Kapan Cut Off Verval Ijazah? Verval Ijazah Wajib Atau Tidak?

Cut Off Verval Ijazah - Pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan melanjutkan pembahasan seputar permasalahan Verval Ijazah dan mencoba menjawab pertanyaan yang belum sempat terjawab pada artikel sebelumnya yaitu Rangkuman Permasalahan Verval Ijazah dan Tips Mengatasinya.

Beberapa pertanyaan lanjutan yang sering ditanyakan antara lain:
  1. Kapan batas akhir Verval Ijazah?
  2. Apakah Verval Ijazah untuk PNS dan non PNS?
  3. Apakah Verval Ijazah wajib dilakukan?
  4. Yang di verval apakah Ijazah D2, D3, S1, S2 atau S3-nya?
  5. Apakah Verval Ijazah untuk Guru dan Tenaga Kependidikan?
  6. Jika sudah sertifikasi atau inpassing. apakah harus melakukan Verval Ijazah?


Dari sekian banyak pertanyaan diatas, Sinau-Thewe.com akan mencoba menjawab berdasarkan literasi dari berbagai sumber, baik teks, video maupun media sosial.

1. Kapan Batas Akhir Verval Ijazah?

Cut Off atau batas akhir Verval Ijazah adalah bulan Desember Tahun 2020 atau sebelum tanggal 15 Desember 2020.


2. Apakah Verval Ijazah Untuk PNS dan non PNS?

Verval Ijazah hanya diperuntukan bagi Guru dan Kepala Sekolah non PNS. Mengapa demikian? Karena tujuan utama dari Verval Ijazah adalah sebagai proses seleksi PPPK.

3. Apakah Verval Ijazah Wajib dilakukan?

Verval Ijazah tidak wajib dilakukan, hanya saja jangan sampai disepelekan. Jadi tidak ada unsur keharusan untuk melakukan Verval Ijazah, tetapi sebaiknya dilakukan agar nantinya apabila ada kebijakan baru terkait dengan hasil Verval Ijazah, Guru / PTK tidak perlu melakukan verval kembali.

4. Yang di Verval Apakah Ijazah D2, D3, S1, S2 atau S3-nya?

Ijazah yang harus di lakukan verval adalah S1 karena basic seorang guru adalah S1. Bagaimana jika sudah pernah melakukan Verval Ijazah tetapi yang di verval adalah Ijazah selain S1? Bisa dilakukan verval kembali, silahkan simak Cara Edit Verval Ijazah di InfoGTK.

5. Apakah Verval Ijazah untuk Guru dan Tenaga Kependidikan?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah sama dengan jawaban dari pertanyaan nomor dua diatas, yaitu Verval Ijazah digunakan untuk Guru dan bukan untuk Tenaga Kependidikan.

6. Jika Sudah Sertifikasi atau Inpassing, Apakah Harus Melakukan Verval Ijazah?

Khusus untuk pertanyaan ini biasanya berhubungan dengan kondisi, misalnya karena faktor umur atau kenyamanan yang sudah didapatkan oleh Guru yang bersangkutan pada saat ini. Pada intinya, Verval Ijazah itu sifatnya tidak wajib dilakukan, jadi apabila ada Guru yang tidak ingin melakukan Verval Ijazah ya tidak apa-apa, itu bagian dari hak Guru. 

Bagaimana cara Verval Ijazah? Silahkan simak Cara Verval Ijazah S1/D4 di InfoGTK

Berikut Video Tutorial Cara Edit Verval Ijazah



Demikian informasi tentang Kapan Cut Off Verval Ijazah? Verval Ijazah Wajib Atau Tidak? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini dan apabila ingin mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan tentang informasi / artikel / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "Kapan Cut Off Verval Ijazah? Verval Ijazah Wajib Atau Tidak? "

  1. Pak mengapa saya tidak bisa verval Izasah ?
    Ketika mau keserver katanya Bukan Delilah induk?
    Mohon penjelasanya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Pak, apakah verval ini juga untuk menjaring para guru yg bukan dari kependidikan? Karna ketika kami jadi guru 14 tahun lalu dipersyaratkan bisa mengajar ketika memiliki akta 4..

    ReplyDelete
  3. Pak apakah verval ijasah itu bisa untuk ops merangkap guru? karna sya punya tidak bisa msuk ke sso. datadik. kemdikbud. mhon bntuanny pak

    ReplyDelete
  4. Izin bertanya Pak, setelah sukses melakukan verval kemudian tahapan apa lagi yang kita lakukan setelahnya dalam proses seleksi P3K ini? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara hanya sebatas verval dulu kak. Wait & see aja

      Delete
  5. kak...saya udah sudah verval ijasah..tapi no ijasah tidak tersimpan..lalu saya buka perbaikan hasil verval..data saya jadi kosong...dan saya di suruh verval kembali..ini gimana..pusing kk

    ReplyDelete
  6. Yang sudah lulus P3K, apakah boleh verval ijazah atau tidak?

    ReplyDelete
  7. Pak saya sudah verval 1 kali. Kemudian seminggu setelah verv muncul kembali diperintahkan verval lagi. Itu bagaimana ya? Apa harus verval lagi ???
    Apa cukup sekali . Dan mohon bantuannya itu biasanya kenapa ya?

    ReplyDelete
  8. Pak apa alasannya ijazah D2 tdk bisa di verval??Apakah ijazah D2 tdk terdata di kemendikti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan seperti itu kak, sesuai petunjuk yg ada bahwa Verval Ijazah digunakan utk seleksi PPPK. Sedangkan regulasi yg ada bahwa sebagai guru minimal pendidikan adalah S1. Jadi yg di Verval adalah S1-nya. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak ya

      Delete
  9. Saya ingin bertanya, data di Info GtK saya lulusan kampus A, tapi saya adalah lulusan kampus B bukan lulusan kampus A, jika data di apotik keliru dimasukan oleh operator, apakah saya boleh verval ijazah?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel