sedikit Peserta Didik yang mengalami kendala terkait dengan NISN, salah satunya adalah Data NISN Tidak Ditemukan. Untuk itu, kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan rangkuman permasalahan dan solusi yang terkait dengan NISN.




Tips Mengatasi NISN Tidak Ditemukan



Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi suatu masalah, tentunya kita harus mencari dulu penyebab terjadinya masalah tersebut. Karena setiap masalah yang terjadi, solusinya pun berbeda-beda.

Secara umum, NISN Tidak Ditemukan pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id disebabkan karena beberapa faktor berikut :
  • Salah masukan data, baik NISN dan Nama Ibu kandung.
  • NISN yang tercantum pada VervalPD tidak valid.
  • NISN yang tercantum pada Ijazah adalah milik orang lain.
  • Perbedaan arsip data dengan data sebelumnya.
  • Dan lain-lain.


A. Mengapa NISN Belum Terbit?



Khusus untuk Perserta Didik yang belum pernah memiliki NISN pada jenjang sebelumnya, dan terdata aktif pada Dapodik, maka secara otomatis sistem akan menerbitkan NISN dengan syarat sebagai berikut :
  1. Peserta Didik bersekolah di Satuan Pendidikan yang telah memiliki NPSN.
  2. Peserta Didik belum memiliki NISN di basis data induk Peserta Didik.
  3. Peserta Didik terdata dengan lengkap, maksudnya semua variabel sudah terisi, meliputi: NIK, Nama Peserta Didik, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung.
  4. Logis. Maksudnya adalah data yang diinputkan sudah sesuai dengan dokumen yang ada dan memenuhi persyaratan yang berlaku. Seperti contoh untuk kelogisan tanggal lahir, pastikan umur Peserta Didik sudah sesuai dengan persyaratan kewajaran umur bersekolah.
  5. Perekaman data Peserta Didik merujuk pada data DUKCAPIL.

Cara Mengatasi :
Lakukan perbaikan data Peserta Didik melalui aplikasi VervalPD yang dilakukan oleh Operator Dapodik Satuan Pendidikan masing-masing.


B. Mengapa NISN Tidak Tampil di VervalPD?



Penyebab NISN Peserta Didik yang sudah terisi di aplikasi pendataan (Dapodik/Emis) namun tidak tampil di VervalPD disebabkan olebh beberapa faktor :
  1. Karena tidak menggunakan mekanisme Tarik Data ketika melakukan registrasi masuk Peserta Didik di aplikasi pendataan.
  2. Data tidak terisi dengan lengkap atau logis, atau salah satu/beberapa variabel data Peserta Didik yang direkam berbeda dengan data pada arsip Pusdatin/berbeda dengan sebelumnya.

Cara Mengatasi :
  1. Lakukan perbaikan data Peserta Didik melalui VevalPD yang dilakukan oleh Operator Dapodik Satuan Pendidikan masing-masing.
  2. Setelah data Peserta Didik diperbaiki, kemudian Operator Sekolah dapat mengajukan Edit Data NISN/Klaim NISN melalui VervalPD. Dengan catatan, NISN yang akan diklaim berstatus Tidak Aktif (Data Peserta Didik sudah dikeluarkan dari pendataan sekolah sebelumnya) dan merupakan milik Peserta Didik yang bersangkutan (identitas padan) dan bukan milik Peserta Didik lain.


C. Mengapa NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data?



Penyebab NISN tidak ditemukan pada saat pengecekan di laman nisn.data disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
  1. Salah menginputkan variabel data Peserta Didik, sehingga data NISN tidak ditemukan.
  2. NISN tidak valid, NISN terdeteksi ganda, atau NISN tidak ditemukan di data induk Peserta Didik.

Cara Mengatasi :
  1. Pastikan variabel data Peserta Didik yang diinputkan pada saat pengecekan NISN sudah benar.
  2. Koordinasi dengan Satuan Pendidikan, Dinas Pendidikan setempat atau bisa juga menghubungi ULT Kemdikbud di http://ult,kemdikbud.go.id


Demikian informasi tentang Cara Mengatasi NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data.kemdikbud.go.id yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi NISN Tidak Ditemukan di Laman nisn.data.kemdikbud.go.id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel