Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Refleksi Diri

Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Refleksi Diri Modul 1 Mengapa Refleksi - Sebelumnya, Ibu dan Bapak telah mempelajari dan menyelesaikan Topik Profil Pelajar Pancasila Modul 8 Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran.

Berikutnya, Ibu dan Bapak akan mempelajari materi selanjutnya yaitu Topik Refleksi Diri Modul 1 Mengapa Refleksi. Ibu dan Bapak dapat mempelajari rangkaian materi yang dipaparkan dalam video.

Setelah itu, Ibu dan Bapak akan diminta untuk menjawab pertanyaan pada Latihan Pemahaman serta menuliskan Cerita Reflektif pada setiap Materi. Untuk membantu Ibu dan Bapak dalam menjawab, pada postingan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh Jawaban Cerita Reflektif dan Latihan Pemahaman Topik Refleksi Diri Modul 1 Mengapa Refleksi.




A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa itu Refleksi?



Latihan Pemahaman : Pernyataan berikut yang tepat berkaitan dengan refleksi adalah...
A. Refleksi berarti bercermin dengan orang lain
B. Refleksi membantu kita untuk mengenali diri
C. Refleksi merupakan bagian dari evaluasi
D. Refleksi hanya penting dilakukan oleh peserta didik
Jawab : B


Metakognisi sangat berkaitan erat dengan...
A. Kesadaran
B. Kepercayaan diri
C. Harga diri
D. Keyakinan diri
Jawab : A


Cerita Reflektif : Sebagai pendidik, apa yang membuat Anda mempelajari topik ini?
Jawab : Awalnya sulit membedakan Refleksi Pembelajaran dengan Kesimpulan pembelajaran. Setelah mempelajari modul ini, saya sebagai pendidik baru memahami pentingnya Refleksi dalam pembelajaran, bukan hanya untuk peserta didik tetapi juga untuk pribadi.


B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Sikap Dasar dan Lensa Refleksi



Latihan Pemahaman : Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah...
A. Peserta didik
B. Rekan sejawat
C. Literatur
D. Semua benar
Jawab : D


Pola pikir yang dapat mendukung praktik refleksi kita, kecuali...
A. Dilakukan dengan sepenuh hati
B. Jujur dengan diri sendiri
C. Harus dilakukan setiap hari
D. Rasa tanggung jawab dengan peserta didik
Jawab : C


Cerita Reflektif : Bagaimana Anda menilai pola piki Anda selama ini dalam melakukan refleksi? Pola pikir apa yang masih perlu Anda perbaiki? (Jawablah berdasarkan 3 sikap dasar refleksi yang sudah dipelajari)
Jawab : Pola pikir yang masih perlu diperbaiki dalam melakukan refleksi adalah belum melakukan 4 lensa refleksi. Selama ini refleksi dilakukan hanya dari satu lensa saja yaitu peserta didik, namun lensa lainnya belum dapat terpenuhi dengan baik.


C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Membuat Tujuan Pembelajaran



Latihan Pemahaman : Terdapat tiga jenis tujuan yang bisa ditetapkan. Yang tidak termasuk di dalamnya adalah...
A. Tujuan Hasil
B. Tujuan Proses
C. Tujuan Kinerja
D. Tujuan Prestasi
Jawab : D


Cerita Reflektif : Sebagai pendidik, apa hal yang ingin anda kembangkan pada diri Anda? Dari hal itu, tujuan belajar apa yang bisa Anda buat? (gunakan metode SMART dalam merumuskan tujuan Anda)
Jawab : Yang ingin saya kembangkan pada diri saya yaitu meningkatkan kompetensi diri. Kompetensi bukan hanya dilihat dari sisi profesional melainkan pedagogis.


Setelah Ibu dan bapak menjawab pertanyaan pada aktivitas Latihan Pemahaman dan menuliskan Cerita Reflektif, aktivitas berikutnya adalah Ibu dan bapak diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pada Post Test. Sebagai bahan referensi bagi ibu dan bapak dalam menjawab Post Test, Sinau-Thewe.com menyediakan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Refleksi Diri Modul 1 Mengapa Refleksi?.


Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Refleksi Diri yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Cerita Reflektif Modul 1 Refleksi Diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel