Fungsi COUNTIF dan Cara Menggunakan di Excel

Pada artikel kali ini Sinau Thewe akan membahas fungsi COUNTIF dan cara menggunakannya pada sebuah tabel di Excel, berikut penjelasan lengkapnya :

Fungsi COUNTIF


Fungsi COUNTIF hampir sama dengan fungsi COUNT, namun perbedaannya adalah fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah Cell yang berisi data sesuai dengan kriteria tertentu. Misalnya kita akan menghitung suatu Range yang berisi teks "Jakarta". Berikut sintaks penulisan COUNTIF :

=COUNTIF(Range; Criteria)

Range berisi beberapa Cell yang akan dihitung. Range ini bisa berisi angka atau nama range, array atau referensi yang berisi angka.

Criteria merupakan salah satu syarat atau kriteria dari Range. Criteria dapat berupa angka, ekspresi logika, referensi cell, atau string teks.


Langkah-Langkah Menggunakan COUNTIF


Perhatikan tabel berikut ini :



Contoh penerapan rumus dan penjelasannya :
a. =COUNTIF(A2:A4,"Salak")
Rumus tersebut digunakan untuk menghitung jumlah Cell yang berisi teks "Salak" pada range A2 hingga A4. Maka hasilnya adalah 1.

b. =COUNTIF(A2:A4,A2)
Rumus tersebut digunakan untuk menghitung jumlah Cell yang berisi teks "Apel" yang terletak pada Cell A2 berdasarkan range A2 hingga A5. Hasilnya adalah 1.

c. =COUNTIF(A2:A4,A2)+COUNTIF(A2:A5,A3)
Rumus tersebut digunakan untuk menghitung jumlah teks "Apel" yang terletak pada Cell A2 dan jeruk "Salak" yang terletak pada Cell A3 berdasarkan range A2 hingga A5. Hasilnya adalah 2.

d. =COUNTIF(B2:B4,">52")
Rumus tersebut digunkanan untuk menghitung jumlah Cell dengan nilai yang lebih besar dari 55 dari range B2 sampai B4. Hasilnya adalah 2.

e. =COUNTIF(B2:B4,"<>"&B2)
Rumus tersebut digunakan untuk menghitung jumlah Cell dengan nilai yang tidak sama dengan 32 yang terletak pada Cell B2 pada range B2 sampai B5. Hasilnya adalah 2.

f. =COUNTIF(B2:B4,">=32")-COUNTIF(B2:B4,">75")
Rumus tersbut digunakan untuk menghitung jumlah Cell dengan nilai lebih besar dari (>) atau sama dengan (=) 32 dan kurang dari (<) atau sama dengan (=) 75 pada range B2 sampai B4. Hasilnya adalah 3.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi COUNTIF dan Cara Menggunakan di Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel