Rangkuman B.Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 7 "Asal-Usul", Kurikulum Merdeka - Setelah mempelajari Bab 7 ini Peserta Didik diharapkan dapat:
  • Memahami instruksi yang disampaikan secara audio;
  • Menemukan dan mengidentifikasi informasi di dalam teks dan gambar;
  • Menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks;
  • Membuat teks narasi menggunakan kata penghubung antarkalimat.



Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Merdeka



Pada BAB 7 ini, Peserta didik akan melakukan aktivitas, yaitu :

A. Membaca

1. Rima
Baca kembali syair lagu “Nenek Moyangku”, perhatikan pula syair lagu “Rayuan Pulau Kelapa”. Apakah ada kesamaan yang kalian lihat? Huruf atau suku kata terakhirnya berbunyi sama? Baris-barisnya memiliki rima?

Huruf akhir yang sama dapat ditemukan pada baris yang berurutan, disebut berima AA BB, atau AA AA. Rima dapat pula pada baris yang berselang-seling, disebut berima AB AB.

Banyak lagu anak-anak memiliki rima, misalnya lagu “Balonku Ada Lima”, “Anak Gembala”, “Aku Anak Indonesia”, dan “Burung Bernyanyi”.

2. Lumpia
Lumpia atau lunpia adalah makanan khas Semarang yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Direktorat Internalisasi dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Lumpia hadir pertama kali pada abad ke-19 dan merupakan salah satu contoh perpaduan budaya asli Tiong Hoa–Jawa.

Pada tahun 1870, Tjoa Thay Joe datang dari Fujian ke Semarang dan menjajakan lunpia yang berisi rebung dan daging babi. Kemudian, dia bertemu dengan perempuan Jawa bernama Warsih yang juga menjajakan penganan yang mirip tetapi berisi kentang dan udang. Mereka berdua lalu menikah. Lumpia buatan mereka pun disesuaikan baik isi maupun rasanya, agar bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.


B. Menulis

Buatlah tulisan sepanjang 3 paragraf tentang asal-usul kalian. Untuk itu kalian perlu mewawancarai orang tua kalian.
  • Pada paragraf pertama, ceritakan tentang asal orang tua dan kakek-nenek kalian.
  • Pada paragraf kedua, sampaikan penyebab mereka pindah ke tempat sekarang (jika orang tua atau kakek-nenek kalian tidak berasal dari tempat kalian tinggal sekarang). Jika mereka berasal dari daerah tempat kalian tinggal sekarang, tanyakan apakah ada keinginan untuk pindah ke tempat lain beserta alasannya. Jika mereka tidak ingin pindah, tanyakan pula sebabnya.
  • Pada paragraf ketiga, tuliskan tentang keinginan kalian sendiri. Di daerah atau kota manakah kalian ingin tinggal? Tidak apa-apa kalau kalian memilih kota atau daerah yang sama dengan tempat kalian tinggal sekarang. Jelaskan alasan kalian memilih daerah atau kota tersebut.

C. Jelajah Kata

Tahukah kalian, ternyata banyak sekali kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa asing ataupun bahasa daerah. Bahasa asing yang banyak berpengaruh antara lain adalah bahasa Sanskerta, Arab, Tionghoa, Belanda, Portugis, dan Inggris. Contoh:


D. Bahas Bahasa

Bacalah kalimat-kalimat berikut ini.

Kata-kata yang dicetak tebal disebut konjungsi atau kata penghubung antarkalimat. Ia disebut kata penghubung karena fungsinya menghubungkan dua kalimat, antara lain untuk:



Rangkuman dan Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Implementasi Kurikulum Merdeka BAB lainnya dapat dilihat dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman B. Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman B.Indonesia Kelas 4 BAB 7 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel