Mekanisme Kenaikan Kelas dan Penyerahan Rapor Semester Genap Tahun 2019/2020

Sinau-Thewe.com - Mekanisme Kenaikan Kelas dan Penyerahan Rapor Semester Genap Tahun 2019/2020 - Proses kenaikan kelas dan penyerahan rapor semester genap tahun pelajaran 2019 / 2020 diatur dalam Surat Edaran Nomor 443.2/00879 Tentang Kenaikan Kelas Dan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Satuan Pendidikan SMA, SMK, Dan SLB Di Jawa Tengah.

Mekanisme dan Tanggal Kenaikan Kelas Tahun 2019/2020

Melalui Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 443.2/09014 tanggal 27 Mei 2020, telah dilakukan pengaturan bahwa Kenaikan Kelas diselenggarakan pada tanggal 12 Juni 2020, dan sekaligus merupakan tanggal penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 diselenggarakan dengan kehadiran orang tua/wali beserta peserta didik yang bersangkutan. 

Mekanisme Penyerahan Rapor Semester Genap Tahun 2019/2020

Mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid-19 masih dalam tingkat risiko yang tinggi, dan sekaligus guna menghindari berbagai potensi yang dimungkinkan justru menjadi pemicu naiknya tingkat penularan dan penyebaran Covid-19, maka Kenaikan Kelas/Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 yang semula direncanakan dengan menghadirkan orang tua/wali beserta peserta didik yang bersangkutan dilakukan peninjauan ulang. 

Atas peninjauan ulang dimaksud, maka Kenaikan Kelas/Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 diatur sebagai berikut :
  • Tidak diperkenankan/tidak diizinkan diserahkan secara langsung dengan menghadirkan peserta didik dan/atau orang tua/wali peserta didik di sekolah.
  • Pengumuman Kenaikan kelas disampaikan kepada peserta didik dan/atau orang tua/wali peserta didik berupa pemberitahuan secara daring/pemberitahuan tertulis disertai hasil belajar peserta didik dalam bentuk Portable Document Format (PDF) atau salinan nilai rapor. 
Bersamaan dengan penyampaian pengumuman dimaksud, diminta satuan pendidikan juga memberikan informasi/himbauan yang diperlukan bagi para peserta didik dan orang tua/wali peserta didik antara lain hal-hal yang terkait dengan :
  • Hasil evaluasi dalam bentuk narasi/diskriptif masing-masing peserta didik dalam hal ketekunan, bakat, minat, talenta, dan/atau motivasi lain yang diarahkan untuk mendorong peningkatan hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
  • Informasi rencana pelaksanaan proses pembelajaran pada tahun pelajaran 2020/2021 yang dimungkinkan masih akan diselenggarakan secara jarak jauh (daring) apabila penularan dan penyebaran Covid-19 belum mampu ditekan sampai pada derajat yang aman bagi terselenggaranya proses pembelajaran secara tatap muka dengan kehadiran siswa di sekolah.
  • Himbauan agar tetap menjalankan berbagai upaya yang diarahkan untuk mencegah serta memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19.
  • Rencana program sekolah yang akan dikembangkan untuk menuju sekolah yang unggul, dan perlunya dukungan dari seluruh warga sekolah, orang tua/wali siswa maupun para pemangku kepentingan lain yang memiliki atensi terhadap pendidikan.
  • Perlunya meningkatkan literasi digital untuk menunjang keberhasilan pendidikan peserta didik serta pengawasan kepada putera/puterinya dalam penggunaan sarana digital agar memberikan kemanfaatan yang optimal untuk tujuan yang positif.
  • Informasi lain yang bisa dikembangkan oleh masing-masing sekolah sesuai dengan kondisi dan rencana keunggulan yang akan diupayakan oleh sekolah.
Penyelenggaraan layanan pendidikan pada satuan pendidikan akan disesuaikan dengan kebijakan penanganan Covid-19 yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, dan selanjutnya akan disampaikan kepada satuan pendidikan. 

Surat Edaran Tentang Kenaikan Kelas Dan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 Pada Satuan Pendidikan SMA, SMK, Dan SLB Di Jawa Tengah DOWNLOAD DI SINI.

Demikian informasi tentang Mekanisme Kenaikan Kelas dan Penyerahan Rapor Semester Genap Tahun 2019/2020 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun. Jika ingin mengetahui informasi lainnya dari Sinau-Thewe.com silahkan ikuti / follow. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mekanisme Kenaikan Kelas dan Penyerahan Rapor Semester Genap Tahun 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel