Tips Meningkatkan Kinerja Virtual Machines UNBK 2020

Artikel kali ini Sinau Thewe akan sedikit membagikan trik meningkatkan kinerja Virtual Machines UNBK 2020, berikut penjelasannya :

Lancar tanpa kendala saat UNBK menjadi impian seluruh Satuan Pendidikan. Bahkan Satuan Pendidikan dengan rela membeli perangkat server yang harganya fantastis hanya untuk mengamankan UNBK. Tetapi apa perlu seperti itu? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Yang pasti bukan soal mampu atau tidaknya membeli perangkat UNBK, tapi bagaimana memanajemen perangkat yang ada.

Tips Meningkatkan Kinerja Virtual Machines UNBK 2020

Berikut beberapa tipsnya :

1. Lebih Memilih SSD Dibanding HDD

Dilihat dari segi fisik, SSD lebih kecil dibanding dengan SSD, selain itu SSD juga lebih ringan. Namun dari besarnya kapasitas penyimpanan, SSD lebih kecil dibandingkan dengan HDD. Dan yang pasti harga lebih mahal. Meskipun demikian, dari sistem kinerja, kecepatan baca dan tulis data, SSD lah jagonya. Jika penulis diminta untuk memilih HDD dengan kapasitas 2TB dengan 250Gb SSD, penulis lebih memilih SSD dengan alasan yang sudah disebutkan tadi.

2. Tambahkan Alokasi Memory Pada Virtual Machines


Mengalokasikan memory secara bijak pada Virtual Machines juga menjadi komponen wajib dalam UNBK. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi masalah seperti bluescreen dan lain sebagainya. Kapasitas minimal memory pada server UNBK adalah 8Gb. Jika dilihat dari gambar diatas, dalam satu server memiliki memory dengan kapasitas 16Gb, kita bisa memanajemen memory hanya sebatas pada garis hijau, misalnya 10Gb. Jangan sampai melebihi batas maksimal yang bertanda garis merah. Besarnya kapasitas memory yang kita setting di Virtual Machines, itu hanya digunakan untuk kinerja Virtual Machines, untuk sisanya digunakan untuk Sistem Operasi dan aplikasi lainnya yang sedang dijalankan.

3. Tambahkan Core CPU



Semakin banyak Core CPU yang digunakan pada Virtual Machines, maka kecepatan CPU tersebut juga akan bertambah. Dari gambar diatas, sudah jelas bahwa CPU tersebut memiliki multi-core, kita dapat menambahkan jumlah Core sesuai dengan batas ambang aman (dengan indikator warna hijau).

4. Instal dan Jalankan Aplikasi Tertentu Saja

Instal dan jalankan aplikasi tertentu saat UNBK. Hal ini juga berfungsi untuk mengimbangi kapasitas memory dan jenis CPU yang digunakan. Jangan lakukan browsing saat UNBK berjalan, hanya bertujuan untuk mencegah virus masuk. Aplikasi tambahan seperti rar, office, browser, adobe reader perlu kita instal. Selain itu, sebaiknya jangan.


5. Rutinitas Manajemen

Kegiatan rutin yang wajib dilakukan adalah maintenance baik hardware dan software. Lakukan scan terhadap virus secara berkala. Non-aktifkan anti virus saat ujian berlangsung. Pastikan hardware dalam kondisi bersih, terkadang karena kotor membuat kinerja hardware tidak maksimal.

Demikian tips meningkatkan kinerja virtual machines UNBK 2020, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Meningkatkan Kinerja Virtual Machines UNBK 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel