Membuat Huruf Kecil Menjadi Besar atau Sebaliknya di Excel

Artikel kali ini Sinau Thewe akan membahas bagaimana mengubah huruf atau text menjadi huruf kapital atau menjadi huruf kecil, berikut penjelasannya:

Pentingnya Mengubah Huruf Kecil Menjadi Besar atau Sebaliknya di Excel


Membuat laporan keuangan atau dokumen perkantoran tidak akan indah apabila kita sebagai pengguna kurang memperhatikan besar kecilnya huruf. Terkadang sebuah dokumen yang sudah jadi pun tak luput dari proses editing atau perubahan. Kalau perubahan tersebut hanya sedikit mungkin kita tidak terlalu repot, namun jika dokumen yang harus di edit jumlahnya banyak tentu akan menguras banyak tenaga dan waktu. 
Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Microshoft Excel bisa mengubah huruf kecil menjadi huruf besar atau sebaliknya? Jelas bisa. Meskipun fitur Change Case di Microshoft Excel tidak ditampilkan seperti halnya di Microshoft Word, kecuali menggunakan add-in tambahan. Nah sekarang bagaimana caranya untuk mengatasi jika tidak ada clipboard Change Case di Excel? Formula jawabannya. Tapi jangan berfikiran negatif dulu jika mendengar istilah formula, karena tidak semuanya sulit untuk dilakukan. Ada beberapa formula yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah besar kecilnya huruf seperti Upper, Lower, Proper. 

A. Upper

Formula ini digunakan untuk mengubah huruf menjadi huruf kapital yang dicontohkan pada sebuah gambar tabel dibawah ini.



Dari gambar tersebut, misalnya Nama Siswa yang terletak pada kolom B akan kita ubah menjadi huruf kapital pada kolom C maka penulisan sintaks pada tiga baris data tersebut adalah sebagai berikut :
1. =UPPER(B2) 
2. =UPPER(B3)
3. =UPPER(B4)

B. Lower

Formula ini digunakan untuk mengubah huruf menjadi huruf kecil seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini


Dari gambar tersebut, misalnya Nama Siswa yang terletak pada kolom B akan kita ubah menjadi huruf kecil pada kolom C maka penulisan sintaks pada tiga baris data tersebut adalah sebagai berikut :
1. =LOWER(B2) 
2. =LOWER(B3)
3. =LOWER(B4)

C. Proper

Formula ini digunakan untuk mengubah huruf pertama pada sebuah kata menjadi huruf kapital yang di ikuti huruf kecil seperti gambar dibawah ini :


Dari gambar tersebut, maka penulisan sintaks pada tiga baris data tersebut yang terletak pada kolom C adalah sebagai berikut :
1. =PROPER(B2) 
2. =PROPER(B3)

3. =PROPER(B4)

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Huruf Kecil Menjadi Besar atau Sebaliknya di Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel