Macam-Macam Marge Cell Beserta Fungsi dan Cara Menggunakannya

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membahas artikel tentang bagaimana menggabungkan beberapa cell menjadi satu beserta langkah-langkahnya.

Dalam membuat sebuah laporan keuangan ataupun dokumen lainnya, hal yang wajib menjadi perhatian adalah memberikan judul laporan. Cukup sepele hanya sekedar memberikan judul, namun tatkala kita tidak bisa meletakan sesuai dengan posisinya pasti akan menimbulkan masalah besar. Mungkin akan terkena marah oleh pimpinan. Jawabanya sederhana, mulailah dari memanajemen hal-hal kecil terlebih dahulu, setelah itu barulah ketingkatan yang lebih sulit. 

Fungsi Marge Cell

Marge Cell digunakan untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu, baik secara vertikal ataupun horisontal tergantung dari kebutuhan sebuah dokumen. Misalnya kita membuat sebuah Tabel Laporan Penjualan, dimana tabel tersebut terletak diantara cell B1 sampai dengan B5. Ketika kita meletakan judul di cell A1 dan kita Center / rata tengah, maka text tersebut akan berada di tengah cell A1, tidak terletak di tengah antara cell B1 sampai B5. Untuk mengatasi hal itu kita perlu menggunakan Marge Cell.

Macam-Macam Marge dan Cara Menggunakanya

A. Marge Cell


Berikut langkah-langkah menggunakan Marge Cell :
  1. Dari gambar di atas, blok cell A1 sampai C1.
  2. Kemudian klik menu Home.
  3. Pilih dan klik Marge Cell.
  4. Secara otomatis perataan text yang digunakan adalah menggunakan rata kiri / Align Left.
  5. Maka otomatis tiga cell tersebut gabung menjadi satu.
  6. Nama cell tersebut menggunakan nama cell paling awal yaitu A1.

B. Marge & Center

Langkah-langkah menggunakan Marge & Center sama persis dengan langkah-langkah Marge Cell. Hanya saja perbedaanya posisi text akan berada di tengah / Center setelah cell tersebut digabungkan.

C. Marge Across


Marge Across sedikit berbeda dengan Marge Cell ataupun Marge & Center. Marge Across digunakan jika yang akan digabungkan lebih dari satu baris judul seperti di tunjukan pada gambar di atas. Kita tidak perlu repot-repot harus menggunakan Marge Cell pada setiap barisnya. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Blok dari cell A1 sampai C3 (3 baris judul tersebut).
  2. Klik menu Home.
  3. Pilih dan klik Marge Across.
  4. Secara otomatis, tiga baris judul tersebut akan menggabungkan cell pada setiap barisnya.

D. Unmarge Cell

Fitur terakhir adalah Unmarge Cell. Fitur ini digunakan untuk membatalkan atau memisahkan kembali cell yang sudah digambungkan.


Perhatikan Video Berikut :





Demikian artikel yang bisa dibagikan Sinau Thewe. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan komentar ya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Marge Cell Beserta Fungsi dan Cara Menggunakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel