User Interface UNBK 2020 untuk Hak Akses Siswa, dan Cara Menggunakannya

Pada pembahasan kali ini Sinau Thewe akan menjelaskan tentang User interface UNBK 2020 untuk akun Peserta Didik, berikut penjelasannya :

Ujian Nasional Berbasis Komputer / UNBK adalah sebuah skema ujian yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Untuk itu, perlu beberapa hal yang wajib oleh terutama cobalah beradaptasi dengan komputer. Memahami sistem kinerja perangkat serta memahami beberapa istilah yang sering muncul selama Simulasi diantaranya adalah login, token, logout dan lain sebagainya agar tidak kaku saat menghadapi UNBK yang sebenarnya. Selain itu, jangan malas berlatih, baik secara teknis ataupun contoh soal.

User Interface UNBK 2020

Puspendik telah mengeluarkan sebuah file ujicoba tampilan antarmuka UNBK yang hanya bertujuan untuk membiasakan Peserta Didik familiar dengan tampilan UNBK nantinya. Aplikasi ini bersifat stand-alone, bukan online. Bisa digunakan pada komputer 64 bit ataupun 32bit. Tampilan halaman login UNBK 2020 ditunjukan pada gambar berikut :


Berikut penjelasan lengkap langkah-langkah menggunakan CBT UNBK :
1. Pada halaman login, Peserta Didik diharapkan untuk bisa mengisi Username dan Password sesuai dengan informasi yang ada pada kartu peserta UNBK, namun pada aplikasi ini Username menggunakan "siswa-01" dan Password menggunakan "123456*". Catatan tanda petik dihilangkan. Setelah dua komponen tersebut di isi dengan benar, kemudian klik Login .

2. Akan muncul halaman konfirmasi Data Peserta UNBK yang terdiri dari NISN, Nama Peserta, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Mapel Ujian dan Token. Untuk Token, Peserta Didik menunggu informasi dari Protor Ruang Ujian. Namun pada aplikasi kali ini Token yang digunakan adalah "SIMULASI". Setelah Data Peserta UNBK dipastikan benar dan Token sudah di input, langkah berikutnya adalah klik tombol "Mulai" seperi gambar dibawah ini :


3. Kemudian Peserta Didik diarahkan ke halaman baru yaitu Konfirmasi Test. Pada halaman ini, Peserta Didik akan mengetahui beberapa informasi yaitu Nama Tes / Mapel yang di ujikan, Status Tes, nama Mata Pelajaran, Alokasi Waktu Test, dan Jumlah Soal. Jika sudah dipastikan benar, maka klik Tombol Mulai.


4. Setelah itu Peserta Didik diarahkan ke halaman soal seperti gambar berikut :

Pada halaman ini Peserta Didik akan menjumpai beberapa fungsi diantaranya :
a. Skor Nomor berfungsi untuk menampilkan nomor soal yang sedang dikerjakan/dibuka.
b. Siswa Waktu berfungsi untuk menghitung waktu mundur dari batas maksimal waktu mengerjakan.
c. Daftar Soal digunakan untuk menampilkan seluruh nomor soal seperti gambar dibawah ini. Soal yang sudah dikerjakan akan menampilkan opsi jawaban pada pojok kanan atas soal yang telah dikerjakan. Namun jika tidak, maka pada nomor soal tersebut tidak akan menampilkan opsi jawaban soal.

d. Naskah Soal berfungsi untuk menampilkan soal yang sedang dikerjakan berdasarkan Nomor Soal.
e. Opsi Jawaban berisi lima opsi jawaban yaitu A, B, C, D, dan E. Peserta Didik dapat menjawab dengan mengklik salah satu opsi jawaban itu dengan menggunakan mouse atau bisa juga dengan menekan tombol pada keyboard.
f. Tombol Soal Sebelumnya digunakan untuk menampilkan Naskah Soal pada penomoran sebelumnya. Tombol ini bisa juga bisa diaktifkan menggunakan tombol tanda panah ke kiri pada keyboard.
g. Tombol Soal Selanjutnya digunakan untuk menampilkan naskah soal pada nomor berikutnya. Tombol ini bisa juga bisa diaktifkan menggunakan tombol tanda panah ke kanan pada keyboard.
h. Tombol Ragu-Ragu berfungsi untuk memudahkan Peserta Didik ketika masih belum yakin dalam menjawab soal. Jika tombol Ragu-Ragu diklik, maka akan ada warna orange pada nomor soal tersebut seperti ditunjukan pada gambar diatas pada nomor soal satu dan empat.
i. Jika semua soal sudah selesai dikerjakan, Peserta Didik diharapkan membuka soal terakhir karena ada satu tombol yang harus di klik yaitu tombol Selesai seperti gambar berikut :


 j. Jika muncul peringatan seperti gambar dibawah ini :


mengindikasikan bahwa ada soal yang masih dijawab dengan ragu-ragu, untuk mengatasi hal itu, selesaikan terlebih dahulu ke nomor soal tersebut kemudian hilangkan tanda centang dengan mengklik tombol Ragu-Ragu kembali.
k. Setelah semuanya dipastikan soal terjawab seluruhnya, klik tombol Selesai maka akan keluar jendela konfirmasi seperti gambar berikut :

l. Berikan tanda Centang dan kemudian klik tombol Selesai maka Peserta Didik sudah dinyatakan selesai mengerjakan proses ujian. Namun jika masih ragu, klik tombol Tidak. Setelah itu Peserta Didik akan diarahkan ke halaman logout seperti gambar dibawah :
m. Pada aplikasi ini akan menampilkan hasil jawab benar, jawaban salah dan nilai yang didapatkan, namun untuk UNBK yang sebenarnya, fasilitas tersebut tidak ditampilkan. 
n. Klik Logout maka akan diarahkan kehalaman login kembali.

Simak Video Tutorial Berikut :



Download Aplikasi Simulasi Mandiri DOWNLOAD DISINI.

Demikian artikel yang bisa dibagikan Sinau Thewe. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan jangan lupa komentarnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "User Interface UNBK 2020 untuk Hak Akses Siswa, dan Cara Menggunakannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel