Cara Menambah Server Gladi Bersih UNBK 2020

Pada artikel kali ini, Sinau Thewe akan membahasa bagaimana menambah Server untuk pelaksanaan Gladi Bersih atau UNBK 2020.

Server UNBK bukan hanya berfungsi untuk menampung data Calon Peserta UNBK tetapi juga mengelola seluruh rangkaian jalannya proses ujian berlangsung. Satu server dapat menampung kapasitas maksimal yaitu 40 Capes UNBK dan ditambah dengan 10 persen cadangan. Namun tidak semua jenis server dapat menampung itu semua karena disesuaikan dengan spesifikasi server tersebut. 
Sebelum server dapat digunakan untuk pelaksanaan ujian, server tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu di portal UNBK. Hal ini dimaksudkan agar server tersebut mendapatkan Kode Server / ID Server. Setiap server dalam Satuan Pendidikan memiliki Kode Server yang berbeda yang berfungsi untuk memudahkan dalam pembagian Capes UNBK dalam server pada tiap sesinya. Pembahasan pembagian sesi akan dibahas secara tuntas pada artikel berikutnya.

Cara Menambah Server

1. Kunjungi laman unbk.kemdikbud.go.id
2. Klik menu UNBK
3. Klik sub menu Server & Client
4. Akan keluar halaman tambah data server


5. Klik tombol tambah kemudian akan keluar jendela isian data server seperti gambar berikut :


6. Dari gambar diatas, Jenis Server terdiri dari Utama dan Cadangan. Jika ingin menambahkan untuk server utama, pilih Utama. Jumlah Client di isi jumlah komputer yang digunakan Capes UNBK untuk server tersebut. Pilihan "Digunakan Untuk" berfungsi guna menentukan penempatan server tersebut untuk 1 Ruang atau lebih. Nama Ruang digunakan untuk menentukan Nama Ruang ujian misalnya "R1" atau "Ruang 1". Jika seluruh isian data tersebut telah terisi, klik tombol Simpan.
7. Jika akan menambahkan Server Cadangan, pilih jenis Cadangan. Namun untuk server cadangan tidak bisa digunakan untuk mengisikan data seperti Server Utama. Jadi cukup memilih Jenis Server kemudian klik simpan.
8. Ulangi langkat-langkah tadi untuk menambah data server lainnya.
9. Setelah selesai, maka data server yang telah ditambahkan tadi muncul di daftar Server & Client seperti gambar dibawah ini 

10. Dari gambar diatas, kita bisa melihat Kode Server, Nama Sekolah, Jenis, Jumlah Client dan Digunakan Untuk ruang ujian serta Password CBT.

Demikian artikel yang bisa Sinau Thewe bagikan, jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan jangan lupa komentarnya ya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menambah Server Gladi Bersih UNBK 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel