Tips Mengisi dan Mengupload Surat Kesiapan Gladi Bersih UNBK 2020

Pada artikel kali ini Sinau Thewe akan membahas bagaimana mengisi dan mengupload surat kesiapan Gladi Bersih UNBK 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada akhir-akhir ini lebih memfokuskan pelaksanaan Ujian Nasional menggunakan metode komputer atau UNBK dibandingkan dengan metode tulis. Hal ini bukan berarti Satuan Pendidikan yang menerapkan Ujian Nasional berbasis kertas / pensil akan di sisihkan tetapi akan lebih memprioritaskan yang menggunakan metode UNBK. Segudang kendala yang dihadapi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempersiapkan segala sesuatunya jika menggunakan metode tulis mulai dari mempersiapkan naskah soal, proses cetak sampai dengan distribusi. Lokasi Satuan Pendidikan di daerah-daerah terpencil juga menjadi bagian tantangan lainnya.
Karena permasalahan tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai memilih dan memilah Satuan Pendidikan yang tingkat infrastrukturnya sudah memenuhi untuk bisa menggunakan metode komputerisasi atau UNBK. Syarat utamanya adalah Satuan Pendidikan haruslah mengisi Surat Kesiapan dan kemudian mengupload ke portal UNBK sebagai dasar pemetaan awal pelaksanaan UNBK.

Langkah-Langkah Mengisi Surat Kesiapan Gladi Bersih UNBK 2020

1. Kunjungi portal unbk.kemdikbud.go.id
2. Klik menu Data Sekolah
3. Terdapat tiga tab isian Data Sekolah antara lain Identitas, Tim Teknis dan Infrastruktur seperti ditunjukan pada gambar berikut :


4. Tab Identitas berisi data Jenjang, Provinsi, Kabupaten, Status Sekolah, NPSN, Kode UN, Email, Jumlah Peserta yang Ikut, Jumlah Sesi dan Status Penetapan (Mandiri / Menumpang), serta tanda cek list "Bersedia mengikuti UNBK". Pada isian data tersebut, kita tidak semuanya bisa mengisi secara manual, karena data tersebut ada yang terisi secara otomatis dari proses tarik data di Dapodik. Yang bisa kita isi secara manual pada Tab Identitas hanya Email, Jumlah Peserta yang Ikut, Jumlah Sesi dan Status Penetapan (Mandiri / Menumpang), serta tanda cek list "Bersedia mengikuti UNBK". Data tersebut disesuaikan dengan kondisi riil / sesuai kondisi sebenarnya.
5. Tab Tim Teknis di tunjukan seperti gambar dibawah ini :


Data ini berisi Nama, NIP, dan Nomor Telfon Penanggung Jawab dalam hal ini adalah Kepala Sekolah, Nama Kordinator Proktor, Email Proktor dan HP Proktor serta Nama Kordinator Teknisi, Email Teknisi dan HP Teknisi.
6. Tab Infrastruktur berisi Jumlah Server Utama, Jumlah Cadangan, Jumlah Client, Nama ISP, Nomor Pelanggan, Jenis Koneksi, Bandwidth, Satuan Bandwidth, Kontak Person ISP dan Telpon seperti ditunjukan pada gambar berikut :


7. Setelah data-data tersebut di isi, klik tombol simpan.

Langkah-Langkah Mencetak Surat Kesiapan Gladi Bersih UNBK 2020

1. Klik tombol Surat Kesiapan kemudian pilih Cetak seperti gambar berikut :


2. Akan keluar Preview Surat Kesiapan UNBK seperti gambar dibawah :


3. Klik Cetak pada pojok kiri atas kemudian akan muncul pemilihan jenis Printer yang aktif seperti gambar dibawah ini :


4. Klik tombol cetak.

Langkah-Langkah Upload Surat Kesiapan Gladi Bersih UNBK 2020

Sebelum Surat Kesiapan di upload, pastikan terlebih dahulu Surat Kesiapan tersebut telah dicetak, di tanda tangani penanggung jawab kemudian di cap menggunakan stempel satuan Pendidikan. Kemudian Surat Kesiapan tersebut di scan, nah hasil scan tersebut yang nantinya akan di upload ke portal UNBK. Berikut langkah-langkahnya :
1. Klik Surat Kesiapan kemudian pilih Upload.


2. Kemudian klik Browse untuk membuka direktori penyimpanan hasil Scan Surat Kesiapan tadi.


3. Jika sudah ditemukan, klik data tersebut kemudian klik open.
4. Dan langkah yang terakhir adalah klik tombol Upload.
5. Selesai.

Demikian artikel yang bisa dibagikan Sinau Thewe, jangan lupa share dan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mengisi dan Mengupload Surat Kesiapan Gladi Bersih UNBK 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel