Rangkuman B.Indonesia Kelas 4 BAB 3 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 BAB 3 "Lihat Sekitar", Tema "Lalu Lintas" Kurikulum Merdeka - Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.




Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 BAB 3 Kurikulum Merdeka



Pada BAB 3 ini, Peserta didik akan melakukan aktivitas, yaitu :


A. Membaca

1. Peserta didik membaca cerita “Awas!”, kemudian mengerjakan latihan terkait kata-kata baru. Perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!”. Tahukah kalian artinya? Agar kalian lebih paham, lengkapilah kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang sesuai.
  • Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan...sepeda motornya.
  • Nelayan mendayung sampan, Rudi...sepeda.
  • Ayo, bergeraklah dengan ..., jangan bermalas-malasan!
  • Rudi...sepedanya supaya berhenti.
  • ...dipakai untuk melindungi kepala.
  • Jika...menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.


B. Berdiskusi

1. Peserta didik menyampaikan pendapat tentang cerita “Awas! Tertib Berlalu Lintas" untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.

Diskusikanlah kembali cerita “Awas!” bersama teman dan guru. Kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi. Sampaikan jawaban kalian setelah dipersilakan guru.
  • Di mana Rudi berada?
  • Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?
  • Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?
  • Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi?
  • Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?
  • Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!

2. Peserta didik mendiskusikan isi Teks “Jauh dan Dekat” berdasarkan pertanyaan panduan.

Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!
  • Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
  • Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?
  • Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?
  • Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

3. Materi pokok "Diskusi Presentasi" Peserta didik membentuk kelompok, mendiskusikan kendaraan pilihan kelompok, lalu mempresentasikannya.

4. Materi Pokok "Prosedur". Peserta didik menggambar denah sekolah, menetapkan titik awal dan titik tujuan, lalu memberikan petunjuk untuk mencapai titik tujuan.


C. Menulis

1. Materi Pokok " Paragraf Argumentasi". Peserta didik membaca kembali cerita “Awas!”, lalu menuliskan pendapat tentang kejadian di dalam cerita sesuai pertanyaan panduan.

Saat berdiskusi atau menyampaikan pendapat secara lisan atau tertulis, kalian perlu menyebutkan alasan atau penyebab kalian berpendapat demikian. Makin kuat alasan, atau didukung oleh bukti-bukti seperti peraturan atau data ilmiah, maka makin kuat pula pendapat kalian. Pernyataan yang kalian sampaikan itu disebut argumentasi. Jika argumentasi disampaikan dalam bentuk tertulis atau dalam sebuah paragraf, paragraf yang kalian tulis disebut paragraf argumentasi.

Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu:
  • Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;
  • Ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
  • Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
  • Terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

2. Materi Pokok "Awalan ‘ber-’". Peserta didik membaca penjelasan di Buku Siswa atau mendengarkan penjelasan guru, lalu mengerjakan soal latihan.

Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif. Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar. Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/.

3. materi Pokok "Tanda Baca Huruf Kapital". Peserta didik membaca penjelasan di Buku Siswa, lalu menuliskan pengalamannya.

4. Materi Pokok "Paragraf Deskripsi". Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru, lalu menulis dengan panduan pertanyaan di Buku Siswa.


D. Menyimak

Peserta didik menyimak Teks “Jauh dan Dekat” yang dibacakan guru.


E. Mengamati

Materi Pokok "Identifikasi Tempat Pada Denah, Cara Mencapai Suatu Tempat". Peserta didik mencari lokasi yang ditentukan pada denah dalam Buku Siswa, lalu menggambarkan cara mencapai tempat tersebut.


Untuk Rangkuman dan Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Implementasi Kurikulum Merdeka BAB lainnya dapat dilihat dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman B. Indonesia Kelas 4 BAB 3 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman B.Indonesia Kelas 4 BAB 3 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel