Cara Mengatasi Registrasi IP Tidak Berhasil di Exambro Client

Artikel kali ini Sinau Thewe akan sedikit menjelaskan bagaimana cara mengatasi registrasi IP tidak berbasil pada Exambro Clien UNBK 2020, berikut penjelasannya :


Faktor Registrasi IP Tidak Berhasil


Pernahkah rekan-rekan mengalami hal ini? Kalo penulis sih sudah sering hehehe... Yang jelas masalahnya cuma satu, yaitu tidak bisa terkoneksi dengan server. Nah, tinggal kita cari satu-satu penyebab masalahnya, lalu cari solusinya. Beberapa hal yang sering menyebabkan hal ini terjadi antara lain :
1. Virtual Machine (VM) belum di jalankan di komputer server.
2. Keliru memilih adapter pada VM.
3. Belum memberikan IP Address pada komputer client.
4. Kabel LAN belum terpasang pada komputer client.
5. Connector RG-45 pada komputer client rusak
Dan masih banyak lagi faktor lainnya seperti virus. Nah dari sekian banyak penyebab, kita bahas satu persatu dengan langkah-langkah yang berbeda.

Langkah-Langkah Mengatasi Registrasi IP Addres Tidak Berhasil di Exambro Client

A. Virtual Machine (VM) belum di jalankan di komputer server.

Untuk menguji coba sistem UNBK baik server dan client seharusnya kita siapkan terlebih dahulu kondisi server, baik kondisi hardware maupun kondisi software. Jika sudah dinyatakan memungkinkan untuk menampung client, barulah kita siapkan komputer client. Jangan sampai keliru, setting client baru server hehehe

B. Keliru memilih adapter pada Virtual Machine

Saat mengonfigurasikan VHD dengan Virtual Machine atau VBox, pada menu Network kita di wajibkan memilih jenis Adapter yang terkoneksi dengan Client maupun ke internet. Pemilihan Adapter tersebut juga jangan sampai terbalik, efeknya CBTSync tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Perhatikan gambar berikut :


Adapter 1 berfungsi untuk memilih Adapter yang terhubung dengan client. Cara memilihnya adalah dengan centang pada pilihan Enable Network Adapter, sedangkan Attached to pilih Bridged Adaptor. Kemudian pada bagian Name pilih Adapter yang terkoneksi dengan Client. Kemudian pada Adapter 2, Attached to pilih NAT seperti gambar dibawah ini kemudian klik ok.



C. Belum memberikan IP Address pada komputer client.

Lupa adalah faktor utama penyebab ini, ya mungkin karena saking banyaknya komputer client yang harus disiapkan. Berikut cara memberikan IP Address pada PC Client :
1. Buka Control Panel
2. Klik Network and Internet
3. Klik Network and Sharing Senter
4. Kemudian klik Change Adapter Setting
5. Klik kanan pada Ethernet kemudian klik Properties 


6. Double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)


7. Klik Use the folowing IP address kemudian masukan alamat IPnya misalnya seperti gambar dibawah. Angka "1" pada IP Address bisa diurutkan dari nomor komputer yang digunakan.


8. Klik ok.
9. Kemudian coba jalankan kembali Exambro Cliennya.

D. Kabel LAN belum terpasang pada komputer client.

Kalo permasalahannya cuma ini, solusinya ya tinggal dipasang kabel LAN pada LAN Card komputer clientnya, beres.

E. Connector RG-45 pada komputer client rusak

Ini yang paling sering terjadi, meskipun tidak kita sadari kali RG-45 sudah rusak. Mungkin karena RG-45 yang dipakai sudah terlalu lama, jadi membutuhkan peremajaan dengan mengganti RG-45 yang baru. Susunan pengkabelan disesuaikan dengan jaringan yang ada, terbaliknya susunan pengkabelan juga tidak akan menyelesaikan masalah, namun akan menambah masalah. Usahakan juga pakai RG-45 yang agak ber-merk, mengapa demikian? Ya panduan saya seperti istilah orang jawa "Rego Gowo Rupo" maksudnya, harga mahal pasti mempunyai kualitas yang lebih hehehe.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Registrasi IP Tidak Berhasil di Exambro Client"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel