Macam-Macam Type Data Excel dan Fungsinya

Artikel kali ini, Sinau Thewe akan sedikit menjelaskan berbagai Tipe Data Excel lengkap dengan fungsinya. 

Macam-Macam Type Data Excel

Mengetahui fungsi Tipe Data merupakan bagian penting dalam mengelola sebuah dokumen dengan tepat. Tidak sedikit gagalnya pengolahan sebuah rumus Excel karena didasari kelirunya pemilihan tipe data. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang lebih teliti peran tipe data dalam sebuah rumus. Ada 5 tipe data yang wajib kita ketahui yaitu Data Angka (Numeric), Data Text (Label), Data Tanggal (Date), Data Waktu (Time), dan Formula.

Type Data Angka (Numeric)



Tipe ini digunakan untuk dasar operasi perhitungan data. Tipe data angka / numeric terdiri dari angka 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9. Saat kita masukan susunan angka tersebut, excel mengenali sebagai data format number pada bilangan bulat.

Contoh : 2564, 2000, 5899 dan lain sebagainya.

Jika dilakukan pada jenis bilangan desimal, maka memerlukan karakter pemisah antara lain koma ( , ) dan atau titik ( . ).

Contoh : 2500,60 atau 2500.05 atau 2500.00 dan sebagainya

Jika dilakukan pada sebuah bilangan pecahan, maka diperlukan karakter slash atau garis miring ( / ) atau disebut dengan per.

Contoh : 1/2, 3/4, 2/5 dan lain sebagainya

Data Text (Label)


Tipe ini berisi data umum yang berisi gabungan antara huruf (A-Z / a - z), gabungan antara huruf dan angka atau alphanumeric dan karakter khusus seperti simbol ataupun tanda baca (koma, titik, garis miring dan lain-lain).

Data Tanggal (Date)

Tipe data ini digunakan untuk membuat tanggal atau kombinasi antara tanggal dan waktu. Format penulisan tanggal apabila menggunakan lokasi Indonesia dalam bentuk Tanggal, Bulan dan Tahun. Contoh :

Data Waktu (Time)

Tipe ini menampilkan data dalam bentuk jam. Format penulisan Time apabila menggunakan lokasi Indonesia, maka penulisannya dalam bentuk Jam, Menit dan Detik. Contohnya :


Formula

Yang terakhir adalah tipe data khusus untuk formula. Microshoft excel menyediakan berbagai formula yang digunakan untuk menghitung data seperti Sum, Average, Max, Min, Count dan lain sebagainya.

Demikian artikel yang bisa dibagikan oleh Sinau Thewe. Semoga bermanfaat dan jangan lupa Share dan komentarnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Type Data Excel dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel