NISN Ganda? Apa Penyebabnya? Bagaimana Solusinya?

NISN Ganda?

Awal Tahun Pelajaran 2019 / 2020 melahirkan sistem pendataan dengan user intervace baru, dilatar belakangi oleh kebijakan baru guna kepentingan yang lebih luas. VervalPD contohnya, dilihat dari satu sisi, sistemnya lebih optimal dibanding dengan sebelumnya, namun disisi lain menimbulkan banyak tanda tanya. Terutama apabila ada Peserta Didik yang masuk daftar residu dengan keterangan NIK Ganda dan NISN Ganda.
Sampai saat ini VervalPD di buat hanya untuk memperbaiki data, namun tidak jika NIK dan NISN ganda (untuk akun operator sekolah). Lantas, jika Satuan Pendidikan mengalami hal tersebut, apa yang harus dilakukan? Kuncinya cuma satu yaitu kordinasi dengan Operator Dinas setempat. Setelah mendapatkan informasi yang cukup jelas, barulah rekan-rekan operator Satuan Pendidikan menindaklanjuti dengan menyiapkan berkas pendukungnya.

Jika NIK Ganda, apa yang harus dilakukan? Baca artikel ini : 
Mengatasi NIK Ganda di VervalPD.


Apa Penyebab NISN Ganda?

Jika NISN Ganda, apa yang harus dilakukan? Nah, pada artikel kali ini, penulis akan menjelaskan apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi NISN ganda. Beberapa penyebab NISN ganda antara lain :
1. Dosa masa lalu, misal Peserta Didik dengan identitas X keluar dari Satuan Pendidikan dan masuk ke Satuan Pendidikan yang baru namun tidak dimutasikan maka menyebabkan data ganda. Jika tarik data ulang dari tingkat sebelumnya, juga menyebabkan data ganda.
2. Menginputkan data Peserta Didik yang sama pada Satuan Pendidikan yang berbeda namun cara entry berbeda (yang satu tarik data, yang satu mengentrykan data secara manual) juga menyebabkan data ganda.


Solusi NISN Ganda?

Beberapa faktor tersebut yang mempengaruhi NISN menjadi ganda. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh operator Satuan Pendidikan dalam menangani NISN ganda yaitu :
1. Jika NISN ganda dengan PKBM, silahkan konfirmasi dengan PKBM tersebut atau klaim NISN ke tim VervalPD Kabupaten setempat.
2. Jika NISN Ganda dengan MA / MTs (Madrasah) silahkan konfirmasi/klaim ke Madrasah tersebut.
3. Jika NISN ganda dengan Satuan Pendidikan lain dan Status Peserta Didik aktif dan data sama (orang yang sama) silahkan konfirmasi ke Satuan Pendidikan tersebut.
4.  Jika NISN ganda dengan Satuan Pendidikan lain dan Status aktif dan data mirip (orang yang berbeda) silahkan konfirmasi ke Satuan Pendidikan tersebut. dan Konfirmasi ke tim VervalPD Kabupaten Setempat dengan melampirkan scan Ijazah dan SHUN yang selanjutnya akan sampaikan ke Tim Pusat dan kemungkinan akan diberi NISN baru.
5. Jika NISN ganda dengan Satuan Pendidikan dengan Status tidak aktif, silahkan klaim ke tim VervalPD Kabupaten setempat.
6. Jika NISN ganda dengan LKP, silahkan klaim ke tim VervalPD Kabupaten setempatselanjutnya akan sampaikan ke Tim Pusat.


Berikut langkah-langkah cek NIK ganda :
1. Buka laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id
2. Login menggunakan akun yang sudah didaftarkan melalui laman SDM.
3. Klik menu Residu, nanti akan menampilkan semua data yang ada di menu tersebut.
4. Dari gambar diatas, pada bagian yang diberikan kotak hitam, itu adalah contoh data dengan status validasi NISN ganda.
5. Klik icon sebelah kiri data tersebut untuk menampilkan rincian data Peserta Didik tersebut.
6. Klik tab Quality Control
7. Contoh gambar tersebut merupakan salah satu contoh kasus NISN ganda dengan status keaktifan Peserta Didik aktif di dua Satuan Pendidikan yang berbeda,
8. Jika Peserta Didik tersebut betul-betul aktif di Satuan Pendidikan rekan-rekan, cobalah untuk menghubungi dan memastikan Satuan Pendidikan yang dimaksud untuk mengeluarkan Peserta Didik di aplikasi Dapodik dan segeralah lakukan sinkronisasi.
9. Setelah itu, rekan-rekan diwajibkan untuk mengkomunikasikan hal tersebut dengan Admin Dinas setempat untuk ditindaklanjuti karena penyelesaian NISN Ganda adalah menggunakan hak akses Admin Dinas /  Admin Pusat.

Demikian artikel yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "NISN Ganda? Apa Penyebabnya? Bagaimana Solusinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel