Unduh KOSP SD Tahun 2023/2024

Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD Tahun 2023/3034 - KOSP disusun dan dikembangkan oleh Tim Penyusun Kurikulum dengan tetap memperhatikan kondisi daerah, potensi sekolah, dan kebutuhan peserta didik. Pengembangan kurikulum dimulai dari Workshop Penyusunan Kurikulum, pengembangan analisis kontek, selanjutnya melalui tahapan penyusunan draft, review dan revisi serta finalisasi.

KOSP merupakan Kurikulum Merdeka pada tingkat satuan pendidikan yang memuat semua rencana proses belajar yang diselenggarakan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan dengan prinsip dan proses penyusunan KOSP yaitu sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.




Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu Standar Kompetensi LulusanStandar IsiStandar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan serta berpedoman pada Panduan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

Atas dasar hal itu, penyusunan KOSP pada Tahun Pelajaran 2023/2024 merupakan penyempurnaan dari kurikulum tahun sebelumnya dengan terlebih dulu melakukan analisis konteks dan akan dilakukan peninjauan kembali setiap tahun.


A. Komponen KOSP


Komponen-komponen yang diperlukan dalam menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) adalah:
1. Karakteristik Satuan Pendidikan
2. Visi, Misi dan Tujuan Satuan Pendidikan
3. Pengorganisasian Pembelajaran
4. Rencana pembelajaran
5. Evaluasi, Pendampingan dan pengembangan profesional
6. Lampiran yang terdiri dari:
  • SK Tim Pengembang Kurikulum
  • Contoh Rencana Pembelajaran
  • Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  • Referensi Landasan Hukum berkaitan dengan karakteristik sekolah


B. Mekanisme Penyusunan KOSP


Berikut ini merupakan mekanisme penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) :
1. Analisis Karakteristik Sekolah
2. Menyusun draft KOSP
3. Mereview
4. Finalisasi
5. Penetapan
6. Pengesahan


C. Hal Penting dalam Kurikulum Merdeka


1. Penyusunan KOSP (Kurikulum Merdeka) diawali dengan analisis karakteristik Satuan Pendidikan.

2. Kerangka Dasar Kurikulum (Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Prinsip Pembelajaran, dan Asesmen) sudah ditetapkan Pemerintah Pusat mengacu Tujuan Pendidikan Nasional dan 8 Standar Nasional Pendidikan.

3. Pengorganisasian pembelajaran. Struktur Kurikulum terdiri dari pembelajaran intra kurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sekitar 25% total JP pertahun, minimal 3 projek dengan 3 tema berbeda dalam 1 tahun.

4. Perangkat ajar meliputi: buku teks pelajaran, modul ajar, modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, contoh KOSP, video pembelajaran, dan bentuk lainnya yang dapat digunakan langsung atau sebagai referensi dalam merangcang pembelajaran.

5. Satuan Pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan kegiatan pembelajaran dan perangkat ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran, konteks satuan pendidikan, dan karakteristik peserta didik.

6. Apabila pendidik menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah dan atau membuat merujuk yang disediakan pemerintah maka dapat menggunakan modul ajar sebagai dokumen perencanaan pembelajaran sekurang-kurangnya terdiri dari: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan asesmen yang digunakan untuk memantau ketercapaian tujuan pembelajaran.

7. Penentuan alokasi waktu pembelajaran intrakurikuler dan projek berdasarkan kesepakatan sekolah di awal tahun pelajaran.

8. Di awal pembelajaran guru melaksanakan asesmen diagnostik kesulitan belajar siswa sebagai dasar untuk merancang pembelajaran. Pada proses pembejaran melakukan asesmen formatif, di akhir suatu tahapan melakukan asesmen sumatif.

9. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif.


D. Unduh Contoh KOSP SD Tahun 2023/2024


Bagi yang memerlukan, silahkan Unduh Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Jenjang SD pada tautan berikut :
Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website.


Demikian informasi tentang Unduh KOSP SD Tahun 2023/2024 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unduh KOSP SD Tahun 2023/2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel