Bagaimana Cara Cek Progres Pengiriman PMP EDS Offline Versi 2020.02.07?

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan menjelaskan bagaimana cara memastikan PMP Offline Versi 2020.02.07 terkirim dan cara melihat progres pengirimannya, berikut penjelasan lengkapnya:

Cara Cek Progres Pengiriman PMP EDS Offline 2020.02.07


Sinkron PMP Offline menggunakan versi 2020.02.07 dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan, tentunya bertujuan untuk mengurangi gagal sinkron. Nah, setelah berhasil sinkron, apakah kita bisa langsung cek hasil pengiriman? Tidak! Kita bisa melihat hasil pengiriman melalui proses sinkron membutuhkan waktu seminimal minimalnya 3x24 jam agar data 8 Standar Pendidikan yang ada terbaca oleh Server PMP. Kemudian lakukan sinkronisasi kembali untuk melengkapi data yang ada. 

Berikut langkah-langkahnya :

1. Kunjungi laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2. Kemudian klik Tab Menu Progres Data
3. Akan terbuka jendela baru dengan laman http://118.98.166.82:2019/progres-pengiriman
4. Pilihan data Tahun Pendataan digunakan untuk menampilkan progres pengiriman pada tahun pilihan, pastikan kita memilih Tahun Pendataan 2019 seperti gambar dibawah ini :


5. Kemudian akan menampilkan seluruh data wilayah (Provinsi) yang di urutkan dari persentase jumlah pengirim terbesar hingga jumlah pengiriman terkecil yang terdiri dari Jenjang Pendidikan SD Sederajat, SMP Sederajat, dan SMA Sederajat seperti gambar berikut ini :


6. Double klik salah satu Provinsi untuk membuka data rinciannya.
7. Kemudian akan terbuka data seluruh Satuan Pendidikan pada setiap Kabupaten seperti gambar berikut :


8. Double klik salah satu Kabupaten untuk membuka rincian datanya.
9. Kemudian akan terbuka data seluruh Satuan Pendidikan pada setiap Kecamatan seperti gambar berikut :


10. Langkah berikutnya adalah double klik salah satu Kecamatan maka akan ditampilkan seluruh Satuan Pendidikan yang di urutkan dari Jenjang SD, SMA, SMK dan SMP seperti gambar berikut ini :


11. Pada kolom Status Kirim apabila berisi data ( - ) berarti Satuan Pendidikan tersebut belum mengirimkan EDS-nya. Namun jika Status Kirim ( Sudah Terkirim ) diartikan bahwa Satuan Pendidikan tersebut telah melakukan sinkronisasi.
12. Pada kolom Status Rapor Mutu jika isian datanya ( Belum Hitung ) namun pada Status Kirim ( Sudah Terkirim ) maksudnya Satuan Pendidikan sudah melakukan sinkronisasi tetapi tidak melakukan proses Hitung Rapor Mutu. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup buka Aplikasi PMP EDS Offline Versi 2020.02.07 kemudian klik menu Rapor Mutu lalu klik sub menu Hitung Rapor Mutu seperti gambar dibawah ini :


Kemudian klik tombol Hitung Rapor Mutu Sekolah


13. Pada kolom Progres apabila isian datanya berisi "Belum Verval" maksudnya adalah progres pengiriman EDS belum divalidasi pengawas, jadi diharapkan pada Satuan Pendidikan setelah berhasil melakukan sinkronisasi untuk bisa berkomunikasi dengan Pengawas Wilayah Satuan Pendidikan masing-masing agar proses hitung PMP selesai.

Untuk Lebih Lengkapnya, Lihat Video Tutorial Berikut 



Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Cek Progres Pengiriman PMP EDS Offline Versi 2020.02.07?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel