Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Semangat Guru 2

Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2 : Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah - Sebelumnya, Ibu dan Bapak telah mempelajari dan menyelesaikan Semangat Guru 2 : Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 1 Kreativitas dan Inovasi.

Berikutnya, Ibu dan Bapak akan mempelajari materi selanjutnya yaitu Topik Semangat Guru 2 : Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah. Ibu dan Bapak dapat mempelajari rangkaian materi yang dipaparkan dalam video.

Setelah itu, Ibu dan Bapak akan diminta untuk menjawab pertanyaan pada Latihan Pemahaman serta menuliskan Cerita Reflektif pada setiap Materi. Untuk membantu Ibu dan Bapak dalam menjawab, pada postingan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh Jawaban Cerita Reflektif dan Latihan Pemahaman Semangat Guru 2 : Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah.




A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 4 Pertanyaan Refleksi



Latihan Pemahaman : Setelah menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang memancing peserta didik untuk berpikir kritis, pertanyaan yang memancing peserta didik untuk menyelesaikan masalah adalah...
A. Apa yang saya pelajari?
B. Apa yang saya sudah mengerti?
C. Apa yang saya belum mengerti?
D. Bagaimana supaya saya mengerti?
Jawab : D


Cerita Reflektif : Pertanyaan-pertanyaan refleksi seperti apa saja yang paling sering Anda tanyakan kepada peserta didik di kelas Anda?
Jawab : Apa pentingnya materi yang sudah kita pelajari untuk kehidupan sehari-hari?


B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Langkah-Langkah Problem Solving



Latihan Pemahaman : Urutan langkah-langkah yang paling sesuai dalam penyelesaian masalah adalah...
A. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Mengevaluasi solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi
B. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi - Mengevaluasi solusi
C. Merumuskan masalah Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengevaluasi solusi Mengimplementasi solusi
D. Mengimplementasi solusi - Mengevaluasi solusi - Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi
Jawab : B


Cerita Reflektif : Ceritakan bagaimana Anda menyelesaikan masalah menggunakan tahap-tahap penyelesaian masalah yang telah dibahas.
Jawab : Sebelum saya memahami tahapan penyelesaian masalah yang baik, saya biasanya menyelesaikan masalah dengan tahapan menganalisis masalah - mencoba alternatif solusi - pengambilan keputusan - memantau pengambilan keputusan.


C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi 5 Disiplin Berpikir Kritis Terhadap Informasi



Latihan Pemahaman : Pilihan yang sesuai dengan disiplin “pelan-pelan dan berefleksi” dalam disiplin berpikir kritis terhadap informasi adalah...
A. Kita harus secara tangkas mengambil keputusan setuju atau menolak ketika dihadapkan dengan suatu informasi
B. Jika kita merefleksikan informasi terlebih dahulu, keputusan kita lebih cenderung terkontaminasi bias
C. Kita perlu untuk selalu “menunda dulu” keputusan kita, walaupun hanya beberapa detik, tergantung kebutuhan
D. Informasi yang sulit dan kompleks paling baik ditanggapi dengan sangat cepat
Jawab : C


Cerita Reflektif : Menurut Anda, disiplin berpikir kritis manakah yang paling butuh dilatih kepada peserta didik Anda? Berikan penjelasannya.
Jawab : Menurut saya, peserta didik lebih cenderung membutuhkan pelatihan dan pembiasaan disiplin 3 : Cari fakta dan bukti pendukung. Karena biasanya peserta didik mengambil keputusan penyelesaian masalah tanpa berpikir efek positif maupun negatif.


D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Metakognisi : Berpikir Tentang Berpikir



Latihan Pemahaman : Pilihan-pilihan di bawah ini menggambarkan metakognisi, kecuali...
A. Kemampuan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan proses belajar ketika menghadapi situasi baru.
B. Metakognisi adalah proses merencanakan, memonitor, dan mengases pemahaman seseorang tentang proses berpikirnya.
C. Metakognisi merupakan proses pengenalan diri yang cukup dilakukan sekali
D. Pertanyaan “Apa keunggulan/kelemahan saya?” dapat membantu kita untuk memahami stimulus apa saja yang menggiatkan atau menghambat diri kita dalam berpikir
Jawab : C


Cerita Reflektif : Bagaimana metakognisi dapat membantu peserta didik berpikir kritis di kelas?
Jawab : Metakognisi dalam memahami stimulus yang menghambat dirinya merasa kesulitan dalam berpikir kritis.


Setelah Ibu dan bapak menjawab pertanyaan pada aktivitas Latihan Pemahaman dan menuliskan Cerita Reflektif, aktivitas berikutnya adalah Ibu dan bapak diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pada Post Test. Sebagai bahan referensi bagi ibu dan bapak dalam menjawab Post Test, Sinau-Thewe.com menyediakan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Semangat Guru 2 : Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah.


Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Semangat Guru 2 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Semangat Guru 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel