Kapan Cut Off Verval Ijazah? Verval Ijazah Wajib Atau Tidak?

Cut Off Verval Ijazah - Pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan melanjutkan pembahasan seputar permasalahan Verval Ijazah dan mencoba menjawab pertanyaan yang belum sempat terjawab pada artikel sebelumnya yaitu Rangkuman Permasalahan Verval Ijazah dan Tips Mengatasinya.

Beberapa pertanyaan lanjutan yang sering ditanyakan antara lain:
  1. Kapan batas akhir Verval Ijazah?
  2. Apakah Verval Ijazah untuk PNS dan non PNS?
  3. Apakah Verval Ijazah wajib dilakukan?
  4. Yang di verval apakah Ijazah D2, D3, S1, S2 atau S3-nya?
  5. Apakah Verval Ijazah untuk Guru dan Tenaga Kependidikan?
  6. Jika sudah sertifikasi atau inpassing. apakah harus melakukan Verval Ijazah?


Dari sekian banyak pertanyaan diatas, Sinau-Thewe.com akan mencoba menjawab berdasarkan literasi dari berbagai sumber, baik teks, video maupun media sosial.

1. Kapan Batas Akhir Verval Ijazah?

Cut Off atau batas akhir Verval Ijazah adalah bulan Desember Tahun 2020 atau sebelum tanggal 15 Desember 2020.


2. Apakah Verval Ijazah Untuk PNS dan non PNS?

Verval Ijazah hanya diperuntukan bagi Guru dan Kepala Sekolah non PNS. Mengapa demikian? Karena tujuan utama dari Verval Ijazah adalah sebagai proses seleksi PPPK.

3. Apakah Verval Ijazah Wajib dilakukan?

Verval Ijazah tidak wajib dilakukan, hanya saja jangan sampai disepelekan. Jadi tidak ada unsur keharusan untuk melakukan Verval Ijazah, tetapi sebaiknya dilakukan agar nantinya apabila ada kebijakan baru terkait dengan hasil Verval Ijazah, Guru / PTK tidak perlu melakukan verval kembali.

4. Yang di Verval Apakah Ijazah D2, D3, S1, S2 atau S3-nya?

Ijazah yang harus di lakukan verval adalah S1 karena basic seorang guru adalah S1. Bagaimana jika sudah pernah melakukan Verval Ijazah tetapi yang di verval adalah Ijazah selain S1? Bisa dilakukan verval kembali, silahkan simak Cara Edit Verval Ijazah di InfoGTK.

5. Apakah Verval Ijazah untuk Guru dan Tenaga Kependidikan?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah sama dengan jawaban dari pertanyaan nomor dua diatas, yaitu Verval Ijazah digunakan untuk Guru dan bukan untuk Tenaga Kependidikan.

6. Jika Sudah Sertifikasi atau Inpassing, Apakah Harus Melakukan Verval Ijazah?

Khusus untuk pertanyaan ini biasanya berhubungan dengan kondisi, misalnya karena faktor umur atau kenyamanan yang sudah didapatkan oleh Guru yang bersangkutan pada saat ini. Pada intinya, Verval Ijazah itu sifatnya tidak wajib dilakukan, jadi apabila ada Guru yang tidak ingin melakukan Verval Ijazah ya tidak apa-apa, itu bagian dari hak Guru. 

Bagaimana cara Verval Ijazah? Silahkan simak Cara Verval Ijazah S1/D4 di InfoGTK

Berikut Video Tutorial Cara Edit Verval Ijazah



Demikian informasi tentang Kapan Cut Off Verval Ijazah? Verval Ijazah Wajib Atau Tidak? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini dan apabila ingin mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan tentang informasi / artikel / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

71 Responses to "Kapan Cut Off Verval Ijazah? Verval Ijazah Wajib Atau Tidak? "

  1. Pak mengapa saya tidak bisa verval Izasah ?
    Ketika mau keserver katanya Bukan Delilah induk?
    Mohon penjelasanya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Pak, apakah verval ini juga untuk menjaring para guru yg bukan dari kependidikan? Karna ketika kami jadi guru 14 tahun lalu dipersyaratkan bisa mengajar ketika memiliki akta 4..

    ReplyDelete
  3. Pak apakah verval ijasah itu bisa untuk ops merangkap guru? karna sya punya tidak bisa msuk ke sso. datadik. kemdikbud. mhon bntuanny pak

    ReplyDelete
  4. Izin bertanya Pak, setelah sukses melakukan verval kemudian tahapan apa lagi yang kita lakukan setelahnya dalam proses seleksi P3K ini? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara hanya sebatas verval dulu kak. Wait & see aja

      Delete
    2. Apakah bisa mengikuti seleksi PPPK apabila sampai bulan Januari 2021 verval Ijazah masih menunggu proses pemeriksaan operator Pusat?mohon informasinya.

      Delete
  5. kak...saya udah sudah verval ijasah..tapi no ijasah tidak tersimpan..lalu saya buka perbaikan hasil verval..data saya jadi kosong...dan saya di suruh verval kembali..ini gimana..pusing kk

    ReplyDelete
  6. Yang sudah lulus P3K, apakah boleh verval ijazah atau tidak?

    ReplyDelete
  7. Pak saya sudah verval 1 kali. Kemudian seminggu setelah verv muncul kembali diperintahkan verval lagi. Itu bagaimana ya? Apa harus verval lagi ???
    Apa cukup sekali . Dan mohon bantuannya itu biasanya kenapa ya?

    ReplyDelete
  8. Pak apa alasannya ijazah D2 tdk bisa di verval??Apakah ijazah D2 tdk terdata di kemendikti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan seperti itu kak, sesuai petunjuk yg ada bahwa Verval Ijazah digunakan utk seleksi PPPK. Sedangkan regulasi yg ada bahwa sebagai guru minimal pendidikan adalah S1. Jadi yg di Verval adalah S1-nya. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak ya

      Delete
  9. Saya ingin bertanya, data di Info GtK saya lulusan kampus A, tapi saya adalah lulusan kampus B bukan lulusan kampus A, jika data di apotik keliru dimasukan oleh operator, apakah saya boleh verval ijazah?

    ReplyDelete
  10. Mau bertanya misalnya sekarang verval menggunakan ijazah jurusan lain, dan bulan februari baru dapat ijazah terbaru. Apakah bisa dirubah diverval ijazah? Walaupun Waktunya sudah habis

    ReplyDelete
  11. Pak saya dah verval ijazah ...tapi pada nama yang tercantum ad ketidaksamaan nama saya dah edit tapi gak bisa...karena itu langsung tertulis. kemungkinan dulu kampus belum mellakukan apdate data. Apa saya hrs ke kampus dimana saya kuliah dulu?mohon pencerahannya. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kasus dengan saya. Tapi saya udah mendatangi kampus untuk perbaikan data. tunggu kurang lebih satu bulan, data itu akan diperbaiki oleh PDDIKTI kata pihak kampus. Jadi saya harus verval apa adanya dulu.

      Delete
    2. Saya juga sama waktu verval namanya kurang 1 huruf di belakang. Setelah saya minta perbaikan data di kampus saya dan lama baru tgl 21 januari 2021 nama saya berubah. Nah sekarang saya mau verval ulang sudah ngk bisa. Jadi nama di dapodik sama nama di verval ijazah tidak sama cuma kurang 1 huruf i aja. Hadewh.... pusing lah yaooooo

      Delete
  12. Pak saya mau verval ijazah tpi gk bisa katanya blom terscan

    ReplyDelete
  13. Sdh verval disimpan tp ada keterangan belum lulus kenapa ya.mhn solusinya..

    ReplyDelete
  14. Bagaimana kalau Perguruan Tingginya sudah tutup??
    Bagaimana caranya jika data kita tidak dionlinekan perguruan tinggi ke Dikti???

    ReplyDelete
  15. sama dgn pertanyaan sy nih...

    ReplyDelete
  16. saya sudah sertifikasi, jadi verval ijazah gak wajib ya, dan tetap bisa ikut PPPK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sm dgn pertanyaan sy...
      Krn ktnya verval ijazah sdh tutup Desember jd sy mw nanya jg:
      Apakah yg sdh punya serdik tdk verval ijazah boleh ikut p3k...???

      Mohon infonya πŸ™

      Delete
    2. Verval Ijazah sbg tanda seleksi awal kak. hehe kalo blm verval, coba aja skrg, siapa tahu masih bisa

      Delete
  17. Apakah yg sdh sertifikasi masih bisa verval ijasah

    ReplyDelete
  18. Ass,,mb Saya pny ijazah D2 sementara S1 masih dlm perkuliahan. Yg ingin saya tanyakan apakh saya bisa ikut verval seleksi pppk atau setelah mendapat ijazah S1 saya masih ada kesempatan u verval pppk mohon pencerahannya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan aturan yang ada, bahwa guru harus memiliki pendidikan minimal S1,jadi mungkin menunggu ijazah S1nya jadi dulu kak. hehehe semoga menjawab pertanyaan kakak

      Delete
  19. Ijazah saya ada data yg salah shg muncul surat keterangan
    Pertanyaannya bgm cara vervalnya pak..trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Scan keduanya kak, lalu unggah di verval ijazah

      Delete
  20. Di dapodik jenis ptk saya guru kelas SD. Ijazah saya S1 pendidikan teknik informatika dan komputer..apakah saya bisa verval ijazah ?? dan bisa kah ikut tes P3K ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, yg di Verval disesuaikan dengan jurusan yang ada Formasi

      Delete
  21. Apakah setelah verval ijazah wajib sinkron dapodik lagi pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya cek terlebih dahulu Riwayat Pendidikan telah sesuai dengan Verval dan lakukan sinkron kak

      Delete
  22. Setelah verval ijazah harus sinkron dapo lagi kah pak??πŸ™

    ReplyDelete
  23. ijzah di dapodk S1 saya penddkan bahsa dan sastra,akhir bulan ini ijzah pgpaud saya baru keluar...apakah saya masih bisa verfal ijazah kembali min?

    ReplyDelete
  24. Pak....
    kalau sudah verval brarti tinggal menunggu....jadwal pendaftaran pppk ya?

    ReplyDelete
  25. Apakah di akhir bulan ini tidak bisa lakukan perbaikan verval ijazah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mekanisme edit Verval Ijazah sekarang berbeda kak, kalo sekarang bisa dengan melakukan Verval Ulang, pasca itu tinggal pantau persetujuan dari Admin Pusat

      Delete
  26. Apa tidak ada perpanjang waktu verval ijazah nya ?
    Saya coba masuk verval perbaiki data verval tapi tidak bisa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Verval Ijazah sudah diputuskan maksimal sebelum tgl 31 Desember 2020 kak, jadi masih ada waktu. Terus utk saat ini tidak bisa mengedit data Verval, adanya melakukan verval ulang kak

      Delete
    2. Saya sudah verval hari ini 20 desember.. dan ternyata ada kesalahan data di nama saya. apakah bisa diperbaiki datanya dahulu di kampus, kemudian baru saya perbaiki data? Masih bisa gak ya min, mohon pencerahannya, trims

      Delete
  27. Pak kenapa verval ijazah tidak di perpanjananh sampai akhir desember . Berhubung sinyal di daerah kurang memadai

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe itu sudah ketetapan pemerintah kak, utk seleksi PPPK dilaksanakan dari tahun 2021 sampai 2024

      Delete
    2. Kesalahan nama pada verval.. kalau perbaikan data ke kampus, memakan waktu berpa lama nggeh untuk data itu diperbaiki? Trimakasih min

      Delete
  28. Min selamat mlm, saya sudah verval ijazah dari 1bln yang lalu,tapi kenapa sekarang malah ada disuruh verval kembali, apakah karena ada kesalahan dari yang kemarin(tapi tidak ada pemberitahuan apaa2 mengenai kesalahan)? Atau sistemnya masih bermasalah? Dan kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan oleh operator pusat untuk melakukan verifikasi datanya soalnya sudah sy melakukan verval kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hasil Verval yang dulu hilang, dan muncul popup Verval lagi, diulangi kak. Cm ngga paham soal kapan approval Operator Pusatnya kapan

      Delete
  29. Selamat pagi pak. Saya mau perbaiki data hasil verval, dan sudah tekan tombol perbaikan hasil validasi. Tetapi yang keluar selalu hasil akhir verval. Yang mau saya tanyakan, apakah data saya sebelumnya hilang pak karena menekan tombol perbaikan hasil validasi atau dengan kata lain statusny belum verval? Terima kasih...

    ReplyDelete
  30. Asslammualikum.wr wb
    Halo kak admin, saya Lulusan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan S2 Pendidikan Agama Islam, Saya mengajar Mapel Pendidikan Agama Islam di SMP, linier saya dengan mapel yang saya ajar adalah S2 saya, apakah untuk verval ijazah di GTK juga harus ijazah S1? Minta bantuan solusinyaπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  31. Assalamu'alaikum. pak saya mau tanya sampai saat ini saya sudah verval ijazah
    di info gtk tapi sampai saat ini status saya masih menunggu pemeriksaan dari pusat karna metode verval saya pakai aploud. batas akhir verval kan sampai akhir desember. la bila status verval saya masih tetap menunggu pemeriksaan pusat apakah selanjutka saya tetep bisa mengukuti p3k? mohon balasanya dan apa yang harus saya lakukan selanjutnya. trimakasih banyak.

    ReplyDelete
  32. saya sudah verval ijazah tapi D3 dikarenakan ijazah S1 baru diterima Januari, apakah bisa verval lagi walaupun waktunya sudah habis?

    ReplyDelete
  33. saya sudah verval ijazah tapi D3 dikarenakan ijazah S1 baru diterima Januari, apakah bisa verval lagi walaupun waktunya sudah habis?

    ReplyDelete
  34. Mhon maaf kak sya sudah verval tgl 14 nopember tapi tadi siang sya buka info GTK ada keterangan suruh verval lagi lalu sya klik verval nah tapi status verval masih menunggu admin verval. nah yg sy tanyakan apakah verval yg 14 nopember apa yg hari ini tgl 2 januari 2021 mhon penjelasana

    ReplyDelete
  35. Yg dianggap adalah Verval terakhir kak, berarti tgl 2 januari, tunggu aja hasil vervalnya

    ReplyDelete
  36. Taya donk gmn klu asilx belum vervalnya blm keluar mengungu operator pusat padahal sdh sama verval bahkan semua sdh sesuai

    ReplyDelete
  37. Pak...
    Saya udh verval ijazah tapi data tidak ditemukan ,th ijazah saya 1999,jika th ijazah diatas 2003 lapor kekampus yg bersangkutan,saya udah lapor ternyata pihak kampus juga ga bisa masukin data juga...
    Mohon solusinya ...

    ReplyDelete
  38. pak bagai mana kalau tertinggal belum verval ijazah untuk persyaratan seleksi PPPK apakah ada perpanjangan waktu verval ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dilihat dari jadwal yang ada, bulan Desember sebagai batas Verval Ijazah, tapi kalo skrg masih bisa dilakukan Verval, ngga papa di verval saja kak,

      Delete
  39. Maaf Pak, saya belum verval ijazah sampai hari ini, data saya ada di dapodik. Apakah saya bisa mengikuti pendaftaran PPPK nanti Pak ?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, di Verval saja sebelum akhir bulan Januari 2021. Verval sbg langkah awal Seleksi PPPK

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Maaf Pak, berdasarkan data di dapodik, saya belum memiliki NUPTK. Apakah PPPK hanya untuk honorer yang sudah memiliki NUPTK ? Apa Syarat lengkap pendaftaran PPPK Pak ? Saya honorer dari 2017. Mohon penjelasannya Pak.
    Terimakasih Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NUPTK bukan menjadi syarat wajib / mutlak kak. Yang ptg sudah verval ijazah. Terkait pendaftaran PPPK belum ada informasi teknis dan sampai saat ini belum di buka.

      Delete
  42. assalam alaikum, pak ..
    gimana jika terdftar di dapodik sebagai tendik dr tahun 2017 tapi ijsah S1 Pgsd,
    sebelumnya Guru kelas 2006-2016..
    Apa bisa ikut PPPK, walau tdk bisa verval ijasah ??

    ReplyDelete
  43. Assalaamualaikum pak.....saya mau bertanya, suami saya tadinya guru swasta bersertifikasi, sekarang sudah 3 tahun tidak mengajar, apakah masih bisa ikut PPPK karena memiliki serdik? bagaimana cara verval ijazahnya sedangkan suami sudah tidak terdaftar di dapodik maupun info gtk??

    ReplyDelete
  44. Selamat Pagi.
    Pak/Bu saya mau bertanya, saya dulu pernah verval ijasah di info GTK, nah saat itu pernah saya Klik Perbaikan Akun Validas dan tidak ada perubahan apapun,, baru hari ini saya buka kembali akun GTK saya dan ternyata data Validasi saya dulu terhapus semua dan saya di nyatakan belum validasi, mohon masukan dan juga solusinya agar saya bisa ikut seleksi PPPK th 2021..
    Terimakasih πŸ™πŸ½

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan informasi yg ada bahwa batas waktu verval ijazah adalah akhir januari 2021 kak, tapi siapa tahu skrg sistemnya masih on, jadi saran saya dicoba verval saja kak dan semoga bisa ikut seleksi PPPK 2021.

      Delete
  45. selamat pagi pak , saya mau tanya , nama saya berbeda di ijazah sama di verval ijazah , sedangkan mau perbaiki tidak bisa , padahal sudah saya klik perbaiki hasil validasinya , itu kek mna pak , apakah ada solusi lainnya .. mohon bantuannya ...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel